Penggunaan media pembelajaran berbasis powerpoint untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar menggambar desain ragam hias batik pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tanaman-Bondowoso / Sutrisno

Main Author: Sutrisno
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12607/
Daftar Isi:
  • KataKunciMediaPembelajaranBerbasisPowerPointMotivasidanPrestasiBelajarMenggambarDesainRagamHiasSMPDarihasilpengamatanterhadapmotivasidanprestasibelajarmenggambardesainragamhiasbatiksiswakelasVIIIASMPNegeri1Tamananditemukanbahwamotivasibelajardankemampuanmenggambardesainragamhiasbatikperluditingkatkan.Permasalahanyangmunculadalahsiswakurangmemilikimotivasiuntukmengikutiprosespembelajarandanmelakukanaktivitasmenggambardesainragamhiasbatik.Berdasarkanhasilrefleksiternyataakarpermasalahanterletakpadapenyampaianbahanajaryangkurangmenarik.ProsespembelajaranlebihbanyakmenggunakanmetodeceramahpenugasandandemonstrasidaripadamengaktifkanpotensibelajarsiswauntukbereksplorasisesuaidengantuntutanperkembanganpsikologissiswaSMP.Dalampenyampaianbahanajarjugatidakditunjangdenganpemanfaatanmediapembelajaranyangdapatmendekatkansiswapadakondisisebenarnyayangbersifatpraktisdansesuaidenganperkembanganteknologipembelajaran.UntukmemperbaikikondisipembelajarantersebutdigunakanmediapembelajaranberbasisPowerPoint.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarmenggambardesainragamhiasbatikpadasiswakelasVIIIASMPNegeri1TamananBondowosotahun2010-2011denganpenyampaianbahanajarmelaluimediapembelajaranberbasisPowerPointberupatayanganmateridangambar-gambar.Melaluipengamatandiharapkansiswamampumengeksplorasipotensidiridanmengembangkankreativitasdalammenggambardesainragamhiasbatik.PenggunaanmediapembelajaranbertolakdaristandarkompetensidankompetensidasarKurikulum2006untukmatapelajaranSeniBudayakelasVIII.BertolakdarianalisiskebutuhanyangditurunkandariindikatorselanjutnyadilakukanpenelitiantindakankelasmenggunakanmediapembelajaranberbasisPowerPointuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarmenggambardesainragamhiasbatik.Penelitiantindakankelasinidilakukansebanyak2siklus.Siklus1diperolehpencapaianketuntasanbelajarindividumencapai60%daripenilaianawaldenganpencapaian27%jaditerdapatpeningkatan33%.Pencapaiannilairata-ratakelas747dari523padapenilaianawaljaditerdapatpeningkatan4226%.Siklus2diperolehpencapaianketuntasanbelajarindividu100%.Terjadipeningkatan40%darisiklus1.Nilairata-ratakelasmencapai909.Terjadipeningkatan2168%darisiklus1.BerdasarkantindakantersebutdiketahuibahwapenggunaanmediapembelajaranberbasisPowerPointdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajar.PenggunaanmediapembelajaranberbasisPowerPointdalammeningkatkanmotivasidanprestasibelajarmenggambarragamhiasbatiksiswaperluditunjangdengankreativitasdalammerancangmediadanlangkah-langkahpembelajaranyangterencanadanterorganisir.Keterampilanpelaksanaanpembelajaranpenguasaanbahanajardankesungguhangurumaupunsiswadalammelaksanakanprosespembelajaransangatdiperlukanuntukmencapaitujuanyangdiharapkan.PenggunaanmediapembelajaranberbasisPowerPointdapatmeningkatkanprestasisiswadalammenggambardesainragamhiasbatik.Peningkataninitampakdarihasilpenilaianprodukmulaidaritahappersiapanprosespembuatandanhasilakhiryangmenunjukkanpeningkatanpencapaianskordalamsetiapaspeknya.