Peningkatan kemampuan menggambar bentuk melalui model learning cycle pada kelas VIII E SMPN 1 Wringin - Bondowoso / Iswanto
Main Author: | Iswanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12583/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKemampuanmenggambarbentukModelLearningCycleSMP.Pengamatanterhadapkaryagambarbentuksiswa-siswikelasVIIIESMPN1Wringin-Bondowosomenunjukkanbahwakemampuanmenggambarbentuksiswa-siswimasihperluditingkatkan.Akarpermasalahanterletakpadaprosespembelajaranyanglebihbanyakmenggunakanmetodeceramahdemonstrasidanpenugasanpenilaianlebihmengutamakanhasilakhirtanpamengamatimulaidaritahappersiapandanprosespembuatan.Akibatnyaadalahkemampuanmenggambarbentuksiswa-siswitidakmaksimaldanhasilkaryamenggambarbentukjugatidakmaksimal.KondisiiniperludiperbaikidenganmenerapkanmodelLearningCycle.Masalahyangdirumuskandalampeneletianiniyaitu(1)BagaimanapenerapanmodelLearningCyclesebagaiupayameningkatkankemampuanmenggambarbentuksiswa-siswikelasVIIIESMPNegeri1WringinBondowoso(2)SejauhmanapenerapanmodelLearningCycledapatmeningkatkankemampuanmenggambarbentuksiswa-siswikelasVIIIESMPNegeri1WringinBondowoso.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanmenggambarbentuksiswa-siswikelasVIIIESMPN1Wringin-BondowosomelaluimodelLearningCycle.UntukitudirancangmodelLearningCyclemelaluiPenelitianTindakanKelasterdiridari4tahapanyaitu(1)Perencanaan(planning)meliputipenyusunanRPPLKSMediaPembelajaranInstrumenPenelitian(2)Tindakan(acting)denganmenerapkanmodelLearningCycleyangterdiridarifaseIdentificationEngagementExplorationExplainationElaborationdanEvaluation(3)Pengamatan(observing)dilakukanbekerjasamadenganobserveruntukmengamatiaktivitasguruaktivitassiswapenilaianprodukdanwawancaradengansiswa-siswidan(4)Refleksi(reflecting)denganmelakukananalisadaninterpretasiterhadaphasilobservasipenilaianprodukdanwawancara.Hasilrefleksidigunakanuntukpertimbanganperbaikanpembelajaranpadasiklusberikutnyahinggaterjadipeningkatankemampuanmenggambarbentuksiswa-siswikelasVIIIESMPN1WringinBondowosodenganmencapaiketuntasanbelajarmenggambarbentuksecaraindividudanklasikal.Hasilpenelitianmenunjukkanpeningkatankemampuanmenggambarbentuksiswa-siswikelasVIIIESMPN1Wringin-BondowosomelaluimodelLearningCycle.PeningkatanitudiketahuidarihasilpenilaianprodukmenggambarbentuktiapsiklusdandibandingkandengansiklusberikutnyahinggamencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM).KriteriaKetuntasanMinimal(KKM)untukmatapelajaranSeniBudayadiSMPNegeri1wringinyaituKKMindividuditentukan65danKKMkelasditentukan75.Setelahsiswa-siswimengikutipembelajaranmenggambarbentukmelaluimodelLearningCycleketuntasanindividudari27%padaprasiklusmeningkat315%menjadi585%padasiklus1danmeningkat415%padasiklus2yangberartisudahmencapaiketuntasanindividu100%.Nilairata-ratakelaspadaprasiklusyaitu552menjadi741padasiklus1.Terjadipeningkatandariprasikluskesiklus1yaitusebesar3403%.Nilairata-ratakelaspadasiklus2yaitu816.Terjadipeningkatandarisiklus1kesiklus2yaitusebesar1028%.Jadipeningkatandariprasikluskesiklus2yaitusebesar4430%.PenerapanmodelLearningCyclemenuntutguruMataPelajaranSeniBudayamemilikiketrampilanpembelajaranyangbaikpenguasaanbahanajarkreativitasdalammerancanglangkah-langkahpembelajaranyangterencanadanterorganisirsertamenuntutkesungguhangurudalammelaksanakanprosespembelajaranhendaknyadipandangsebagaisebuahtantanganprofesionalismeguruuntukselaluberkembangdalammelayanipendidikananak-anakbangsa.