Pengembangan media pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa terapan Nusantara berbasis power point untuk siswa kelas VIII SMP Karya Pegelaran / Cahya Prihandika
Main Author: | Prihandika, Cahya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12769/ |
Daftar Isi:
- PrihandikaC.2013.PengembanganMediaPembelajaranMengapresiasiKaryaSeniRupaTerapanNusantaraBerbasisPowerPointuntukSiswaKelasVIIISMPKaryaPagelaran.SkripsiJurusanSenidanDesain.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.PurwatiningsihM.Pd.(II)Drs.EkoBudiWinarnoKataKuncimediapembelajaranmengidentifikasikaryasenirupaterapannusantara.Mediapembelajaranmerupakanalatbantuajaryangdigunakanolehgurumaupunsiswa.Keberadaansebuahmediapembelajarandalamkegiatanbelajarmengajarsangatlahpenting.Mediaberfungsiuntukmemberikesempatanpadasiswaagarsiswadikelastidakterus-terusanberpusatpadaguru.Kebiasaanberpusatpadagurupadaakhirnyamembuatsiswatidakmampuberpikirkreatifdansulituntukmengembangkanpengetahuanmereka.Selainitutidakbanyakguruyangmenggunakanmediapembelajaranketikamenyampaikanmateripembelajaran.Berkaitandenganitumakadiperlukanpengembanganmediayangmenarikdaninovatif.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkan(1)mediapembelajaranyangmemenuhisyaratpengembanganisimediapembelajaran(2)mediapembelajaranyangmemenuhisyaratpengorganisasianisimediapembelajaran(3)mediapembelajaranyangmemenuhisyaratpenggunaanbahasadalammediapembelajarandan(4)mediapembelajaranyangmemenuhisyarattampilanmediapembelajaran.ModelpengembanganyangdigunakanuntukmengembangkanmediapembelajaranadalahadaptasidarimodelpengembanganBorgGall(dalamSukmadinata2012169170).Berdasarkanmodeltersebutterdapatempattahappengembanganyaitu(1)tahapprapengembangan(2)tahappengembangan(3)tahapujicobaprodukdan(4)tahaprevisiataupenyempurnaan.Produkhasilpengembangandiujicobakanuntukmengetahuikelayakanprodukyaitumelaluiujiahliujipraktisidanujikelompokkecil(siswaSMPkelasVIII).Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehduasimpulanhasilpengembangansebagaiberikut.Pertamamasalahpengaruhmediatersebutterhadapsiswa.Mediayangdikembangkanmenarikperhatiansiswasehinggadapatmerangsangpolapikirsiswadalammengapresiasikaryasenirupaterapan.Keduamasalahpengaruhmediatersebutterhadapguru.Mediayangdikembangkandapatmembantugurubaikuntukmenggunakanatauuntukmengembangkanmediapembelajaranapayangtepatuntukdigunakandalamprosesbelajarmengajar.