Penerapan model Paikem Gembrot dalam pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa terapan nusantara untuk meningkatkan proses dan hasil belajar kelas X 2 SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek semester genap 2010/2011 / Helina Fenty Ayu Ari Wiliasari

Main Author: Wiliasari, Helina Fenty Ayu Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/12608/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajaranPAIKEMGEMBROTmengapresiasiproseshasilbelajarBerdasarkanhasilobservasiawaldiSMAN1DurenandapatdiketahuikondisisiswaSMAN1Durenansangatberagam.Kondisiinimeliputiperbedaankemampuanakademikdankaraktersiswa.Kondisipembelajaranyangdilkukandenganceramahdankurangnyapenggunaanmediasertametodepembelajaranmengakibatkanterganggunyaaktifitasbelajarsiswasehinggaberpengaruhpadaprosesdanhasilbelajar.UntukitupenelitimenggunakanmodelPAIKEMGEMBROT(PembelajaranAktifInovatifKreatifMenyenangkanGembiradanBerbobot)untukmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasX-2SMAN1DurenanSemesterIIdenganjumlah40siswa.Penelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuipenerapanmodelpembelajaranPAIKEMGEMBROT(PembelajaranAktifInovatifKreatifMenyenangkanGembiradanBerbobot)dan(2)mengetahuipenerapanmodelPAIKEMGEMBROT(PembelajaranAktifInovatifKreatifMenyenangkanGembiradanBerbobot)dalammeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswa.Prosedurpengumpulandatameliputiobservasiaktivitasgurudalampembelajaranobservasiaktivitassiswadalampembelajaranpemberianpretestdanposttestyangdilaksanakansetiapawaldanakhirsiklus.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahanalisisdeskriptifkualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)penerapandalammelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaraanPAIKEMGEMBROT(PembelajaranAktifInovatifKreatifMenyenangkanGembiradanBerbobot)sudahsesuaidengankomponenyangadadalamPAIKEMGEMBROTdankomponenpembelajaran(2)prosesbelajarsiswameningkatyaitumelaluimetodeobservasipadasiklusIsebesar8521%dansiklusIImeningkatmenjadi963%.MelaluimetodeseatingchartprosesbelajarsiswasiklusIadalahsebesar55%dansiklusIImeningkatmenjadi82%.HasilbelajarsiswameningkatyaitusiklusIaspekkognitifmelaluihasilpretesdinyatakan30%tuntaspadaposttestsiklusIsebanyak95%siswatuntas.HasilpretessiklusIIadalah50%tuntasdanpadaposterstsiklusII100%tuntas.DaripenilaianportofoliopadasiklusIsebanyak80%siswatuntasdanpadasiklusII100%tuntas.Padaranahpsikomotorikmelaluiobservasihasilbelajarpsikomotoradalah8583%padasiklusIImeningkatmenjadi91156%.HasilbelajarpsikomotormelaluimetodeangketsiklusIadalah675%siswadinyatakantuntasdanpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi100%tuntasdengan37siswamendapatnilaiBdan3siswamendapatnilaiA.PadaranahafektifmelaluimetodeobservasisiklusIhasilbelajarsiswaadalah7898%.DanmeningkatpadasiklusIImenjadi87%setelahditerapkanPAIKEMGEMBROT.HasilafektifsiswamelaluiskalabertingkatadalahpadasiklusIterdapat35%siswatidaktuntasyakni14orangsiswamendapatnilaiC1orangsiswatuntasmendapatnilaiAdan25oranglainnyamendapatkannilaiBdandinyatakantuntas.PadasiklusIIkeseluruhansiswadinyatakantuntasdenganrincian75%siswamendapatnilaiAatau3orangsiswa.Sedangkan925%siswadinyatakantuntasdengannilaiB.secaraumumhasilbelajarafektifsiswamengalamipeningkatansetelahditerapkanPAIKEMGEMBROT.Denganhasilpenelitiantersebutdisimpulkanbahwaadapeningkatanpadaprosesdanhasilbelajarsiswa.UntukitudisarankanagarguruSeniBudayamenggunakanmodelPAIKEMGEMBROTuntukmeningkatkanprosesdanhasilbelajarsiswa.