Penerapan prinsip team building untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya materi ragam hias pada kayu kelas VII A di SMP Negeri 9 Malang / Baiq Nining Khaerunnisa
Main Author: | Khaerunnisa, Baiq Nining |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12861/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhaerunnisaBaiqNining.2015.PenerapanPrinsipTeamBuildingUntukMeningkatkanAktivitasBelajarPesertaDidikDalamMatapelajaranSeniBudayaMateriRagamHiaspadaKayuKelasVIIADiSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanSeniDanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.PurwatiningsihM.Pd(II)FennyRochbeindS.PdM.Sn.KataKunciPrinsipTeamBuildingAktivitasBelajarSeniBudayaRagamHiaspadaKayu.BerdasarkanhasilobservasipadapembelajaranSeniBudayabidangstudiSeniRupamateriRagamHiaspadaKayukelasVIIASMPNegeri9Malangdiketahuibahwaaktivitasbelajarpesertadidikmasihrendah.Halinidilihatdarikurangnyainteraksikomunikasidankepeduliansaatdiadakannyakegiatankelompoksehinggahasilbelajardenganberkelompokmasihkurangmemuaskan.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpeningkatanaktivitasbelajarpesertadidikkelasVIIASMPNegeri9MalangmelaluipenerapanprinsipTeamBuilding.PenelitianyangdigunakanadalahPTK(penelitiantindakankelas)denganjumlah32pesertadidik.Pelaksanaandilakukandalam2siklusyaituSiklusIdanSiklusII.Prosedurpenelitianmeliputi4tahapyaitu(1)perencanaan(2)tindakan(3)pengamatan(4)refleksi.Untukmengukuraktivitasbelajarpesertadidikdenganmenggunakanbeberapainstrumen(1)lembarobservasiaktivitaspesertadidik(2)lembarobservasiaktivitaskelompok(3)lembarpedomanwawancara(4)lembarhasiltugaskelompok.HasilPenelitianmenunjukkanpadasiklusI(1)persentaseaktivitaspesertadidikmencapai92%baik(2)persentaseaktivitaskelompokmencapai8667%cukupbaik(3)persentasepenilaianhasiltugaskelompoktelahmencapaiSKM5kelompokmencapai625%sangatbaikdan3kelompokmencapai375%baik(4)hasilwawancaramenyatakan6dari10pesertadidikmenyatakanadanyaaktivitasbelajaryangbaik.PadasiklusII(1)persentaseaktivitaspesertadidikmencapai97%baik(2)persentaseaktivitaskelompokmencapai9556%baik(3)persentasepenilaianhasiltugaskelompoktelahmencapaiSKM7kelompokmencapai875%sangatbaikdan1kelompokmencapai125%baik(4)hasilwawancaramenyatakan9dari10pesertadidikmenyatakanadanyaaktivitasbelajaryangbaik.Sarandalampenelitianiniadalah(1)bagiguruSeniBudayadapatmenjadikanprinsipTeamBuildinginisebagaisalahsatustrategipembelajarandalampembelajaranSeniBudaya(2)bagipesertadidikdapatlebihmeningkatkankerjasamadanprestasibelajarsecaramaksimal(3)bagimahasiswapendidikanSeniRupadapatdigunakansebagaibahanmasukanuntukPenelitianTindakanKelastentangpemilihanstrategipembelajaran(4)bagiUniversitasNegeriMalangdigunakansebagaibahanreferensitentangPenelitianTindakanKelaspadamatapelajaranSeniBudaya(5)bagipenelitilaindiharapkanuntukmelakukanpenelitianlanjutanterhadappeningkatankualitasbelajardengantemuanlainyangsejenis.