Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis powerpoint tentang cara pembuatan topeng malangan untuk siswa SMP kelas VII / Sumono
Main Author: | Sumono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12727/ |
Daftar Isi:
- Sumono.2013.PengembanganMultimediaPembelajarantentangCaraPembuatanTopengMalanganuntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)Drs.AAG.RaiArimbawaM.Sn.KataKuncipengembanganmultimediapembelajaranpembuatantopengMalangan.12288122881228812288Dalampembelajaransenibudayakhususnyamateriseniterapandaerahsetempatdisekolahmediapembelajaranmemilikiperananyangsangatmendasar.Melaluimediapembelajarangurudapatmenunjukkanapresiasisertaekspresisecaralebihbaik.Dalamhalinicarapembuatantopengmalanganadalahsalahsatumateriyangsulituntukdiajarkandidalamlingkupsekolah.MakadariituperluadanyapengembanganmultimediapembelajaranberbasispowerpointtentangcarapembuatantopengmalanganuntuksiswaSMPkelasVIIIagarpenyampaianmateriapresiasidanekspresibisadimengertisiswadenganjelas.12288122881228812288DalampenelitianinipenelitimenggunakanmetodepenelitiandanPengembangan5DdariMoeljadiPranata2009.Adapunlangkah-langkahdaripenelitiuntukpengembanganmultimediapembelajarantentangcarapembuatantopengmalanganuntuksiswaSMPkelasVIIadalahsebagaiberikut(1)Define(a)identifikasimasalah(b)analisiskebutuhan(c)analisistugas.(2)Data.(a)datalapangan(b)datareferensi(c)analisis-sintesisdata.(3)Design(a)perancanaganproduk(b)pengembanganinstrumenvalidasidanujicoba.(4)Develop(a)Validasi(duaorangahlimediaduaorangahlimateri.)(b)Revisi(c)Ujicoba(ujicobakelompokkecilyangterdiridari29siswakelasVIISMPNegeri1Malang).(5)Desseminate(a)penulisanlaporan(b)penulisanartikel.12288122881228812288Hasilevaluasidannilairata-ratadariahlimediaadalah90%yangberartihasilpengembanganbaiksehinggadapatdigunakan.Darihasilevaluasidannilairata-rataahlimateriadalah80%yangberartihasilpengembanganbaiksehinggadapatdigunakan.Kemudianhasilnilairata-ratadariujicobakelompokbesaradalah79%yangberartibaiksehinggaprodukpengembangandapatdigunakan.12288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagardilakukanujicobasecaraKonsistenpadasubyekyanglebihbesardandiharapkandapatdijadikansebagaimultimediapembelajaranpembuatantopengmalanganuntukpembelajaransenibudayadiSekolahmaupununtukumumdandiproduksi.