Peningkatan kreativitas berkarya seni kriya keramik teknik pinching dengan media audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Bondowoso / Dita Ageng Dewanti

Main Author: Dewanti, Dita Ageng
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12604/
Daftar Isi:
  • KataKunciKreativitasTeknikPinchingMediaAudio-VisualPendidikansenimerupakanwahanabermuatanedukatifdanmembangunkreativitassiswa.Kreativitassiswadapatdibangunataudipancingmelaluipengalamanlangsungrangsanganbendasenidanaudio-visualsertapengalamanpribadi.BerdasarkanPengamatanyangdilakukanpenelitidiSMPN6Bondowosokreativitassiswadalamberkaryasenikeramikbelumberkembanghanyasebagiankecilsiswayangbisamembuatkeramikdenganteknikpinching.Teknikpinchingmerupakanteknikmembentuktanahliatmenjadibendakeramikbagipemulaselainitupenggunaanmediapembelajarandalamprosespembelajaransenibudayabelumoptimal.Untukmengatasipermasalahaninimakadipilihmediaaudiovisualsebagaipenunjangdalamprosespembelajaransenikriyakeramikteknikpinching.Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaituapakahpenggunaanmediaaudio-visual(VCD)dapatmeningkatkankreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikteknikpinching.PendekatanpenelitianmenggunakanpendekatankualitatifsedangkanjenispenelitiannyayaituPenelitianTindakanKelas(PTK).Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasicatatanlapangandandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmediapembelajaranberupamediaaudiovisual(VCD)dapatmeningkatkankreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikteknikpinchingdenganketuntasanbelajarsebesar9411%dimanasebelumdilakukanPTKkentuntasansiswahanyasebesar40%.Saranyangdapatdiberikanbagiguruhendaknyamenerapkanpenggunaanmediaaudiovisual(VCD)sebagialternatifpembelajarandikelasuntukmeningkatkankreativitassiswa.Bagipenelitilainyangtertarikuntukmemperbaikiataumelanjutkanpenelitianinidisarankanagarmempunyaipersiapanyangbaikdanhendaknyamelakukanlebihdariduasiklus.