Pengembangan media pembelajaran seni budaya berbasis adobe flash tentang penerapan ragam hias pada cangkang untuk kelas VII SMP / Ach. Riyan Hidayat

Main Author: Hidayat, Ach. Riyan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12856/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRiyanHidayatAch.2015.PengembanganMediaPembelajaranSeniBudayaBerbasisAdobeFlashtentangPenerapanRagamHiaspadaCangkangTeluruntukKelasVIISMP.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IriajiM.Pd(II)AndyPramonoS.KomMT.KatakunciMediaPembelajaranRagamHiasCangkangTelurPesertadidikSMPdinilaikurangberminatterhadappembelajaranragamhiassalahsatunyadiSMPNegeri18Malang.MediaPembelajaranyanginteraktifdanmenarikakanmerangsangmotivasipesertadidikdalampembelajaranyangakanberdampakpadakualitaspembelajarandanhasilbelajar.TujuanpenilitianiniadalahmengembangkandanmenghasilkanprodukmediapembelajaranberbasisadobeflashbernuansaanimasiJepangyangkomunikatifinteraktifmenarikdanmenantangtentangpenerapanragamhiaspadacangkangteluruntukkelasVIISMPsertamengujikevalidanproduksecarakonseptual.JenispenelitianiniadalahPenelitiandanPengembangan.ModelyangdigunakandalampenelitiandanpengembanganiniadalahmodelproseduralyangmemodifikasidarimodelpengembanganSugiyonodanSutopodengantahapan(1)latarbelakang(2)pengumpulandata(3)analisisdata(4)pengembanganprototypeyangmeliputikonsepdesainpengumpulanbahanpembuatanpengujiandistribusi(5)validasi(6)revisi(7)ujicobadan(8)revisi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaangketsedangkanteknikanalisisdatayangdigunakanberupapersentasedeskriptif.Hasilpenelitianiniadalah(1)Ujivalidasiahlimediasebesar90%bagianyangdirevisiadalahpenggunaanlayoutdanilustrasilebihdisesuaikandenganmaterisertaukuranfontdiperbesarpadabagianvideo(2)validasiahlimateri80%bagianyangdirevisiadalahKDdanpenggunaanbahasalebihdisesuaikandenganpembahasan(3)ujicobapenggunamemilikikriteriasangatbaiktanpaadanyarevisidan(4)ujicobapemakaiankelompokkecil80%dilakukanrevisipadaukuranfontyangdiperesarsertamenggantiaudioyangmengganggu.Secarakeseluruhanpersentasedariujicobasebesar848%yangberartiprodukyangdikembangkanmemilikikriteriasangatbaikdanlayakdigunakan.Saranyangdapatdikemukakanpenulisadalahsebagaiberikut(1)sebaiknyamengembangakanmediadigitalyangberbasis3D(2)sebaiknyamencaribahanpustakadankonsultasidenganpakaryangahlidibidangmediadanragamhias.(3)Bagipihaksekolahsebaiknyamengintegrasikanmultimediapembelajaran.