Studi kasus penggunaan media audio visual proses berkarya seni kriya keramik teknik pinching pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IX A SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro 2 Malang / Idam Rahmadi
Main Author: | Rahmadi, Idam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12693/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKreativitasTeknikPinchingMediaAudio-VisualPendidikansenimerupakanwahanabermuatanedukatifdanmembangunkreativitassiswa.Kreativitassiswadapatdibangunataudipancingmelaluipengalamanlangsungrangsanganbendasenidanaudio-visualsertapengalamanpribadi.BerdasarkanpengamatanyangdilakukanpenelitidiSMPNSatuAtapLesanpuro2Malangkreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikbelumberkembanghanyasebagiankecilsiswayangbisamembuatkeramikdenganteknikpinching.Teknikpinchingmerupakanteknikmembentuktanahliatmenjadibendakeramikbagipemulaselainitupenggunaanmediapembelajarandalamprosespembelajaransenibudayabelumoptimal.Untukmengatasipermasalahaninimakadipilihmediaaudiovisualsebagaipenunjangdalamprosespembelajaransenikriyakeramikteknikpinching.Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaituapakahpenggunaanmediaaudio-visual(LCDProjector)dapatmeningkatkankreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikteknikpinching.Pendekatanpenelitianmenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatif.Tenikpengumpulandatamenggunakanobservasicatatanlapangandandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmediapembelajaranberupamediaaudiovisual(LCDProjector)dapatmeningkatkankreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikteknikpinchingHaltersebutditunjukkanbahwaketuntasanbelajarsebagaisebesar931%dimanasebelumdilakukanpenelitianiniketuntasansiswahanyasebesar60%.Saranyangdapatdiberikanbagiguruhendaknyamenerapkanpenggunaanmediaaudiovisual(LCDprojector)sebagaialternatifpembelajarandikelasuntukmeningkatkankreativitassiswa.Bagipenelitilainyangtertarikuntukmemperbaikiataumelanjutkanpenelitianinidisarankanagarmempunyaipersiapanyangbaikdanhendaknyamelakukanlebihdariduakegiatan.