Pengembangan aplikasi android berbasis powerpoint sebagai media pembelajaran menggambar bentuk bagi siswa SMP / Galuh Mahardhika
Main Author: | Mahardhika, Galuh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12815/ |
Daftar Isi:
- MahardhikaGaluh.2014.PengembanganAplikasiAndroidBerbasisPowerPointsebagaiMediaPembelajaanMenggambarBentukbagiSiswaSMP.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)Drs.DidiekRahmanadjiM.Pd.KataKuncipengembanganmediapembelajaranaplikasiAndroidAndroidPowerPointmenggambarbentuksiswaSMPMediapembelajaranadalahsegalasesuatuyangdapatdigunakanuntukmenyalurkanpesandaripengirimkepadapenerimasehinggadapatmerangsangpikiranperasaanperhatiandanminatpebelajaryangmenjuruskearahterjadinyaprosesbelajar.SeiringdenganberkembangnyateknologidankomunikasimakamediapembelajaranSeniBudayadiharapkanmengalamipengembangankearahyanglebihinovatif.SalahsatuprogramkomputeryangcukuppopulerdigunakanuntukmerancangmediapembelajaranolehguruadalahprogramMicrosoftOfficePowerPoint.DisisilainpenggunaanPowerPointsebagaimediapembelajaranmemilikibanyakkekurangan.AlternatifsolusiuntukmegurangidampakkelemahanPowerPointadalahmemaksimalkanhandphonesebagaimediapengoperasiannya.OlehkarenaitupenelitiandanpengembanganinibertujuanmengembangkandanmenghasilkanprodukberupaaplikasiAndroidberbasisPowerPointyangmenarikinteraktifinovatifefektifdanfleksibelsebagaimediapembelajaranmenggambarbentukbagisiswaSMP.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganFive-D(5D)yangdikembangkanolehMoeljadiPranata.Modelfive-DterdiridariDefineDataDesignDevelopdanDisseminate.Dimanaprodukakandivalidasikepadaahlimediadanahlimaterisebelumdiujicobakankepadasubjekujicoba.Instrumenvalidasidanpenilaiansiswamenggunakankuesionertertutup.Denganmenggunakanpendekatankuantitatif-kualitatifdalammemprosesdanmenghasil-kandatayangvaliddalampenelitiandanpengembanganini.PenelitianpengembanganaplikasiAndroidberbasisPowerPointsebagaimediapembelajaranmenggambarbentukbagisiswaSMPinitelahdivalidasiolehahlimediadanahlimateridenganpersentase884%untukvaliditasmediadan844%untukvaliditasmateri.PerolehanskortersebutmenunjukkanaplikasiAndroidberbasisPowerPointsebagaimediapembelajaraninitermasukdalamkategorivaliddanlayakdigunakansebagaimediapembelajaran.Didukungdenganskorperolehanujicobapadasiswadenganpersentase9242%menunjuk-kanbahwamediainimampumenarikminatsiswauntukbelajar.