Studi tentang cara dan latar belakang pendidikan guru dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya di SMPN Kabupaten Tulungagung / Siti Kholifatul Umaami

Main Author: Umaami, Siti Kholifatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12631/
Daftar Isi:
  • KatakuncicaragurupembelajaransenilatarbelakangpendidikanMatapelajaransenibudayasangatmenyenangkandanmerupakanpenyeimbangsiswadalammenjalanikegiatanseharihariuntukbelajardisinilahjugatempatatauwadahuntuksetiapsiswamengekspresikandirisesuaikemauandirinyadalambidangseni.PendidikanSeniBudayadiberikandisekolahkarenasatuuntukmencapaitujuanpengajarandankeduauntukmemberikesempatanberekspreaikepadasiswa.Namunguruyangmenyampaikanmateridisekolahmemilikilatarbelakangpendidikanbervariatifsehinggahasilpembelajaranyangingindicapaibelummaksimal.UntukitubagaimanacaradanlatarbelakangpendidikangurudalammelaksanakanpembelajaransenidiSMPNKabupatenTulungagung.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmencakuplatarbelakangpendidikansemuagurupengajarsenibudayadiSMPNdancaragurutersebutmelaksanakanpembelajaransenibudaya.Penelitianinimenggunakanrancangankuantitatifdeskriptifkarenadapatdigunakanuntukmendeskripsikanmencatatmenganalisissertamenginterpretasikandatadanlatarbelakangpendidikanguruvariabelmelaksanakanpembelajaran.Alatpengumpuldatayangdigunakanuntukmengumpulkandatapadapenelitianiniadalahangketlatarbelakangpendidikanguruvariabelmelaksanakanpembelajaran.Analisisdatamelaluipengecekansajiandatapenyeleksiandanverifikasidata.DaripenelitianinidapatditariksimpulansebagaiberikutpertamadiKabupatenTulungagungtidaksemuaguruyangmengajarsenidaridisiplinilmusenihanya543%pengajarsenibudayayangberasaldaridisiplinilmusenisedangkanyangmemilikilatarbelakangpendidikanselainsenisebanyak457%yaknigurudaridisiplinilmuIPAIPSdanBAHASA.Keduatahapangurumelaksanakanpembelajaransenimateriapresiasimulaimembukapembelajaranmayoritasguruhanyamengkondisikansiswayaitu94%dari35sampeltahapmelaksanakanpembelajarannya100%gurumenunjukkankaryaseniuntukmenjelaskancaramengapresiasikaryaserta71%yangmenginstruksikanunsurapasajasaatgurumenjelaskansebelumsiswamengapresiasidanmenutuppelajaranapresiasiyakni80%gurumenyuruhsiswamengumpulkantugasnyasaatsiswatelahmenyelesaikantugasnya.Sedangkandalamtahapanmembukapelajaranekspresi91%gurumengkondisikansiswasaatmembukapelajaran.Pelaksanaanmateriekspresi54%guruberkelilingdanmemberikanpetunjukpadasiswadan51%gurumenyuruhsiswamenggunakanalatseadanyasaatsiswatidakmembawakelengkapanberkarya.Tahappenutupyakni91%gurumemberikankesimpulandan51%gurumemberikanpenilaiandenganmembandingkanhasilkaryasiswadengansiswayanglain.