Pengembangan media pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa terapan Nusantara berbasis power point untuk siswa kelas VIII SMP Karya Pegelaran / Cahya Prihandika

Main Author: Prihandika, Cahya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12769/
Daftar Isi:
  • PrihandikaC.2013.PengembanganMediaPembelajaranMengapresiasiKaryaSeniRupaTerapanNusantaraBerbasisPowerPointuntukSiswaKelasVIIISMPKaryaPagelaran.SkripsiJurusanSenidanDesain.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.PurwatiningsihM.Pd.(II)Drs.EkoBudiWinarnoKataKuncimediapembelajaranmengidentifikasikaryasenirupaterapannusantara.Mediapembelajaranmerupakanalatbantuajaryangdigunakanolehgurumaupunsiswa.Keberadaansebuahmediapembelajarandalamkegiatanbelajarmengajarsangatlahpenting.Mediaberfungsiuntukmemberikesempatanpadasiswaagarsiswadikelastidakterus-terusanberpusatpadaguru.Kebiasaanberpusatpadagurupadaakhirnyamembuatsiswatidakmampuberpikirkreatifdansulituntukmengembangkanpengetahuanmereka.Selainitutidakbanyakguruyangmenggunakanmediapembelajaranketikamenyampaikanmateripembelajaran.Berkaitandenganitumakadiperlukanpengembanganmediayangmenarikdaninovatif.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkan(1)mediapembelajaranyangmemenuhisyaratpengembanganisimediapembelajaran(2)mediapembelajaranyangmemenuhisyaratpengorganisasianisimediapembelajaran(3)mediapembelajaranyangmemenuhisyaratpenggunaanbahasadalammediapembelajarandan(4)mediapembelajaranyangmemenuhisyarattampilanmediapembelajaran.ModelpengembanganyangdigunakanuntukmengembangkanmediapembelajaranadalahadaptasidarimodelpengembanganBorgGall(dalamSukmadinata2012169170).Berdasarkanmodeltersebutterdapatempattahappengembanganyaitu(1)tahapprapengembangan(2)tahappengembangan(3)tahapujicobaprodukdan(4)tahaprevisiataupenyempurnaan.Produkhasilpengembangandiujicobakanuntukmengetahuikelayakanprodukyaitumelaluiujiahliujipraktisidanujikelompokkecil(siswaSMPkelasVIII).Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehduasimpulanhasilpengembangansebagaiberikut.Pertamamasalahpengaruhmediatersebutterhadapsiswa.Mediayangdikembangkanmenarikperhatiansiswasehinggadapatmerangsangpolapikirsiswadalammengapresiasikaryasenirupaterapan.Keduamasalahpengaruhmediatersebutterhadapguru.Mediayangdikembangkandapatmembantugurubaikuntukmenggunakanatauuntukmengembangkanmediapembelajaranapayangtepatuntukdigunakandalamprosesbelajarmengajar.