Penerapan prinsip team building untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya materi ragam hias pada kayu kelas VII A di SMP Negeri 9 Malang / Baiq Nining Khaerunnisa

Main Author: Khaerunnisa, Baiq Nining
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12861/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhaerunnisaBaiqNining.2015.PenerapanPrinsipTeamBuildingUntukMeningkatkanAktivitasBelajarPesertaDidikDalamMatapelajaranSeniBudayaMateriRagamHiaspadaKayuKelasVIIADiSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanSeniDanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.PurwatiningsihM.Pd(II)FennyRochbeindS.PdM.Sn.KataKunciPrinsipTeamBuildingAktivitasBelajarSeniBudayaRagamHiaspadaKayu.BerdasarkanhasilobservasipadapembelajaranSeniBudayabidangstudiSeniRupamateriRagamHiaspadaKayukelasVIIASMPNegeri9Malangdiketahuibahwaaktivitasbelajarpesertadidikmasihrendah.Halinidilihatdarikurangnyainteraksikomunikasidankepeduliansaatdiadakannyakegiatankelompoksehinggahasilbelajardenganberkelompokmasihkurangmemuaskan.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarpesertadidikkelasVIIASMPNegeri9MalangmelaluipenerapanprinsipTeamBuilding.PenelitianyangdigunakanadalahPTK(penelitiantindakankelas)denganjumlah32pesertadidik.Pelaksanaandilakukandalam2siklusyaituSiklusIdanSiklusII.Prosedurpenelitianmeliputi4tahapyaitu(1)perencanaan(2)tindakan(3)pengamatan(4)refleksi.Untukmengukuraktivitasbelajarpesertadidikdenganmenggunakanbeberapainstrumen(1)lembarobservasiaktivitaspesertadidik(2)lembarobservasiaktivitaskelompok(3)lembarpedomanwawancara(4)lembarhasiltugaskelompok.HasilPenelitianmenunjukkanpadasiklusI(1)persentaseaktivitaspesertadidikmencapai92%baik(2)persentaseaktivitaskelompokmencapai8667%cukupbaik(3)persentasepenilaianhasiltugaskelompoktelahmencapaiSKM5kelompokmencapai625%sangatbaikdan3kelompokmencapai375%baik(4)hasilwawancaramenyatakan6dari10pesertadidikmenyatakanadanyaaktivitasbelajaryangbaik.PadasiklusII(1)persentaseaktivitaspesertadidikmencapai97%baik(2)persentaseaktivitaskelompokmencapai9556%baik(3)persentasepenilaianhasiltugaskelompoktelahmencapaiSKM7kelompokmencapai875%sangatbaikdan1kelompokmencapai125%baik(4)hasilwawancaramenyatakan9dari10pesertadidikmenyatakanadanyaaktivitasbelajaryangbaik.Sarandalampenelitianiniadalah(1)bagiguruSeniBudayadapatmenjadikanprinsipTeamBuildinginisebagaisalahsatustrategipembelajarandalampembelajaranSeniBudaya(2)bagipesertadidikdapatlebihmeningkatkankerjasamadanprestasibelajarsecaramaksimal(3)bagimahasiswapendidikanSeniRupadapatdigunakansebagaibahanmasukanuntukPenelitianTindakanKelastentangpemilihanstrategipembelajaran(4)bagiUniversitasNegeriMalangdigunakansebagaibahanreferensitentangPenelitianTindakanKelaspadamatapelajaranSeniBudaya(5)bagipenelitilaindiharapkanuntukmelakukanpenelitianlanjutanterhadappeningkatankualitasbelajardengantemuanlainyangsejenis.