Persepsi siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang terhadap pembelajaran seni budaya pada sub pokok mata pelajaran seni rupa / Desy Wulandari

Main Author: Wulandari, Desy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12844/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulandariDesy.2015.PersepsiSiswaKelasVIIIdiSMPNegeri4MalangTerhadapPembelajaranSeniBudayaPadaSubPokokMataPelajaranSeniRupa.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.LilikIndrawatiM.Pd(II)FennyRochbeindS.PdM.Sn.KataKuncipersepsiSeniBudayasenirupaDalampelaksanaanpembelajaranSeniBudayadiSMPNegeri4MalangpadabidangmatapelajaransenirupatampaknyakebanyakansiswakelasVIIIkurangmemilikiminatdalampembelajaranSeniBudayabidangsenirupa.SiswamenganggapSeniBudayabidangsenirupaitutampakpelajaranyangtidakterlalupentingdenganalasanpelajarannyatidakadapadaujianmateripelajaranuntukmenggambarsulitsehinggasikapyangditunjukkansiswaramaisendirisertatidakmemperhatikan.BerdasarkanlatarbelakangtersebutpermasalahanyangdikajidalampenelitianiniadalahbagaimanapersepsisiswakelasVIIIdiSMPNegeri4MalangterhadappembelajaranSeniBudayabidangsenirupadanalasanyangmenyebabkanpersepsisiswakelasVIIIterhadappembelajaranSeniBudayabidangsenirupa.Penelitianinibersifatdeskriptifkuantitatif.PopulasinyaadalahsiswakelasVIIISMPNegeri4Malangterdiridari8kelasyaitukelas8A-8Hyangberjumlah199siswa.Sampeldilakukansecarasamplingrandomsederhanayangdiambil8siswapadatiapkelassehinggajumlahkeseluruhansampeladalah64siswa.Dalampenelitianiniteknikpengumpulandatamenggunakankuisioneratauangketsedangkanteknikanalisisdatamenggunakanteknikprosentase.HasilpenelitianiniadalahpersepsisiswaterhadappembelajaranSeniBudayabidangsenirupacenderungpositifdengansiswaberpendapatbahwapelajaranSeniBudayabidangsenirupamenarikpentingbermanfaatperludipelajaridisekolahsertaberpendapattidaksetujujikahanyadiberikanmateriteoriataupunpraktiksaja.Hatersebutdidukungdarialasansiswayangmengatakanbahwapelajaransenirupamenyenangkansiswamerasasukamenggambardapatmeningkatkankreativitasdansebagainya.Namundarihaltersebutsiswajugaberpendapatbahwakompetensimateriyangdiberikandianggapsulituntukdipahamiolehsiswa.Kesulitantersebutkebanyakanterletakpadakompetensipraktikyaituprosesdalammaterimenggambarkarenasiswamasihmerasabingungmenuangkanidedantidakbisamenggambar.UntukituseoranggurupelajaranSeniBudayabidangsenirupaseharusnyamemahamikonseppendidikansenidanmengetahuisetiapbakatsertaminatanak.TerdapatnyakompetensimateriSeniBudayabidangsenirupayangmasihdianggapsulituntukdipahamisiswamakamahasiswaPendidikanSeniRupadirasaperlumelakukantindaklanjutpenelitiandaripenelitianiniyangmemfokuskanpermasalahanpenelitianpadakompetensimateriSeniBudayabidangsenirupa.Bagipenelitiselanjutnyayangberminatuntukmelanjutkanpenelitianinidiharapkandapatmenyempurnakansehinggadapatdiketahuilebihlanjutletakkesulitanyangdialamiolehsiswa.