Pengembangan aplikasi android berbasis powerpoint sebagai media pembelajaran menggambar bentuk bagi siswa SMP / Galuh Mahardhika

Main Author: Mahardhika, Galuh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12815/
Daftar Isi:
  • MahardhikaGaluh.2014.PengembanganAplikasiAndroidBerbasisPowerPointsebagaiMediaPembelajaanMenggambarBentukbagiSiswaSMP.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)Drs.DidiekRahmanadjiM.Pd.KataKuncipengembanganmediapembelajaranaplikasiAndroidAndroidPowerPointmenggambarbentuksiswaSMPMediapembelajaranadalahsegalasesuatuyangdapatdigunakanuntukmenyalurkanpesandaripengirimkepadapenerimasehinggadapatmerangsangpikiranperasaanperhatiandanminatpebelajaryangmenjuruskearahterjadinyaprosesbelajar.SeiringdenganberkembangnyateknologidankomunikasimakamediapembelajaranSeniBudayadiharapkanmengalamipengembangankearahyanglebihinovatif.SalahsatuprogramkomputeryangcukuppopulerdigunakanuntukmerancangmediapembelajaranolehguruadalahprogramMicrosoftOfficePowerPoint.DisisilainpenggunaanPowerPointsebagaimediapembelajaranmemilikibanyakkekurangan.AlternatifsolusiuntukmegurangidampakkelemahanPowerPointadalahmemaksimalkanhandphonesebagaimediapengoperasiannya.OlehkarenaitupenelitiandanpengembanganinibertujuanmengembangkandanmenghasilkanprodukberupaaplikasiAndroidberbasisPowerPointyangmenarikinteraktifinovatifefektifdanfleksibelsebagaimediapembelajaranmenggambarbentukbagisiswaSMP.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganFive-D(5D)yangdikembangkanolehMoeljadiPranata.Modelfive-DterdiridariDefineDataDesignDevelopdanDisseminate.Dimanaprodukakandivalidasikepadaahlimediadanahlimaterisebelumdiujicobakankepadasubjekujicoba.Instrumenvalidasidanpenilaiansiswamenggunakankuesionertertutup.Denganmenggunakanpendekatankuantitatif-kualitatifdalammemprosesdanmenghasil-kandatayangvaliddalampenelitiandanpengembanganini.PenelitianpengembanganaplikasiAndroidberbasisPowerPointsebagaimediapembelajaranmenggambarbentukbagisiswaSMPinitelahdivalidasiolehahlimediadanahlimateridenganpersentase884%untukvaliditasmediadan844%untukvaliditasmateri.PerolehanskortersebutmenunjukkanaplikasiAndroidberbasisPowerPointsebagaimediapembelajaraninitermasukdalamkategorivaliddanlayakdigunakansebagaimediapembelajaran.Didukungdenganskorperolehanujicobapadasiswadenganpersentase9242%menunjuk-kanbahwamediainimampumenarikminatsiswauntukbelajar.