Pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil karya menggambar bentuk siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Bantur / Yudha Wijaya
Main Author: | Wijaya, Yudha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12808/ |
Daftar Isi:
- WijayaYudha.2014.PemanfaatanMediaAudioVisualuntukMeningkatkanAktivitasBelajardanHasilKaryaMenggambarBentukSiswaKelasVIIASMPNegeri1BanturSkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSatraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TjitjikSriwardaniM.Pddanpembimbing(II)RudiIrawantoS.Pd.M.Sn.KataKuncihasilberkaryamenggambarbentukmediaaudiovisualSMP12288122881228812288Hasilobservasiawalrata-ratasiswakelasVIIASMPNegeri1BanturKabupatenMalangmengalamikesulitandalammenggambarbentukterutamasa-atmembuatsketsagambarsehinggahasilgambarnyakurangmaksimal.Halinidisebabkankurangoptimalnyakegiatanpembelajaranyangdilakukanolehguru.Berkaitandenganhalitumakadilaksanakanpenelitiantindakanpenelitianberupapembelajaranmenggambarbentukdenganpemanfaatanmediaaudiovisualyaitudenganmelihattayanganvideocaramenggambarbentukuntukmeningkatkanak-tivitasdanhasilberkaryasiswa.12288122881228812288Penelitianinidilaksanakandengantujuan1)mendeskrepsikanpenerapanpembelajaranmenggambarbentukdenganmemanfaatkanmediapembelajaranaudiovisualyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarmenggambarbentuksiswakelasVIIASMPNegeri1Banturdan2)mendeskrepsikanpenerapanpembela-jarandenganmemanfatkanmediapembelajaranaudiovisualyangdapatmening-katkanhasilkaryadalammenggambarbentuksiswakelasVIIASMPNegeri1BanturKabupatenMalang.12288122881228812288PenelitianinidilaksanakanmelaluipendekatanPenelitianTindakanKelasdenganrancangantindakanpadasikluspembelajaran.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIAyangsaatpenelitianberlangsungmendudukisemestergenaptahunpelajaran2013-2014diSMPNegeri1BanturKabupatenMalangjumlah25siswa.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiangketdantes.Dandianalisissecaradeskriptifmenggunakanpersentase(%).12288122881228812288HasilanalisisaktivitasbelajarsiklusImenunjukkan452%siswaaktifdalamKBMsedangkan548%siswatidakaktifdalamKBM.HasilanalisissiklusIImenunjukkanpeningkatanaktivitassiswayaitu82%siswaaktifdalamKBMsedangsiswayangtidakaktifmengalamipenurunanmenjadi18%.12288122881228812288AdapunhasilperolehannilaimenggambarbentuksiklusIsecaraklasikalrata-ratasebesar7544dengan52%siswamemperolehnilaidibawahKKM.Se-dangperolehannilaipadasiklusIIrata-ratasebesar7784dansiswayangmemperolehnilaidibawahKKMmengalamipenurunanyaitumenjadi16%.12288122881228812288DengandemikiandiperolehkesimpulanbahwapembelajaranmenggambarbentukdenganmemanfaatkanmediaaudiovisualyaitudenganmelihattayanganvideocaramenggambarbentukdapatmeningkatkanaktivitasmaupunhasilberkaryasiswaKelasVIIASMPNegeri1BanturKabupatenMalang.12288122881228812288Atasdasarhasilpenelitiantersebutdisarankanbagisiswaagaraktifkre-atifberusahadanbelajardenganmemanfaatkansegalasesuatuyangadadisekitarsebagaisumberbelajarmisalnyamemanfaatkaninternetbagiguruagarlebihse-lektifdalammemilihmediapembelajaranyangtepatsehinggadapatmeningkat-kanaktivitasdanhasilbelajarsiswadanbagipenelitiselanjutnyadiharapkanda-patmenjaditolokukuruntukmelakukanpenelitiantentangmasalahserupase-hinggadiperolehhasilyanglebihbaiklagisesuaidengankeinginandantujuanyangdiharapkan.