Pelaksanaan pembelajaran anyam pada mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung / Eko Prabowo
Main Author: | Prabowo, Eko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12676/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranAnyamsiswakelasVIISMPNegeri1SumbergempolBerbagaibentukkegiatandanmediakreatifmemberibanyakkesempatanpadaanakuntukberkreasimenurutkeinginandancaranyasendiri.SalahsatuupayapengembanganpotensianakmelaluilembagaformalyaituSekolah.Peransekolahdangurusangatdibutuhkanuntukdapatmengembangkanbahanajardanberusahamenemukanbagaimanakegiatansenisiwayangdapatmemenuhikebutuhanfisikemosionalmentaldanestetiksiswa.SMPNegeri1SumbergempolmerupakansalahsatusekolahdikabupatenTulungagungyangdalamkegiatanpembelajaransenibudayamengajarkananyaman.Kegiatanpembelajaranmenganyaminimenggunakanbahandarikertaswarna.HalinididukungdengangurusenibudayayangmemilikikemampuanberkeseniankarenalulusandariUniversitasNegeriMalangangkatan1987.UntukitupenelitipenelitianinibermaksudmengetahuibagaimanakanperencanaankegiatanpembelajaranmenganyamdanpelaksanaanpembelajaranmenganyamsiswakelasVIIdenganbahaskertas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanperencanaandanpelaksanaanpembelajaranmenganyamdiSMPNegeri1SumbergempolTulungagungyangberlokasidiJl.RayaTulungagung30SumbergempolKabupatenTulungagung.KegiatantpembelajarannyadilaksanakanuntuksiswakelasVIIEuntukperencanaanpembelajaranyaituPenentuanmateriLangkah-langkahpembelajaranMediapembelajaranPenilaiansedangkanuntukpelaksanaanpembelajarannyaPenerapanmetodeKegunaanmediaInteraksigurudengansiswa.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpendekatandeskriptifkulitatif.Teknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasipadaprosespembelajaranwawancaradengangurusenibudayadandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanmelaluireduksidatapaparandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianpenerapanpembelajaranmeliputiPenentuanmaterianyamLangkah-langkahpembelajaranmenganyamMediapembelajaranPenilaiankreatifitashasilkaryadandiskusisedangkanuntukpelaksanaanpembelajarannyaPenerapanmetodePenggunaanmediaInteraksigurudengansiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankankepadagurudanlembagapendidikan/sekolahterutamaSMPNegeri1Sumbergempoldalampembelajarantidakhanyamenekankanpadapenugasanketerampilansecarafisiktetapijugapsikis.Sehinggadapatmeningkatkankualitaspembelajarandandapatmengembangkanpotensisiswa.