Meningkatkan keterampilan menggambar bentuk benda silindris melalui menggambar elips dengan metode drill pada siswa kelas 7 H SMP Negeri 2 Lawang Kabupaten Malang / Soleh Ridwan

Main Author: Ridwan, Soleh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12820/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRidwanSoleh.2014.MeningkatkanKeterampilanMenggambarBentukBendaSilindrisMelaluiMenggambarElipsDenganMetodeDrillPadaSiswaKelas7HSMPNegeri2LawangKabupatenMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IriajiM.Pd(2)Drs.A.A.G.RaiArimbawaM.SnKataKunciMenggambarbentukbendasilindrismenggambarelipsmetodedrill.Berdasarkandatahasilbelajarsenibudayadapatdiketahuibahwa43%siswayangmencapaiKKMdari35jumlahkeseluruhansiswakelas7HSMPNegeri2LawangKabupatenMalang.Berdasarkandatadarihasilbelajarsiswadalammenggambarbentukbendasilindris.Kesulitanyangdialamisiswaterutamadalampenggambaranbentukelips.Untukmengatasimasalahtersebutpenulismerumuskanmasalahsebagaiberikutbagaimanameningkatkanketerampilansiswadalammenggambarbentukbendasilindrismelaluimenggambarelipsdenganmetodedrillapakahmelaluimenggambarelipsdenganmetodedrilldapatmeningkatkanketerampilansiswadalammenggambarbentukbendasilindris.Halinidisebabkankarenasiswamengalamikesulitandalammaterimenggambarbentukbendasilindris.Tujuanpenelitianmenggambarbentukbendasilindrismelaluigambarelipsdenganmetodedrilliniadalahuntukmembantusiswadalammenggambarbentukbendasilindrisdengancaralatihanberulang-ulangatausecaraterusmenerusdiharapkansiswatidaklagiragu-raguataumenjaditerbiasadalammenggambarelips.Penelitiantindakankelasinidilaksanakanmelaluitahapanstudipendahuluanperencanaanpengamatandanrefleksi.Tindakandilakukansecarakolaboratifantarapenulisdengangurulainselakuobserverataupengamat.Sumberdatapenelitianadalahgurudansiswa.Instrumenyangdigunakanolehpenelitiberupapedomanobservasicatatanlapangandanpedomanpenilaian.Aspek-aspekyangdiamatipadasaatprosespembelajaranadalahkesiapanalatresponsiswapadasaatpembelajarandanketertibansiswadalamKBMdimanapadasiklus1didapatnilairata-rata766%danmengalamipeningkatanpadasiklus2nilairata-ratamencapai781%artinyaadaperubahansikapsiswaselamaprosespembelajaranmenjadilebihbaik.Haliniberdampakpadanilairata-ratahasilgambarsiswayangpadasiklus1nilairata-rata745%kemudianmengalamikenaikanpadasiklus2nialirata-rataberubahmenjadi782%.Daripaparanhasil-hasilpeningkatanbelajarsiswadiatasdapatditarik1kesimpulanbahwadenganmenggunakanmetodedrilldapatmengatasikesulitanyangdihadapiolehsiswadalampembelajaranmenggambarbentukbendasilindriskelas7HSMPNegeri2LawangKabupatenMalang.