Pembelajaran apresiasi seni rupa pada mata pelajaran seni dan budaya kelas VII di SMP Negeri 4 Malang / Achmad Faizal Wahyudi
Main Author: | Wahyudi, Achmad Faizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12750/ |
Daftar Isi:
- WahyudiAchmadFaizal.2013.KegiatanPembelajaranApresiasiSeniRupapadaMataPelajaranSenidanBudayaKelasVIIdiSMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.IdaSitiHerawatiM.Pd(II)Drs.DidiekRahmanadjiKataKuncipembelajaranapresiasisenirupaSMPNegeri4MalangApresiasiseniadalahsebuahprosesatauaktivitaspengamatanatautindakanuntukmengamatimemahamimenikmatisertamenginterpretasikantatanilai(makna)yangterkandungdidalamsebuahobjekseniataukaryaseniyangberkaitandengankualitasfisik(wujud)yangmenumbuhkandoronganuntukmengamatimenghargaimenilaisertamenikmati.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanatautentangprofilgurusenibudayadankegiatanpembelajaranapresiasikaryasenirupadiSMPNegeri4Malang.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatifdanpendekatandeskriptif.Pengumpulandatainidilakukandenganmenggunakantehnikwawancaradokumentasidanobservasi.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatasertapenarikankesimpulandanverifikasi.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehduasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikutPertamaKondisi(profil)gurubidangstudisenibudayadiSMPNegeri4MalangadalahBapakSupriadiM.PdBeliaulahirdikotaMalangpadatanggal5juni1961.AlumnidariUniversitasNegeriMalang(UM)yangdulunyabernamaIKIP(InstitutKeguruanIlmuPendidikanNegeriMalang)programstudipendidikansenirupaangkatantahun1981.KeduakegiatanpembelajaransenibudayadiSMPNegeri4MalangguruperpedomanpadasebuahRPPyangdibuatsetiaptahunajaranbaru.AkantetapiRPPtersebutmemilikisejumlahkekurangandiantaranyaadalahsebagaiberikutketiadaannyarumusanindikatoratautujuanyangmerupakanpenjabarankonkretdariSKdanKD.Substansikegiatanintitidakspesifikdancenderungberorientasipadaaktivitasguru.ProsespenyampaianmateriapresiasisenirupagurumenjelaskansecaralisandantanpamenggunakanmediapenunjangapapunselainkaryasiswadantidaksesuaidenganisiRPP.GurumenerapkanmodelpembelajaranapresiasimelaluitelaahkaryadanModelreproduksikarya.GurutidakmenerapkanmetodedemonstrasisepertitercantumdalamRPPmelainkancenderungpadametodeceramahdanmotodekerjakelompok.Tehnikpenilaiandilakukangurudengan2carayaitupenilaianprosesdanhasilberupasebuahtugasapresiasisenirupasecarakelompokdikelasdanpenugasanberupapenyusunanklipingsecarakelompok.Formatpenilaianmenggunakanmodelpenilaianchecklistberupalembaryangberisisejumlahaspekatauindikatoryangharusdicapaisiswadengansimbolnilaiatauangka.