Pelaksanaan pembelajaran anyam pada mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung / Eko Prabowo

Main Author: Prabowo, Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12676/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranAnyamsiswakelasVIISMPNegeri1SumbergempolBerbagaibentukkegiatandanmediakreatifmemberibanyakkesempatanpadaanakuntukberkreasimenurutkeinginandancaranyasendiri.SalahsatuupayapengembanganpotensianakmelaluilembagaformalyaituSekolah.Peransekolahdangurusangatdibutuhkanuntukdapatmengembangkanbahanajardanberusahamenemukanbagaimanakegiatansenisiwayangdapatmemenuhikebutuhanfisikemosionalmentaldanestetiksiswa.SMPNegeri1SumbergempolmerupakansalahsatusekolahdikabupatenTulungagungyangdalamkegiatanpembelajaransenibudayamengajarkananyaman.Kegiatanpembelajaranmenganyaminimenggunakanbahandarikertaswarna.HalinididukungdengangurusenibudayayangmemilikikemampuanberkeseniankarenalulusandariUniversitasNegeriMalangangkatan1987.UntukitupenelitipenelitianinibermaksudmengetahuibagaimanakanperencanaankegiatanpembelajaranmenganyamdanpelaksanaanpembelajaranmenganyamsiswakelasVIIdenganbahaskertas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanperencanaandanpelaksanaanpembelajaranmenganyamdiSMPNegeri1SumbergempolTulungagungyangberlokasidiJl.RayaTulungagung30SumbergempolKabupatenTulungagung.KegiatantpembelajarannyadilaksanakanuntuksiswakelasVIIEuntukperencanaanpembelajaranyaituPenentuanmateriLangkah-langkahpembelajaranMediapembelajaranPenilaiansedangkanuntukpelaksanaanpembelajarannyaPenerapanmetodeKegunaanmediaInteraksigurudengansiswa.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpendekatandeskriptifkulitatif.Teknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasipadaprosespembelajaranwawancaradengangurusenibudayadandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanmelaluireduksidatapaparandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianpenerapanpembelajaranmeliputiPenentuanmaterianyamLangkah-langkahpembelajaranmenganyamMediapembelajaranPenilaiankreatifitashasilkaryadandiskusisedangkanuntukpelaksanaanpembelajarannyaPenerapanmetodePenggunaanmediaInteraksigurudengansiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankankepadagurudanlembagapendidikan/sekolahterutamaSMPNegeri1Sumbergempoldalampembelajarantidakhanyamenekankanpadapenugasanketerampilansecarafisiktetapijugapsikis.Sehinggadapatmeningkatkankualitaspembelajarandandapatmengembangkanpotensisiswa.