Peningkatan kreativitas berkarya seni kriya keramik teknik pinching dengan media audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Bondowoso / Dita Ageng Dewanti
Main Author: | Dewanti, Dita Ageng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12604/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKreativitasTeknikPinchingMediaAudio-VisualPendidikansenimerupakanwahanabermuatanedukatifdanmembangunkreativitassiswa.Kreativitassiswadapatdibangunataudipancingmelaluipengalamanlangsungrangsanganbendasenidanaudio-visualsertapengalamanpribadi.BerdasarkanPengamatanyangdilakukanpenelitidiSMPN6Bondowosokreativitassiswadalamberkaryasenikeramikbelumberkembanghanyasebagiankecilsiswayangbisamembuatkeramikdenganteknikpinching.Teknikpinchingmerupakanteknikmembentuktanahliatmenjadibendakeramikbagipemulaselainitupenggunaanmediapembelajarandalamprosespembelajaransenibudayabelumoptimal.Untukmengatasipermasalahaninimakadipilihmediaaudiovisualsebagaipenunjangdalamprosespembelajaransenikriyakeramikteknikpinching.Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaituapakahpenggunaanmediaaudio-visual(VCD)dapatmeningkatkankreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikteknikpinching.PendekatanpenelitianmenggunakanpendekatankualitatifsedangkanjenispenelitiannyayaituPenelitianTindakanKelas(PTK).Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasicatatanlapangandandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmediapembelajaranberupamediaaudiovisual(VCD)dapatmeningkatkankreativitassiswadalamberkaryasenikriyakeramikteknikpinchingdenganketuntasanbelajarsebesar9411%dimanasebelumdilakukanPTKkentuntasansiswahanyasebesar40%.Saranyangdapatdiberikanbagiguruhendaknyamenerapkanpenggunaanmediaaudiovisual(VCD)sebagialternatifpembelajarandikelasuntukmeningkatkankreativitassiswa.Bagipenelitilainyangtertarikuntukmemperbaikiataumelanjutkanpenelitianinidisarankanagarmempunyaipersiapanyangbaikdanhendaknyamelakukanlebihdariduasiklus.