Perancangan multimedia pembelajaran seni rupa: menggambar bentuk-bentuk kubistis dan silindris / Elly Arif Maskuri
Main Author: | Maskuri, Elly Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12598/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPerancanganMultimediaPembelajaranSeniRupaSMP/Mts.Dalampembelajarandikenalberbagaimediayangdigunakansebagaime-diapenunjangberlangsungnyakegiatanbelajarmengajar.Denganadanyamediasiswaakanlebihtertarikdantermotivasiuntukbelajar.Pemilihanmediayangte-patdapatmempengaruhikualitasprosesmaupunkualitashasilpembelajaran.AdanyabukubukuyangmembahasmengenaisenirupadiSMP/Mtssepertinyabelummampumemberikansolusipadaeraglobalisasimengenaimaterigambarbentukyanglengkapsehinggadiperlukanadanyasebuahmultimediayangmampumenampungseluruhinformasisecaralengkap(baikberupateksaudiodanvideodalamsatupaket)mengenaigambarbentukyangmenariktetapisesuaidengankurikulumyangtelahditetapkan.Makadariitudiperlukansuatuperancanganmultimediapembelajaransenirupamenggambarbentuk-bentukkubistisdansilindris.Perancanganinimenggunakanmodelproseduraldanterdeskripsilangkah-langkahkerjanya.Dalammodelperancanganinilangkah-langkahperancangandilakukansecarasistematikdanterstrukturberurutandariawalsampaidenganakhir.DatayangdipakaisebagaiacuanberupadatayangbersumberdariobservasidanwawancarasecaralangsungkepadapihakguruSeniRupadiSMPNIIPareSMPNIIPuncudankaryawantokobuku.Produkyangdihasilkanberupasebuahmultimediapembelajaransenirupamenggambarbentuk-bentukkubistisdansilindris.ProdukiniberupaCDMulti-mediadengankonsepgayadesaintecnoyangterdiridarigabunganteksgrafisaudiogambarbergerak(videodananimasi)denganmenggabungkanlinkyangmemungkinkanpemakaimelakukannavigasidaninteraksi.Softwareyangdigu-nakanAdobeFlashSwishMaxAdobePhotoshopCorelDrawPowerPointEM.PowerPointSonyVegasdanAdobeAfterEffects.UntukmendukungMul-timediapembelajaraninimakadibuatmediapendukungberupabukumanualgambarbentukkalender2011Xbannerposteriklanmajalahkatalogdanstiker.Multimediayangdihasilkaninibelumdiujicobamakadisarankanagardi-lakukanpengujianuntukdiketahuikeefektifannya.Multimediainidapatdiguna-kanuntukbelajarsecaramandiri.Tema-temaisiMultimediainididesainsecaraberurutanuntukitudisarankanpenggunaannyamempelajarinyasecaraberurutan.