Studi tentang cara dan latar belakang pendidikan guru dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya di SMPN Kabupaten Tulungagung / Siti Kholifatul Umaami
Main Author: | Umaami, Siti Kholifatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12631/ |
Daftar Isi:
- KatakuncicaragurupembelajaransenilatarbelakangpendidikanMatapelajaransenibudayasangatmenyenangkandanmerupakanpenyeimbangsiswadalammenjalanikegiatanseharihariuntukbelajardisinilahjugatempatatauwadahuntuksetiapsiswamengekspresikandirisesuaikemauandirinyadalambidangseni.PendidikanSeniBudayadiberikandisekolahkarenasatuuntukmencapaitujuanpengajarandankeduauntukmemberikesempatanberekspreaikepadasiswa.Namunguruyangmenyampaikanmateridisekolahmemilikilatarbelakangpendidikanbervariatifsehinggahasilpembelajaranyangingindicapaibelummaksimal.UntukitubagaimanacaradanlatarbelakangpendidikangurudalammelaksanakanpembelajaransenidiSMPNKabupatenTulungagung.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmencakuplatarbelakangpendidikansemuagurupengajarsenibudayadiSMPNdancaragurutersebutmelaksanakanpembelajaransenibudaya.Penelitianinimenggunakanrancangankuantitatifdeskriptifkarenadapatdigunakanuntukmendeskripsikanmencatatmenganalisissertamenginterpretasikandatadanlatarbelakangpendidikanguruvariabelmelaksanakanpembelajaran.Alatpengumpuldatayangdigunakanuntukmengumpulkandatapadapenelitianiniadalahangketlatarbelakangpendidikanguruvariabelmelaksanakanpembelajaran.Analisisdatamelaluipengecekansajiandatapenyeleksiandanverifikasidata.DaripenelitianinidapatditariksimpulansebagaiberikutpertamadiKabupatenTulungagungtidaksemuaguruyangmengajarsenidaridisiplinilmusenihanya543%pengajarsenibudayayangberasaldaridisiplinilmusenisedangkanyangmemilikilatarbelakangpendidikanselainsenisebanyak457%yaknigurudaridisiplinilmuIPAIPSdanBAHASA.Keduatahapangurumelaksanakanpembelajaransenimateriapresiasimulaimembukapembelajaranmayoritasguruhanyamengkondisikansiswayaitu94%dari35sampeltahapmelaksanakanpembelajarannya100%gurumenunjukkankaryaseniuntukmenjelaskancaramengapresiasikaryaserta71%yangmenginstruksikanunsurapasajasaatgurumenjelaskansebelumsiswamengapresiasidanmenutuppelajaranapresiasiyakni80%gurumenyuruhsiswamengumpulkantugasnyasaatsiswatelahmenyelesaikantugasnya.Sedangkandalamtahapanmembukapelajaranekspresi91%gurumengkondisikansiswasaatmembukapelajaran.Pelaksanaanmateriekspresi54%guruberkelilingdanmemberikanpetunjukpadasiswadan51%gurumenyuruhsiswamenggunakanalatseadanyasaatsiswatidakmembawakelengkapanberkarya.Tahappenutupyakni91%gurumemberikankesimpulandan51%gurumemberikanpenilaiandenganmembandingkanhasilkaryasiswadengansiswayanglain.