Studi tentang pembelajaran melukis dengan memanfaatkan model wayang klasik menjadi wayang kreasi mata pelajaran seni budaya kelas IX SMP Negeri 2 Sutojayan di Kabupaten Blitar / Herman Aswindra Kosasih

Main Author: Kosasih, Herman Aswindra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12615/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajaranwayangklasikwayangkreasiBudayadimilikiolehsebuahkelompokorangyangdiwariskandarigenerasikegenerasidanselalumengalamiperkembangan.Pembelajaranmerupakansuatuupayauntukmencapaitujuandaribelajaryaituberupaperubahanpengetahuantingkahlakudansikapsiswabaiksebagianmaupunseluruhnyamelaluiserangkaianpengalamanbelajar.Prosespembelajaranmeliputitigatahapanyaitutahapperencanaantahappelaksanaandantahappenilaian.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpersiapanpenyampaianpelaksanaanhasilkaryafaktorpendukungdankendalapembelajaranmelukisdenganmemanfaatkanmodelwayangklasikmenjadiwayangkreasimatapelajaransenibudaya.Penelitianinibeerkaitandenganstandarkompetensimengapresiasikaryaseniterapandanmengekspresikandirimelaluikaryaseniterapan.Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifyangbersifatdeskriptifdenganmenggunakananalisainduktif.DilakukandikelasIXSMPNegeri2SutojayanpadabulanJanuaridanFebruari2011.Teknikyangdilakukanpenelitidalammengumpulkandatadilakukandenganwawancaradengangurusenibudayadanobservasilapangan.Wayangmerupakansalahsatuwujudkebudayaanyangbersifatfisik(material).Dalampembelajaranmelukisyangditelitiadalahaktivitasgurudalammengajarmeliputipencapaiankompetensipenerapanmetodepenggunaanmediadanpengelolaankelassedangkanuntukaktifitassiswadalambelajarsebagaihasilpengajarangurumeliputiperhatiandankinerjasiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)PersiapanpembelajaranmaterimelukisdenganmemanfaatkanmodelwayangklasikmenjadiwayangkreasisesuaidenganstandartkompetensiekspresidanapresiasikaryaseniterapandalamkurikulumKTSP2)Gurudalammelaksanakanpembelajarantelahmenciptakansuasanayangmenggairahkandanrancanganyangdinamisuntukmenatapembelajaran3)Mediapembelajaranyangdigunakandapatmemperjelaspenyajianpesandanmengirimpesandarigurukesiswasertasesuaidengankoridorkompetansidasaryangingindicapai.4)Faktorpendukungpembelajaraniniadalahkeluargakarenasiswabisamenghargaikaryabudayabangsadirinyasekolahkarenasesuaidenganvisisekolahmateriwayangkreasijugaselaludimasukandalamkalendersekolahdanmasyarakatkarenadenganpembelajarantersebutdiharapkansiswasemakinmencintaibudayabangsanya5)Adapunyangmenjadifaktorkendalaadalahpermainangameplaystationyangdimainkanolehsiswasecaraberlebihansehinggamengganggurutinitaswaktubelajar.