Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash interaktif tentang apresiasi seni rupa terapan nusantara semester I siswa SMP kelas II / Angga Palaemon Muridno
Main Author: | Muridno, Angga Palaemon |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12681/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPengembanganMediaPembelajaranApresiasiSeniRupaTerapanNusantaraProsesbelajarmengajarapresiasiSeniBudayaseringkalidihadapkanpadamateriyangabstrakdandiluarpengalamansiswasehariharisehinggamenjadisulitdiajarkangurudansulitdipahamisiswa.DalamobservasilapanganyangdilakukanpenulisdanpengembangmediadiketahuibahwasiswaSMPlebihtertarikpadamediayangmemungkinkanmerekaikutberinteraksididalamnyadanmenampilkanvisualisasiyangmenarik.Mediapembelajaranyangadayaitubukupaketmemilikiketerbatasandalamhalvisualisasi.Padamateriajarapresiasiidealnyaterdapatmediayangdapatmenampilkanvisualisasikarya.MediainteraktifdapatmemenuhikebutuhantersebutdanmembantukelancaranprosesbelajarmengajarapresiasiSeniBudaya.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmerancangdanmenghasilkanprodukmediainteraktifberbasisAdobeFlashsebagaimediapembelajaranApresiasiSeniTerapanNusantarayangkomunikatifinformatifdanmenarik.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelyangdimodifikasidariSadimanS.Arifmeliputi1)identifikasikebutuhan2)pengembanganmateripembelajaran3)menyusundraftrancanganmedia4)produksi5)ujikonseptual6)revisi.Instrumenpengumpulandatamenggunakanangketuntukahlimediaahlimateridanujicobakelompokkecil.Sedangkanmetodeanalisisdatamenggunakanmetodedeskripsidenganprosentase.Hasilpenelitianpengembanganadalahsebagaiberikut1)ujiahlimedia7243%(cukuplayakdandapatdipakaidalamkegiatanpembelajarandengansedikitrevisi)2)ujiahlimateri8636%(layakdandapatdipakaidalamkegiatanpembelajarandengantanparevisi)3)ujikelompokkecil7888%(cukuplayakdandapatdipakaidalampembelajarandengansedikitrevisi).Revisimeliputi1)Warna50%(kuranglayakdandapatdipakaidalampembelajarandenganbanyakrevisi).RevisidilakukandenganmemberikanwarnaberbedapadaMenudanSubMenuagaradapembedadanmemberikanpenyegaranpadamata2)GrafikGambar5625%(kuranglayakdandapatdipakaidalampembelajarandenganbanyakrevisi).Revisidilakukanpadagambaryangkuranglayakdandigantidenganresolusilebihbagusdanlebihjelas.Saranyangdiajukanhendaknyadilakukanujicobasecaraberulang-ulangpadasubyekyanglebihbesardandiharapkandapatdisosialisasikankepadalembagapendidikanterkait.Penelitianhanyaterbataspadapengembanganprodukdiharapkanadapenelitianselanjutnyauntukmengujitingkatefektifitasdariprodukyangdikembangkan.Produkyangdihasilkandiharapkandapatbermanfaatbagipenggunaproduk.