Pengembangan media pembelajaran interaktif penerapan ragam hias pada bahan tekstil berbasis Adobe Flash untuk SMP Negeri 02 Malang kelas VII / Briliana Kurnia Rizki

Main Author: Rizki, Briliana Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12833/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRizkiBrilianaKurnia.2015.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifPenerapanRagamHiasPadaBahanTekstilBerbasisAdobeFlashUntukSMPNegeri02MalangKelasVII.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DraHj.PurwatiningsihM.Pd.(II)Drs.AAGRaiArimbawaM.Sn.KataKunciPengembanganMediaInteraktifRagamHiasAdobeFlashSuatupembelajaranakanberjalandenganefektifbilagurumemilikikualitasmengajaryangbaiksertamemilkikemampuanyangsesuaidibidangnya.Namunbukanberartiseorangguruyangtidakmemilikikemampuanyangsesuaitidakdiperbolehkanuntukmengajar.Hanyasajapembelajarantersebutakanmendapatkanhasilyangkurangmaksimal.Untukmengimbangihaltersebutmakaperluadanyavariasidalammenyampaikanmateripembelajaran.HaltersebutlahyangditemukanpadaSMPNegeri02Malang.GuruSeniBudayakelasVIISMPNegeri02malangmerupakanlulusanSeniTari.SelainituditemukansiswayangkurangpahamdenganmateriRagamhiasyangberadadikelasVII.Haltersebutyangdiangkatdalampenelitiandanpengembanganinisehinggapenelititergerakuntukmembuatsebuahpengembanganberupamediainteraktifuntukmembantujalannyaprosespembelajaran.PenelitiandanpengembanganinidilaksanakandengantujuanuntukmembantusiswabelajarsecaramandiridanmenumbuhkanminatsiswaterhadappelajaranSeniRupa.PenelitiandanpengembanganinimengadopsimodelpengembanganmilikSugiyono.Tahapyangdilakukandikelompokkanmenjadilimabagianyaitutahappersiapantahappengembangantahapvalidasitahappenyempurnaanprodukdantahapujicobaproduk.Metodeyangdigunakanuntukmenjaringdataadalahmetodeobservasidankuisioner.SubjekujicobadalampenelitiandanpengembanganiniadalahduaorangahlimediayaitubapakMitraIstiarWardhanaS.KomM.T.danbapakAndreasSyahPahleviS.SnM.Sn.duaorangahlimateriyaituibuDra.Hj.IdaSitiHerawatiM.Pd.danibuIkeRatnawatiS.PdM.PddanduapuluhsiswakelasVIISMPNegeri02Malang.ProdukyangdihasilkandalampenelitiandanpengembanganiniberupamediainteraktifyangdikemasdalambentukCD.Produkyangdihasilkanberisitentangmateriragamhiasteknikpenerapanragamhiaspadatekstilvideodangamesyangtelahdisesuaikandenganisimateridalammedia.Datayangdihasilkandalampenelitiandanpengembanganiniberupadatakuantitatifdeskriptif.Persentasekevalidanyangdiperolehdariahlimediasebesar8625%dariahlimaterisebesar883%dandarikelompokkecilsebesar959%.Denganpersentaseyangtelahdiperolehtersebutprodukpenelitiandanpengembanganberupamediainteraktifinitermasukdalamkategorisangatlayakdigunakan.Pengembanganmediainteraktifyangdihasilkaninidapatdijadikansebagaipertimbangandansumberinspirasidalammengembangkanmediayanglebihbaik.Disarankanprodukinidapatdipelajaridandimanfaatkanolehsemuapihakyangmembutuhkanmediapenerapanragamhiaspadabahantekstil.