Peningkatan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif mata pelajarab seni budaya siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang / Gema Artistika
Main Author: | Artistika, Gema |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12800/ |
Daftar Isi:
- ArtistikaGema.2014.PeningkatanKemampuanMenggambarIlustrasiMelaluiPendekatanEkspresif-KreatifMataPelajaranSeniRupaSiswaKelasVIIIASMPNegeri18Malang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TjitjikSriwardaniM.Pd(II)IkeRatnawatiS.PdM.Pd.Katakuncihasilberkaryamenggambarilustrasikarikaturpendekatanekspresif-kreatifSMP122881228812288DalampelaksanaanpembelajaransenirupadikelasVIIIASMPNegeri18Malangsiswabelummaksimaldalammenggambarilustrasiterutamapadasaatmenyeketdanteknikmengarsirsehinggagambaryangdihasilkankurangmaksimal.Halinidisebabkansiswamasihbelummengertitentangteknikmenggambarkarikatur.Melaluipendekatanekspresif-kreatifdiharapkanmampumembantusiswadalammeningkatkankemampuanmenggambarilustrasikhususnyagambarkarikatur.Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)meningkatkankemampuanmenggambarilustrasimelaluipendekatanekspresif-kreatifyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasVIIIASMPNegeri18Malangdan(2)meningkatkankemampuanmenggambarilustrasimelaluipendekatanekspresif-kreatifyangdapatmeningkatkanhasilproduksiswakelasVIIIASMPNegeri18Malang.122881228812288PenelitianinimerupakanpendekatanPenelitianTindakanKelasdenganrancangantindakanpadasetiapsikluspembelajarannya.Penelitianinidilaksanakanmelaluitahapanstudipendahuluanperencanaanpelaksanaanpengamatanrefleksi.Tindakaninidilakukansecarakolaboratifantaragurudenganpeneliti.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIAyangsaatinimendudukisemestergenapTahunPelajaran2013/2014diSMPNegeri18Malangdenganjumlahsiswa39anak.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiangkettesdandokumentasidandianalisissecaradeskriptifmenggunakanpresentase(%).122881228812288PeningkatankemampuanberkaryasiswadalammenggambarilustrasidarihasilpembelajaranpadasiklusIdansiklusII.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehkesimpulanbahwapembelajarangambarilustrasimelaluipendekatanekspresif-kreatifditerapkandenganpemberiantugasmembuatgambarkarikatur.Siswaditunjukkanberbagaicontoh-contohgambarilustrasimelaluimedialaptopdanLCD.HasilanalisispadasiklusImenunjukkan482%siswaaktifdalamKBMsedangkan518%siswayangtidakaktifdalamKBM.HasilanalisissiklusIImenunjukkanpeningkatanaktivitassiswayaitu587%siswaaktifdalamKBMsedangkanjumlahsiswatidakaktifdalamKBMmenurunmenjadi413%.Hasilanalisisdatatesunjukkerjasiswadalammenggambarilustrasipadasiklus1menunjukkan43%siswamemilikihasilkaryabaikdananalisisdatatesunjukkerjapadasiklus2menunjukkanpeningkatanhasilkaryasiswayaitu82%siswayangmemilikikaryayangbaik.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwakemampuanmenggambarilustrasisiswakelasVIIIASMPNegeri18Malangdapatditingkatkanmelaluipendekatanekspresif-kreatif.