Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint tentang kompetensi apresiasi karya seni rupa terapan wayang kulit punakawan pada mata pelajaran seni budaya kelas VIII SMP / Dwi Riyanti

Main Author: Riyanti, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12712/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediaPembelajaranPowerPointWayangKulitPunakawanMengenalmerespondanmenghargaiwayangkulitmerupakankompetensiyangharusdimilikisiswadalampembelajaranapresiasisenirupaterapan.Terbatasnyamediapembelajaranyangmemuatkajiantentangwayangkulitmembuatpembelajarantersebutkurangmaksimal.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaranberbasisPowerPointuntukmengatasimasalahtersebut.TemaPunakawandipilihkarenaPunakawanmerupakansalahsatutokohsentraldalampewayanganyangsaratdengannilai-nilaipengembangankarakter.ModelpengembanganinimenggunakanFive-DdariPranata(2012)yaituDefineData.DesignDevelopdanDisseminate.Hasilprodukdilakukanvalidasioleh2orangahlimediayangmeliputiseorangdosendanseorangguruyangahlidalammediapembelajaran2orangahlimateriyangmeliputiseorangdalangdanseorangperajinwayangkulitdidaerahkabupatenTrenggalekdanujicobakelompokbesaryangmeliputi22siswakelasVIIICdiSMPN1WatulimoTrenggalek.Secaragarisbesarhasilvalidasidanujicobamenunjukkanhasilyangvaliddenganakumulasinilaivalidasiahlimedia9167%ahlimateri8917sertaujicobakelompokbesar8636%.Dariketiganyaapabiladirata-ratabernilai8906%danmasukdalamkualifikasivalidsehinggalayakdigunakansebagaimediapembelajaranmenurutpenilaianahlimediaahlimaterimaupunkelompokbesar.Hasilrevisimediacenderungmengarahkepadakemudahanmediauntukdigunakan.Menurutahlimediamedialebihmenarikbilawaktupengenalantokohditampilkananimasigerak/humor.Sedangkanrevisimatericenderungmengarahkepotensiimplementasimateridalamproduk.SpesifikasiprodukfinaldalampengembanganiniadalahmediapembelajarandapatdijalankanpadaaplikasiMSOfficePowerPoint2010fisikprodukberupaCompactDisctargetkompetensiyaitumengidentifikasijeniskaryasenirupaterapanNusantaraisimaterimeliputipengertiansejarahpenokohancirivisualisasidanmaknasimbolikdariPunakawansertaprosespembuatanwayangkulitdanuntukcakupanMataPelajaranadalahSeniBudaya.Pentingnyapengembanganbagipengembangselanjutnyadalammengembangkanmediapembelajaraninihendaknyamempertimbangkanevaluasiyangtelahdilakukandalampengembanganinisebagaireferensikedepannyadalammembuatmediayanglebihbaikdanbermanfaatagardayagunaprodukdapatmeningkat.