Persepsi siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang terhadap pembelajaran seni budaya pada sub pokok mata pelajaran seni rupa / Desy Wulandari
Main Author: | Wulandari, Desy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12844/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariDesy.2015.PersepsiSiswaKelasVIIIdiSMPNegeri4MalangTerhadapPembelajaranSeniBudayaPadaSubPokokMataPelajaranSeniRupa.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.LilikIndrawatiM.Pd(II)FennyRochbeindS.PdM.Sn.KataKuncipersepsiSeniBudayasenirupaDalampelaksanaanpembelajaranSeniBudayadiSMPNegeri4MalangpadabidangmatapelajaransenirupatampaknyakebanyakansiswakelasVIIIkurangmemilikiminatdalampembelajaranSeniBudayabidangsenirupa.SiswamenganggapSeniBudayabidangsenirupaitutampakpelajaranyangtidakterlalupentingdenganalasanpelajarannyatidakadapadaujianmateripelajaranuntukmenggambarsulitsehinggasikapyangditunjukkansiswaramaisendirisertatidakmemperhatikan.BerdasarkanlatarbelakangtersebutpermasalahanyangdikajidalampenelitianiniadalahbagaimanapersepsisiswakelasVIIIdiSMPNegeri4MalangterhadappembelajaranSeniBudayabidangsenirupadanalasanyangmenyebabkanpersepsisiswakelasVIIIterhadappembelajaranSeniBudayabidangsenirupa.Penelitianinibersifatdeskriptifkuantitatif.PopulasinyaadalahsiswakelasVIIISMPNegeri4Malangterdiridari8kelasyaitukelas8A-8Hyangberjumlah199siswa.Sampeldilakukansecarasamplingrandomsederhanayangdiambil8siswapadatiapkelassehinggajumlahkeseluruhansampeladalah64siswa.Dalampenelitianiniteknikpengumpulandatamenggunakankuisioneratauangketsedangkanteknikanalisisdatamenggunakanteknikprosentase.HasilpenelitianiniadalahpersepsisiswaterhadappembelajaranSeniBudayabidangsenirupacenderungpositifdengansiswaberpendapatbahwapelajaranSeniBudayabidangsenirupamenarikpentingbermanfaatperludipelajaridisekolahsertaberpendapattidaksetujujikahanyadiberikanmateriteoriataupunpraktiksaja.Hatersebutdidukungdarialasansiswayangmengatakanbahwapelajaransenirupamenyenangkansiswamerasasukamenggambardapatmeningkatkankreativitasdansebagainya.Namundarihaltersebutsiswajugaberpendapatbahwakompetensimateriyangdiberikandianggapsulituntukdipahamiolehsiswa.Kesulitantersebutkebanyakanterletakpadakompetensipraktikyaituprosesdalammaterimenggambarkarenasiswamasihmerasabingungmenuangkanidedantidakbisamenggambar.UntukituseoranggurupelajaranSeniBudayabidangsenirupaseharusnyamemahamikonseppendidikansenidanmengetahuisetiapbakatsertaminatanak.TerdapatnyakompetensimateriSeniBudayabidangsenirupayangmasihdianggapsulituntukdipahamisiswamakamahasiswaPendidikanSeniRupadirasaperlumelakukantindaklanjutpenelitiandaripenelitianiniyangmemfokuskanpermasalahanpenelitianpadakompetensimateriSeniBudayabidangsenirupa.Bagipenelitiselanjutnyayangberminatuntukmelanjutkanpenelitianinidiharapkandapatmenyempurnakansehinggadapatdiketahuilebihlanjutletakkesulitanyangdialamiolehsiswa.