Penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negri 1 Pamekasan) / Dewi 'Aysi Karomatul Hasanah
Main Author: | Hasanah, Dewi 'Aysi Karomatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/126279/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHasanahD.A.K.2019.PenerapanModelPembelajaranSAVI(SomaticAuditoryVisualizationIntellectualy)padaMataPelajaranKorespondensiuntukMeningkatkanKeterampilanMenulisSuratdanHasilBelajarPesertaDidikpadaKelasXOtomatisasidanTataKelolaPerkantoranSMKNegeri1Pamekasan.Skripsi.JurusanManajemen.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AgusHermawanM.SiGradDipMgt.M.Bus.KataKunciModelPembelajaranSAVIKeterampilanHasilBelajar.BerdasarkanhasilwawancaradenganGuruMataPelajaranKorespondensidanobservasiyangdilakukanpenelitiditemukanbahwakegiatanpembelajaranmembosankandanpenerapanmodelpembelajaranyangkurangtepatuntukditerapkankepadapesertadidikkelasXOTKPdiSMKNegeri1Pamekasanmengenaimaterikorespondensi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)PenerapanmodelpembelajaranSAVI(2)PeningkatanketerampilanmenulissuratpesertadidikpadapenerapanmodelpembelajaranSAVI(3)PeningkatanhasilbelajarpesertadidikpadapenerapanmodelpembelajaranSAVIdan(4)HambatandansolusipadapenerapanmodelpembelajaranSAVI.JenispenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganobyekpenelitianadalahseluruhpesertadidikkelasXOTKPdiSMKNegeri1Pamekasan.Pengumpulandatamelalui(1)Wawancara(2)Observasi(3)TesTertulis(4)CatatanLapangandan(5)Dokumentasi.Analisisdatamelaluitigatahapanyaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusterdiridari2kalipertemuandanmencakup4tahapanutamayaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaan(3)Pengamatandan(4)Refleksi.Hasildaripenelitianiniadalah(1)PenerapanmodelpembelajaranSAVIdapatterlaksanadenganbaik(2)PenerapanmodelpembelajaranSAVIdapatmeningkatkanketerampilanmenulissuratpesertadidik.Dimanadiperolehhasilbelajarpsikomotorikpesertadidikmenunjukkanrata-ratasebesar8329padasiklusIdanmeningkatsebanyak1377sehinggarata-ratapadasiklusIImenunjukkanangka9703.SelainituketuntasanbelajarklasikalpadasiklusImenunjukkanangka75%danpadasiklusIIjugameningkatmenjadi9375%(3)PenerapanmodelpembelajaranSAVIdapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.Hasilbelajarkognitifpesertadidikmenunjukkanrata-ratasebesar8977padasiklusIdanmeningkatsebanyak006sehinggarata-ratapadasiklusIImenunjukkanangka8983.SelainituketuntasanbelajarklasikalpadasiklusImenunjukkanangka8333%danpadasiklusIIjugameningkatmenjadi100%dan(4)PenerapanmodelpembelajaranSAVImengalamibeberapahambatannamunhambatantersebuttidakmengganggujalannyakegiatanpembelajaranSarandaripenelitibagipesertadidikyaituagarmengikutikegiatanpembelajarandenganbaikbagiguruyaituagardapatmenerapkanmodelpembelajaranSAVIdanbagipenelitiselanjutnyaagardapatdapatmenerapkanmodelpembelajaranSAVIpadamatapelajaranlain.