Meningkatkan keterampilan menggambar bentuk benda silindris melalui menggambar elips dengan metode drill pada siswa kelas 7 H SMP Negeri 2 Lawang Kabupaten Malang / Soleh Ridwan
Main Author: | Ridwan, Soleh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12820/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRidwanSoleh.2014.MeningkatkanKeterampilanMenggambarBentukBendaSilindrisMelaluiMenggambarElipsDenganMetodeDrillPadaSiswaKelas7HSMPNegeri2LawangKabupatenMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IriajiM.Pd(2)Drs.A.A.G.RaiArimbawaM.SnKataKunciMenggambarbentukbendasilindrismenggambarelipsmetodedrill.Berdasarkandatahasilbelajarsenibudayadapatdiketahuibahwa43%siswayangmencapaiKKMdari35jumlahkeseluruhansiswakelas7HSMPNegeri2LawangKabupatenMalang.Berdasarkandatadarihasilbelajarsiswadalammenggambarbentukbendasilindris.Kesulitanyangdialamisiswaterutamadalampenggambaranbentukelips.Untukmengatasimasalahtersebutpenulismerumuskanmasalahsebagaiberikutbagaimanameningkatkanketerampilansiswadalammenggambarbentukbendasilindrismelaluimenggambarelipsdenganmetodedrillapakahmelaluimenggambarelipsdenganmetodedrilldapatmeningkatkanketerampilansiswadalammenggambarbentukbendasilindris.Halinidisebabkankarenasiswamengalamikesulitandalammaterimenggambarbentukbendasilindris.Tujuanpenelitianmenggambarbentukbendasilindrismelaluigambarelipsdenganmetodedrilliniadalahuntukmembantusiswadalammenggambarbentukbendasilindrisdengancaralatihanberulang-ulangatausecaraterusmenerusdiharapkansiswatidaklagiragu-raguataumenjaditerbiasadalammenggambarelips.Penelitiantindakankelasinidilaksanakanmelaluitahapanstudipendahuluanperencanaanpengamatandanrefleksi.Tindakandilakukansecarakolaboratifantarapenulisdengangurulainselakuobserverataupengamat.Sumberdatapenelitianadalahgurudansiswa.Instrumenyangdigunakanolehpenelitiberupapedomanobservasicatatanlapangandanpedomanpenilaian.Aspek-aspekyangdiamatipadasaatprosespembelajaranadalahkesiapanalatresponsiswapadasaatpembelajarandanketertibansiswadalamKBMdimanapadasiklus1didapatnilairata-rata766%danmengalamipeningkatanpadasiklus2nilairata-ratamencapai781%artinyaadaperubahansikapsiswaselamaprosespembelajaranmenjadilebihbaik.Haliniberdampakpadanilairata-ratahasilgambarsiswayangpadasiklus1nilairata-rata745%kemudianmengalamikenaikanpadasiklus2nialirata-rataberubahmenjadi782%.Daripaparanhasil-hasilpeningkatanbelajarsiswadiatasdapatditarik1kesimpulanbahwadenganmenggunakanmetodedrilldapatmengatasikesulitanyangdihadapiolehsiswadalampembelajaranmenggambarbentukbendasilindriskelas7HSMPNegeri2LawangKabupatenMalang.