Studi kasus penggunaan media audio visual proses berkarya seni kriya keramik teknik pinching pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IX A SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro 2 Malang / Idam Rahmadi

Main Author: Rahmadi, Idam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12693/
Daftar Isi:
  • KataKunciKreativitasTeknikPinchingMediaAudio-VisualPendidikansenimerupakanwahanabermuatanedukatifdanmembangunkreativitassiswa.Kreativitassiswadapatdibangunataudipancingmelaluipengalamanlangsungrangsanganbendasenidanaudio-visualsertapengalamanpribadi.BerdasarkanpengamatanyangdilakukanpenelitidiSMPNSatuAtapLesanpuro2Malangkreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikbelumberkembanghanyasebagiankecilsiswayangbisamembuatkeramikdenganteknikpinching.Teknikpinchingmerupakanteknikmembentuktanahliatmenjadibendakeramikbagipemulaselainitupenggunaanmediapembelajarandalamprosespembelajaransenibudayabelumoptimal.Untukmengatasipermasalahaninimakadipilihmediaaudiovisualsebagaipenunjangdalamprosespembelajaransenikriyakeramikteknikpinching.Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaituapakahpenggunaanmediaaudio-visual(LCDProjector)dapatmeningkatkankreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikteknikpinching.Pendekatanpenelitianmenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatif.Tenikpengumpulandatamenggunakanobservasicatatanlapangandandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmediapembelajaranberupamediaaudiovisual(LCDProjector)dapatmeningkatkankreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikteknikpinchingHaltersebutditunjukkanbahwaketuntasanbelajarsebagaisebesar931%dimanasebelumdilakukanpenelitianiniketuntasansiswahanyasebesar60%.Saranyangdapatdiberikanbagiguruhendaknyamenerapkanpenggunaanmediaaudiovisual(LCDprojector)sebagaialternatifpembelajarandikelasuntukmeningkatkankreativitassiswa.Bagipenelitilainyangtertarikuntukmemperbaikiataumelanjutkanpenelitianinidisarankanagarmempunyaipersiapanyangbaikdanhendaknyamelakukanlebihdariduakegiatan.