Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk buku paket digital untuk mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Hendrik Kiswanto

Main Author: Kiswanto, Hendrik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12570/
Daftar Isi:
  • KatakuncipengembanganmediapembelajaranbukupaketdigitalSeniBudayaSeniRupa.Perkembanganteknologiyangbegitupesattelahmenciptakanberbagaimediapembelajaranbaruyangdianggaplebihmenunjangprosespembelajaran.Salahsatuhalyangmenunjangprosespembelajaranadalahadanyasumberbelajaryangmendukung.SenirupasebagaisalahsatubidangdalammatapelajaranSeniBudayamemilikiperanansendiridalammengembangkansensitivitasdankretivitasperlumediayanglebihmendukunguntukmencapaitujuanpembelajaranyangdiharapkan.DalamobservasiyangdilakukandiSMPNegeri01MalangditemukanbahwaterdapatmasalahkurangnyapemahamansiswadaripenjelasanguruSeniBudayakarenametodeyangdigunakanmasihterbataspadametodekonvensionalyakniceramah.Perihalpenggunaanmediapembelajaranpunmasihterbataspadacontoh-contohgambarsertabahanajaryangdikembangkansendiriolehguruSeniBudaya.OlehkarenaitugunameningkatkankualitaspembelajaranmakadiupayakanmengembangkansebuahmediayangdapatmembantupesertadidikuntukdapatmemahamiesensimateriSeniBudayabidangSeniRupa.Pengembanganinidilaksanakandengantujuanmengembangkandanmenghasilkansuaturancanganmediapembelajarandalambentukbukupaketdigitalsebagaisumberbelajardiujicobakankeefektifanprototype-nyauntuksiswakelasVIIIdalammatapelajaranSeniBudayabidangSeniRupadiSMPNegeri01Malang.ModelpengembanganyangdigunakanadalahmodelpengembanganhasiladaptasidarimodelpengembanganmilikSadiman.SubjekujicobamediapembelajaraniniadalahseorangahlimediapembelajaranselakuvalidatormediaseorangahlimateriyaitugurumatapelajaranSeniBudayadiSMPNegeri01MalangdanrespondenyangterdiridarisiswakelasVIIIyangdipilihsecaraacak.Instrumendalampenelitianpengembanganiniadalahformatpenilaianberupaangket.HasilpengembanganmediapembelajaraniniberupasatukepingCDberisibukupaketdigitalyangmemuatmatapelajaranSeniBudayabidangSeniRupacakupansemestersatu.Hasilujicobaprodukdalampengembanganmediainiberupadatakuantitatifdenganprosentaseahlimediamencapaitingkatkevalidan91%ahlimaterimencapaitingkatkevalidan97%danujikelompokkecilmencapaitingkatkevalidan95%.BerdasarkanhasilpengembanganmediapembelajaraninidapatdisarankanuntukdimanfaatkansecaramaksimalbaikolehsiswadanguruSeniBudayaterkaitdanuntukpengembangselanjutnyaagarmemaksimalkanesensimateridaripadavisualisasimediademimenghindariefekredudansiagartujuanpembelajarandapatdicapai.