Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint tentang kompetensi apresiasi karya seni rupa terapan wayang kulit punakawan pada mata pelajaran seni budaya kelas VIII SMP / Dwi Riyanti
Main Author: | Riyanti, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12712/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediaPembelajaranPowerPointWayangKulitPunakawanMengenalmerespondanmenghargaiwayangkulitmerupakankompetensiyangharusdimilikisiswadalampembelajaranapresiasisenirupaterapan.Terbatasnyamediapembelajaranyangmemuatkajiantentangwayangkulitmembuatpembelajarantersebutkurangmaksimal.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaranberbasisPowerPointuntukmengatasimasalahtersebut.TemaPunakawandipilihkarenaPunakawanmerupakansalahsatutokohsentraldalampewayanganyangsaratdengannilai-nilaipengembangankarakter.ModelpengembanganinimenggunakanFive-DdariPranata(2012)yaituDefineData.DesignDevelopdanDisseminate.Hasilprodukdilakukanvalidasioleh2orangahlimediayangmeliputiseorangdosendanseorangguruyangahlidalammediapembelajaran2orangahlimateriyangmeliputiseorangdalangdanseorangperajinwayangkulitdidaerahkabupatenTrenggalekdanujicobakelompokbesaryangmeliputi22siswakelasVIIICdiSMPN1WatulimoTrenggalek.Secaragarisbesarhasilvalidasidanujicobamenunjukkanhasilyangvaliddenganakumulasinilaivalidasiahlimedia9167%ahlimateri8917sertaujicobakelompokbesar8636%.Dariketiganyaapabiladirata-ratabernilai8906%danmasukdalamkualifikasivalidsehinggalayakdigunakansebagaimediapembelajaranmenurutpenilaianahlimediaahlimaterimaupunkelompokbesar.Hasilrevisimediacenderungmengarahkepadakemudahanmediauntukdigunakan.Menurutahlimediamedialebihmenarikbilawaktupengenalantokohditampilkananimasigerak/humor.Sedangkanrevisimatericenderungmengarahkepotensiimplementasimateridalamproduk.SpesifikasiprodukfinaldalampengembanganiniadalahmediapembelajarandapatdijalankanpadaaplikasiMSOfficePowerPoint2010fisikprodukberupaCompactDisctargetkompetensiyaitumengidentifikasijeniskaryasenirupaterapanNusantaraisimaterimeliputipengertiansejarahpenokohancirivisualisasidanmaknasimbolikdariPunakawansertaprosespembuatanwayangkulitdanuntukcakupanMataPelajaranadalahSeniBudaya.Pentingnyapengembanganbagipengembangselanjutnyadalammengembangkanmediapembelajaraninihendaknyamempertimbangkanevaluasiyangtelahdilakukandalampengembanganinisebagaireferensikedepannyadalammembuatmediayanglebihbaikdanbermanfaatagardayagunaprodukdapatmeningkat.