Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash interaktif tentang apresiasi seni rupa terapan nusantara semester I siswa SMP kelas II / Angga Palaemon Muridno

Main Author: Muridno, Angga Palaemon
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12681/
Daftar Isi:
  • KatakunciPengembanganMediaPembelajaranApresiasiSeniRupaTerapanNusantaraProsesbelajarmengajarapresiasiSeniBudayaseringkalidihadapkanpadamateriyangabstrakdandiluarpengalamansiswasehariharisehinggamenjadisulitdiajarkangurudansulitdipahamisiswa.DalamobservasilapanganyangdilakukanpenulisdanpengembangmediadiketahuibahwasiswaSMPlebihtertarikpadamediayangmemungkinkanmerekaikutberinteraksididalamnyadanmenampilkanvisualisasiyangmenarik.Mediapembelajaranyangadayaitubukupaketmemilikiketerbatasandalamhalvisualisasi.Padamateriajarapresiasiidealnyaterdapatmediayangdapatmenampilkanvisualisasikarya.MediainteraktifdapatmemenuhikebutuhantersebutdanmembantukelancaranprosesbelajarmengajarapresiasiSeniBudaya.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmerancangdanmenghasilkanprodukmediainteraktifberbasisAdobeFlashsebagaimediapembelajaranApresiasiSeniTerapanNusantarayangkomunikatifinformatifdanmenarik.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelyangdimodifikasidariSadimanS.Arifmeliputi1)identifikasikebutuhan2)pengembanganmateripembelajaran3)menyusundraftrancanganmedia4)produksi5)ujikonseptual6)revisi.Instrumenpengumpulandatamenggunakanangketuntukahlimediaahlimateridanujicobakelompokkecil.Sedangkanmetodeanalisisdatamenggunakanmetodedeskripsidenganprosentase.Hasilpenelitianpengembanganadalahsebagaiberikut1)ujiahlimedia7243%(cukuplayakdandapatdipakaidalamkegiatanpembelajarandengansedikitrevisi)2)ujiahlimateri8636%(layakdandapatdipakaidalamkegiatanpembelajarandengantanparevisi)3)ujikelompokkecil7888%(cukuplayakdandapatdipakaidalampembelajarandengansedikitrevisi).Revisimeliputi1)Warna50%(kuranglayakdandapatdipakaidalampembelajarandenganbanyakrevisi).RevisidilakukandenganmemberikanwarnaberbedapadaMenudanSubMenuagaradapembedadanmemberikanpenyegaranpadamata2)GrafikGambar5625%(kuranglayakdandapatdipakaidalampembelajarandenganbanyakrevisi).Revisidilakukanpadagambaryangkuranglayakdandigantidenganresolusilebihbagusdanlebihjelas.Saranyangdiajukanhendaknyadilakukanujicobasecaraberulang-ulangpadasubyekyanglebihbesardandiharapkandapatdisosialisasikankepadalembagapendidikanterkait.Penelitianhanyaterbataspadapengembanganprodukdiharapkanadapenelitianselanjutnyauntukmengujitingkatefektifitasdariprodukyangdikembangkan.Produkyangdihasilkandiharapkandapatbermanfaatbagipenggunaproduk.