Peningkatan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif mata pelajarab seni budaya siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang / Gema Artistika

Main Author: Artistika, Gema
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12800/
Daftar Isi:
  • ArtistikaGema.2014.PeningkatanKemampuanMenggambarIlustrasiMelaluiPendekatanEkspresif-KreatifMataPelajaranSeniRupaSiswaKelasVIIIASMPNegeri18Malang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TjitjikSriwardaniM.Pd(II)IkeRatnawatiS.PdM.Pd.Katakuncihasilberkaryamenggambarilustrasikarikaturpendekatanekspresif-kreatifSMP122881228812288DalampelaksanaanpembelajaransenirupadikelasVIIIASMPNegeri18Malangsiswabelummaksimaldalammenggambarilustrasiterutamapadasaatmenyeketdanteknikmengarsirsehinggagambaryangdihasilkankurangmaksimal.Halinidisebabkansiswamasihbelummengertitentangteknikmenggambarkarikatur.Melaluipendekatanekspresif-kreatifdiharapkanmampumembantusiswadalammeningkatkankemampuanmenggambarilustrasikhususnyagambarkarikatur.Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)meningkatkankemampuanmenggambarilustrasimelaluipendekatanekspresif-kreatifyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasVIIIASMPNegeri18Malangdan(2)meningkatkankemampuanmenggambarilustrasimelaluipendekatanekspresif-kreatifyangdapatmeningkatkanhasilproduksiswakelasVIIIASMPNegeri18Malang.122881228812288PenelitianinimerupakanpendekatanPenelitianTindakanKelasdenganrancangantindakanpadasetiapsikluspembelajarannya.Penelitianinidilaksanakanmelaluitahapanstudipendahuluanperencanaanpelaksanaanpengamatanrefleksi.Tindakaninidilakukansecarakolaboratifantaragurudenganpeneliti.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIAyangsaatinimendudukisemestergenapTahunPelajaran2013/2014diSMPNegeri18Malangdenganjumlahsiswa39anak.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiangkettesdandokumentasidandianalisissecaradeskriptifmenggunakanpresentase(%).122881228812288PeningkatankemampuanberkaryasiswadalammenggambarilustrasidarihasilpembelajaranpadasiklusIdansiklusII.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehkesimpulanbahwapembelajarangambarilustrasimelaluipendekatanekspresif-kreatifditerapkandenganpemberiantugasmembuatgambarkarikatur.Siswaditunjukkanberbagaicontoh-contohgambarilustrasimelaluimedialaptopdanLCD.HasilanalisispadasiklusImenunjukkan482%siswaaktifdalamKBMsedangkan518%siswayangtidakaktifdalamKBM.HasilanalisissiklusIImenunjukkanpeningkatanaktivitassiswayaitu587%siswaaktifdalamKBMsedangkanjumlahsiswatidakaktifdalamKBMmenurunmenjadi413%.Hasilanalisisdatatesunjukkerjasiswadalammenggambarilustrasipadasiklus1menunjukkan43%siswamemilikihasilkaryabaikdananalisisdatatesunjukkerjapadasiklus2menunjukkanpeningkatanhasilkaryasiswayaitu82%siswayangmemilikikaryayangbaik.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwakemampuanmenggambarilustrasisiswakelasVIIIASMPNegeri18Malangdapatditingkatkanmelaluipendekatanekspresif-kreatif.