Penggunaan media pembelajaran berbasis powerpoint untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar menggambar desain ragam hias batik pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tanaman-Bondowoso / Sutrisno
Main Author: | Sutrisno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12607/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediaPembelajaranBerbasisPowerPointMotivasidanPrestasiBelajarMenggambarDesainRagamHiasSMPDarihasilpengamatanterhadapmotivasidanprestasibelajarmenggambardesainragamhiasbatiksiswakelasVIIIASMPNegeri1Tamananditemukanbahwamotivasibelajardankemampuanmenggambardesainragamhiasbatikperluditingkatkan.Permasalahanyangmunculadalahsiswakurangmemilikimotivasiuntukmengikutiprosespembelajarandanmelakukanaktivitasmenggambardesainragamhiasbatik.Berdasarkanhasilrefleksiternyataakarpermasalahanterletakpadapenyampaianbahanajaryangkurangmenarik.ProsespembelajaranlebihbanyakmenggunakanmetodeceramahpenugasandandemonstrasidaripadamengaktifkanpotensibelajarsiswauntukbereksplorasisesuaidengantuntutanperkembanganpsikologissiswaSMP.Dalampenyampaianbahanajarjugatidakditunjangdenganpemanfaatanmediapembelajaranyangdapatmendekatkansiswapadakondisisebenarnyayangbersifatpraktisdansesuaidenganperkembanganteknologipembelajaran.UntukmemperbaikikondisipembelajarantersebutdigunakanmediapembelajaranberbasisPowerPoint.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarmenggambardesainragamhiasbatikpadasiswakelasVIIIASMPNegeri1TamananBondowosotahun2010-2011denganpenyampaianbahanajarmelaluimediapembelajaranberbasisPowerPointberupatayanganmateridangambar-gambar.Melaluipengamatandiharapkansiswamampumengeksplorasipotensidiridanmengembangkankreativitasdalammenggambardesainragamhiasbatik.PenggunaanmediapembelajaranbertolakdaristandarkompetensidankompetensidasarKurikulum2006untukmatapelajaranSeniBudayakelasVIII.BertolakdarianalisiskebutuhanyangditurunkandariindikatorselanjutnyadilakukanpenelitiantindakankelasmenggunakanmediapembelajaranberbasisPowerPointuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarmenggambardesainragamhiasbatik.Penelitiantindakankelasinidilakukansebanyak2siklus.Siklus1diperolehpencapaianketuntasanbelajarindividumencapai60%daripenilaianawaldenganpencapaian27%jaditerdapatpeningkatan33%.Pencapaiannilairata-ratakelas747dari523padapenilaianawaljaditerdapatpeningkatan4226%.Siklus2diperolehpencapaianketuntasanbelajarindividu100%.Terjadipeningkatan40%darisiklus1.Nilairata-ratakelasmencapai909.Terjadipeningkatan2168%darisiklus1.BerdasarkantindakantersebutdiketahuibahwapenggunaanmediapembelajaranberbasisPowerPointdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajar.PenggunaanmediapembelajaranberbasisPowerPointdalammeningkatkanmotivasidanprestasibelajarmenggambarragamhiasbatiksiswaperluditunjangdengankreativitasdalammerancangmediadanlangkah-langkahpembelajaranyangterencanadanterorganisir.Keterampilanpelaksanaanpembelajaranpenguasaanbahanajardankesungguhangurumaupunsiswadalammelaksanakanprosespembelajaransangatdiperlukanuntukmencapaitujuanyangdiharapkan.PenggunaanmediapembelajaranberbasisPowerPointdapatmeningkatkanprestasisiswadalammenggambardesainragamhiasbatik.Peningkataninitampakdarihasilpenilaianprodukmulaidaritahappersiapanprosespembuatandanhasilakhiryangmenunjukkanpeningkatanpencapaianskordalamsetiapaspeknya.