Pengembangan media pembelajaran seni budaya berbasis adobe flash tentang penerapan ragam hias pada cangkang untuk kelas VII SMP / Ach. Riyan Hidayat
Main Author: | Hidayat, Ach. Riyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12856/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRiyanHidayatAch.2015.PengembanganMediaPembelajaranSeniBudayaBerbasisAdobeFlashtentangPenerapanRagamHiaspadaCangkangTeluruntukKelasVIISMP.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IriajiM.Pd(II)AndyPramonoS.KomMT.KatakunciMediaPembelajaranRagamHiasCangkangTelurPesertadidikSMPdinilaikurangberminatterhadappembelajaranragamhiassalahsatunyadiSMPNegeri18Malang.MediaPembelajaranyanginteraktifdanmenarikakanmerangsangmotivasipesertadidikdalampembelajaranyangakanberdampakpadakualitaspembelajarandanhasilbelajar.TujuanpenilitianiniadalahmengembangkandanmenghasilkanprodukmediapembelajaranberbasisadobeflashbernuansaanimasiJepangyangkomunikatifinteraktifmenarikdanmenantangtentangpenerapanragamhiaspadacangkangteluruntukkelasVIISMPsertamengujikevalidanproduksecarakonseptual.JenispenelitianiniadalahPenelitiandanPengembangan.ModelyangdigunakandalampenelitiandanpengembanganiniadalahmodelproseduralyangmemodifikasidarimodelpengembanganSugiyonodanSutopodengantahapan(1)latarbelakang(2)pengumpulandata(3)analisisdata(4)pengembanganprototypeyangmeliputikonsepdesainpengumpulanbahanpembuatanpengujiandistribusi(5)validasi(6)revisi(7)ujicobadan(8)revisi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaangketsedangkanteknikanalisisdatayangdigunakanberupapersentasedeskriptif.Hasilpenelitianiniadalah(1)Ujivalidasiahlimediasebesar90%bagianyangdirevisiadalahpenggunaanlayoutdanilustrasilebihdisesuaikandenganmaterisertaukuranfontdiperbesarpadabagianvideo(2)validasiahlimateri80%bagianyangdirevisiadalahKDdanpenggunaanbahasalebihdisesuaikandenganpembahasan(3)ujicobapenggunamemilikikriteriasangatbaiktanpaadanyarevisidan(4)ujicobapemakaiankelompokkecil80%dilakukanrevisipadaukuranfontyangdiperesarsertamenggantiaudioyangmengganggu.Secarakeseluruhanpersentasedariujicobasebesar848%yangberartiprodukyangdikembangkanmemilikikriteriasangatbaikdanlayakdigunakan.Saranyangdapatdikemukakanpenulisadalahsebagaiberikut(1)sebaiknyamengembangakanmediadigitalyangberbasis3D(2)sebaiknyamencaribahanpustakadankonsultasidenganpakaryangahlidibidangmediadanragamhias.(3)Bagipihaksekolahsebaiknyamengintegrasikanmultimediapembelajaran.