Efetivitas penerapan metode demonstrasi disertai tugas berkarya seni kriya ukir logam pada pengajaran seni rupa siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek / Herlin Farida
Main Author: | Farida, Herlin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12599/ |
Daftar Isi:
- KataKunciefektivitasmetodedemonstrasikriyaukirlogamSMATrenggalek.KemampuangurudalammemilihdanmenerapkanmetodepembelajaransenirupadiSMANegeri1Durenankurangbervariasi.Halinibisadiketahuidarimetodeyangdigunakanguruselalumenggunakanmetodekonvensionalyaituceramahyangdisertaidenganpenugasan.Dalamkegiatanekspresigurumemberikancontohkaryasenikemudianmenugaskankepadasiswauntukberkaryaberdasarkancontohkaryayangdiperagakan.Sehinggasiswacenderungmeniru.Halinidapatmengakibatkankurangnyapeluangbagisiswauntukberfikirkreatif.PadahalmenurutKTSPtujuanmatapelajaransenirupaadalahmenampilkankreatifitasmelaluisenirupa.Olehkarenanyauntukmeningkatkankreatifitassiswadalamberkaryasenirupasertameningkatkankualitasprosesdanhasilbelajarsiswapenelitiinginmenerapkanmetodedemonstrasidisertaitugasberkaryasenikriyaukirlogamsertakeefektifannyadalampembelajaransenirupa.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajarandenganmetodekonvensionalprosespembelajarandenganmetodedemonstrasidisertaitugasberkaryasenikriyaukirlogamdankeefektifanpembelajaransenirupadenganmetodedemonstrasidisertaitugasberkaryasenikriyaukirlogamterhadaphasilbelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatanquasieksperimen(eksperimensemu)denganrancanganpenelitiannyaadalahOneGroupPretest-PosttestDesign(rancanganpra-pascatestdalamsatukelompok).Pengumpulandatamenggunakaninstrumenlembarobservasidantesberkaryasenikriyaukirlogamsertadokumentasiberupafotoselamaprosesbelajarmengajarberlangsung.Sedangkananalisisdatamenggunakananalisisstatistikdeskriptif.Analisisstatistikdeskriptifdalampenelitianinimenggunakannilaiterendah(nilaiminimum)nilaitertinggi(nilaimaksimum)danmean(nilairata-rata)darikemampuanawaldankemampuanakhirsiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandapatditarikkesimpulanbahwametodedemonstrasidisertaitugasberkaryaseniefektifditerapkandalampengajaransenirupa.halinidapatdibuktikandengannilaikemampuanawalsiswalebihtinggidaripadanilairata-ratakemampuanakhirsiswadenganperolehannilaiakhirsebesar8150sedangkannialaiawalnya81.36.SehinggadisarankankepadagurumatapelajaransenibudayadiSMANegeri1Durenanuntukmenerapkanmetodedemonstrasisebagaisalahsatualternatifmetodepembelajaranpadapengajaransenirupakarenahasilpenelitianinitelahmembuktikanbahwapenerapanmetodedemonstrasidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.