Usaha guru memotivasi siswa kelas VII dalam pembelajaran menggambar bentuk di SMP Negeri 1 Blitar / Mayang Anggrian
Main Author: | Anggrian, Mayang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12579/ |
Daftar Isi:
- KataKunciUsahaGuruMotivasiMenggambarbentukSMPPenguasaanmenggambaradalahlangkahpertamadalamprosesartistikuntukmenujukeketerampilanmenggambaryanglebihkompleksdalampembelajaransenirupamakamaterimenggambarbentukharusterlebihdahuludikuasaisiswa.NamunmaterimenggambarbentukkurangdiminatiolehsebagianbesarsiswakelasVIIdibeberapaSMPNegerikotaBlitar.Dalamrangkamensukseskanhasilbelajarsiswagurumemegangperananuntukmenciptakankondisiyangmengarahkansiswapadaaktivitasbelajaryangbermakna.Namunbukanhanyaguruyangberperanpentinguntukmencapaitujuantersebutmotivasisiswamemainkanperananyangberartidalamprosespembelajaran.Sebabdenganadanyamotivasisiswaakanberusahamempelajarisesuatudenganoptimal.Olehsebabitubagaimanagurumelakukanusaha-usahauntukmenumbuhkandanmemberimotivasiagarsiswaterpacumelakukanaktivitasbelajardenganbaikmenjadidoronganpenelitiuntukmelakukanpenelitianini.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanusahagurudisekolahtersebutdalammemotivasibelajarsiswapadapembelajaranmenggambarbentuk.Usahatersebutditinjaudarirencanadanmetodepembelajaranmediasertaevaluasiyangdigunakanolehguru.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdengansumberdataberupagurusenirupadiSMPNegeri1BlitardengansampelpendukungseluruhsiswakelasVIIyangmengikutipembelajaranSeniRupa.Instrumenyangdigunakanadalahlembarwawancaralembarobservasisertaangkettanggapansiswa.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwausahagurudariaspekrencanadanmetodepembelajaranmenggunakanperangkatajardenganpendekatanCTLdanmemanfaatkanmetodekaryaciptaterarah(mencontohgelasgucivasbungadanlain-laindenganarahanguru).Sedangkandariaspekmediagurumenggunakanbendadancontohgambardiwhiteboardsebagaimodel.Lebihlanjutevaluasiyangdigunakanolehguruberupaevaluasiotentikujiprosesdanproduk.Usahagurudalamaspek-aspektersebuttelahmampumemacumotivasibelajarsebagianbesarsiswakelasVIIdiSMPNegeri1Blitar.Sebanyak72%siswatelahtuntasbelajarsedangkanangkettanggapansiswamenunjukkanresponyangbaikatasusaha-usahayangtelahdilakukanolehgurudalammeningkatkanmotivasibelajarsiswa.PenelitimenyarankankepadaguruuntukmerencanakanusahamemotivasisiswamenggunakanmetodepembelajaranCTLmelakukanmonitoringpembelajaranmengggunakanmediacontohyangriilsertamelakukanevaluasiotentikujiprosesdanproduk.Kepadasiswadisarankanagarmemahamitujuanpembelajarandanmengkaitkandengankondisiriildalamkehidupansehari-hariagardapatmeningkatkansemangatdalambelajar.Kepadapenelitiselanjutnyadisarankanagarmelakukanpenelitianserupadenganpendekatandanmetodeyangberbeda.