Usaha guru memotivasi siswa kelas VII dalam pembelajaran menggambar bentuk di SMP Negeri 1 Blitar / Mayang Anggrian

Main Author: Anggrian, Mayang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12579/
Daftar Isi:
  • KataKunciUsahaGuruMotivasiMenggambarbentukSMPPenguasaanmenggambaradalahlangkahpertamadalamprosesartistikuntukmenujukeketerampilanmenggambaryanglebihkompleksdalampembelajaransenirupamakamaterimenggambarbentukharusterlebihdahuludikuasaisiswa.NamunmaterimenggambarbentukkurangdiminatiolehsebagianbesarsiswakelasVIIdibeberapaSMPNegerikotaBlitar.Dalamrangkamensukseskanhasilbelajarsiswagurumemegangperananuntukmenciptakankondisiyangmengarahkansiswapadaaktivitasbelajaryangbermakna.Namunbukanhanyaguruyangberperanpentinguntukmencapaitujuantersebutmotivasisiswamemainkanperananyangberartidalamprosespembelajaran.Sebabdenganadanyamotivasisiswaakanberusahamempelajarisesuatudenganoptimal.Olehsebabitubagaimanagurumelakukanusaha-usahauntukmenumbuhkandanmemberimotivasiagarsiswaterpacumelakukanaktivitasbelajardenganbaikmenjadidoronganpenelitiuntukmelakukanpenelitianini.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanusahagurudisekolahtersebutdalammemotivasibelajarsiswapadapembelajaranmenggambarbentuk.Usahatersebutditinjaudarirencanadanmetodepembelajaranmediasertaevaluasiyangdigunakanolehguru.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdengansumberdataberupagurusenirupadiSMPNegeri1BlitardengansampelpendukungseluruhsiswakelasVIIyangmengikutipembelajaranSeniRupa.Instrumenyangdigunakanadalahlembarwawancaralembarobservasisertaangkettanggapansiswa.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwausahagurudariaspekrencanadanmetodepembelajaranmenggunakanperangkatajardenganpendekatanCTLdanmemanfaatkanmetodekaryaciptaterarah(mencontohgelasgucivasbungadanlain-laindenganarahanguru).Sedangkandariaspekmediagurumenggunakanbendadancontohgambardiwhiteboardsebagaimodel.Lebihlanjutevaluasiyangdigunakanolehguruberupaevaluasiotentikujiprosesdanproduk.Usahagurudalamaspek-aspektersebuttelahmampumemacumotivasibelajarsebagianbesarsiswakelasVIIdiSMPNegeri1Blitar.Sebanyak72%siswatelahtuntasbelajarsedangkanangkettanggapansiswamenunjukkanresponyangbaikatasusaha-usahayangtelahdilakukanolehgurudalammeningkatkanmotivasibelajarsiswa.PenelitimenyarankankepadaguruuntukmerencanakanusahamemotivasisiswamenggunakanmetodepembelajaranCTLmelakukanmonitoringpembelajaranmengggunakanmediacontohyangriilsertamelakukanevaluasiotentikujiprosesdanproduk.Kepadasiswadisarankanagarmemahamitujuanpembelajarandanmengkaitkandengankondisiriildalamkehidupansehari-hariagardapatmeningkatkansemangatdalambelajar.Kepadapenelitiselanjutnyadisarankanagarmelakukanpenelitianserupadenganpendekatandanmetodeyangberbeda.