Efetivitas penerapan metode demonstrasi disertai tugas berkarya seni kriya ukir logam pada pengajaran seni rupa siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek / Herlin Farida

Main Author: Farida, Herlin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/12599/
Daftar Isi:
  • KataKunciefektivitasmetodedemonstrasikriyaukirlogamSMATrenggalek.KemampuangurudalammemilihdanmenerapkanmetodepembelajaransenirupadiSMANegeri1Durenankurangbervariasi.Halinibisadiketahuidarimetodeyangdigunakanguruselalumenggunakanmetodekonvensionalyaituceramahyangdisertaidenganpenugasan.Dalamkegiatanekspresigurumemberikancontohkaryasenikemudianmenugaskankepadasiswauntukberkaryaberdasarkancontohkaryayangdiperagakan.Sehinggasiswacenderungmeniru.Halinidapatmengakibatkankurangnyapeluangbagisiswauntukberfikirkreatif.PadahalmenurutKTSPtujuanmatapelajaransenirupaadalahmenampilkankreatifitasmelaluisenirupa.Olehkarenanyauntukmeningkatkankreatifitassiswadalamberkaryasenirupasertameningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarsiswapenelitiinginmenerapkanmetodedemonstrasidisertaitugasberkaryasenikriyaukirlogamsertakeefektifannyadalampembelajaransenirupa.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajarandenganmetodekonvensionalprosespembelajarandenganmetodedemonstrasidisertaitugasberkaryasenikriyaukirlogamdankeefektifanpembelajaransenirupadenganmetodedemonstrasidisertaitugasberkaryasenikriyaukirlogamterhadaphasilbelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatanquasieksperimen(eksperimensemu)denganrancanganpenelitiannyaadalahOneGroupPretest-PosttestDesign(rancanganpra-pascatestdalamsatukelompok).Pengumpulandatamenggunakaninstrumenlembarobservasidantesberkaryasenikriyaukirlogamsertadokumentasiberupafotoselamaprosesbelajarmengajarberlangsung.Sedangkananalisisdatamenggunakananalisisstatistikdeskriptif.Analisisstatistikdeskriptifdalampenelitianinimenggunakannilaiterendah(nilaiminimum)nilaitertinggi(nilaimaksimum)danmean(nilairata-rata)darikemampuanawaldankemampuanakhirsiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandapatditarikkesimpulanbahwametodedemonstrasidisertaitugasberkaryaseniefektifditerapkandalampengajaransenirupa.halinidapatdibuktikandengannilaikemampuanawalsiswalebihtinggidaripadanilairata-ratakemampuanakhirsiswadenganperolehannilaiakhirsebesar8150sedangkannialaiawalnya81.36.SehinggadisarankankepadagurumatapelajaransenibudayadiSMANegeri1Durenanuntukmenerapkanmetodedemonstrasisebagaisalahsatualternatifmetodepembelajaranpadapengajaransenirupakarenahasilpenelitianinitelahmembuktikanbahwapenerapanmetodedemonstrasidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.