Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint batik Sidoarjo sebagai media pembelajaran kajian seni rupa terapan nusantara untuk SMP kelas VIII / Thoriq Afif

Main Author: Afif, Thoriq
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12710/
Daftar Isi:
  • AfifThoriq.2013.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisPowerPointBatikSidoarjoSebagaiMediaPembelajaranKajianSeniRupaTerapanNusantaraUntukSmpKelasVIII.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd.(II)Drs.AndiHarismanKataKunciPengembanganMediapembelajaranSeniRupaTrapanNusantaraPowerPointBatikSidoarjo.Perkembanganteknologiyangsangatpesatperlahan-lahanmengubahpolapembelajarandisekolah.Infiltrasiteknologisecaratidaklangsungmenuntutguruuntukmenguasaidanmenggunakanmediakomputeruntukprosesbelajarmengajardisekolah.Namunkenyataannyamasihbanyakguruyangkurangmenguasaiteknologisehinggamasihmenggunakanmediakonvensional.Seoranggurutentunyadapatmenyusunmateridenganbaiktetapibelumtentudapatmembuatmediayangmembelajarkan.PengembanganinibertujuanuntukmembuatmediapembelajarandenganMicrosoftOfficePowerPointsebagaidasaraplikasinyadalammembantugurumenyusunmediapembelajaranyangoptimal.Modelpengembanganinimenggunakanfive-DdariPranataM.(2012)yaituDefinedatadesigndevelopdandisseminate.Hasilprodukdilakukanvalidasioleh2orangahlimedia2orangahlimateridanujikelompokkecilyangmenggunakanteknikanalisisinstrumenkuesioner.Secaragarisbesarhasilvalidasidanujicobamenunjukkanpositifdenganakumulasinilaivalidasiahlimediaahlimaterisertaujicobapadapoinapplicabilityyaitu85.9%usability84.09%danadjustabilitysenilai83.6%.Dariketiganyadapatdisimpulkandengankriteriabaiksekaliyangberartisangatlayakuntukdigunakansebagaimediapembelajaran.Hasilrevisimediacenderungmengarahkepadadesainanimasiyangterdapatpadamedia.Menurutahlimediamediayangdibuatsudahbagusakantetapibeberapaanimasipadaslidemenggangguspesifikasiproduk.Dandarihasilrevisiahlimaterimenyatakanuntukkata-katayangterdapatpadapointlebihjelaslagiagarsiswatidaksalahpahamuntukmemahamimateri.Darihasilpenelitianinidapatdisarankanagarparapengembangyangtertarikpadaprodukyangsamahendaknyamenindaklanjutiprosesujicobadenganjangkawaktuyanglebihlamasubyeksampelyanglebihbesardanmerevisibukupetunjukmediaagardayagunaprodukdapatmeningkat.