Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk buku paket digital untuk mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Hendrik Kiswanto
Main Author: | Kiswanto, Hendrik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12570/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipengembanganmediapembelajaranbukupaketdigitalSeniBudayaSeniRupa.Perkembanganteknologiyangbegitupesattelahmenciptakanberbagaimediapembelajaranbaruyangdianggaplebihmenunjangprosespembelajaran.Salahsatuhalyangmenunjangprosespembelajaranadalahadanyasumberbelajaryangmendukung.SenirupasebagaisalahsatubidangdalammatapelajaranSeniBudayamemilikiperanansendiridalammengembangkansensitivitasdankretivitasperlumediayanglebihmendukunguntukmencapaitujuanpembelajaranyangdiharapkan.DalamobservasiyangdilakukandiSMPNegeri01MalangditemukanbahwaterdapatmasalahkurangnyapemahamansiswadaripenjelasanguruSeniBudayakarenametodeyangdigunakanmasihterbataspadametodekonvensionalyakniceramah.Perihalpenggunaanmediapembelajaranpunmasihterbataspadacontoh-contohgambarsertabahanajaryangdikembangkansendiriolehguruSeniBudaya.OlehkarenaitugunameningkatkankualitaspembelajaranmakadiupayakanmengembangkansebuahmediayangdapatmembantupesertadidikuntukdapatmemahamiesensimateriSeniBudayabidangSeniRupa.Pengembanganinidilaksanakandengantujuanmengembangkandanmenghasilkansuaturancanganmediapembelajarandalambentukbukupaketdigitalsebagaisumberbelajardiujicobakankeefektifanprototype-nyauntuksiswakelasVIIIdalammatapelajaranSeniBudayabidangSeniRupadiSMPNegeri01Malang.ModelpengembanganyangdigunakanadalahmodelpengembanganhasiladaptasidarimodelpengembanganmilikSadiman.SubjekujicobamediapembelajaraniniadalahseorangahlimediapembelajaranselakuvalidatormediaseorangahlimateriyaitugurumatapelajaranSeniBudayadiSMPNegeri01MalangdanrespondenyangterdiridarisiswakelasVIIIyangdipilihsecaraacak.Instrumendalampenelitianpengembanganiniadalahformatpenilaianberupaangket.HasilpengembanganmediapembelajaraniniberupasatukepingCDberisibukupaketdigitalyangmemuatmatapelajaranSeniBudayabidangSeniRupacakupansemestersatu.Hasilujicobaprodukdalampengembanganmediainiberupadatakuantitatifdenganprosentaseahlimediamencapaitingkatkevalidan91%ahlimaterimencapaitingkatkevalidan97%danujikelompokkecilmencapaitingkatkevalidan95%.BerdasarkanhasilpengembanganmediapembelajaraninidapatdisarankanuntukdimanfaatkansecaramaksimalbaikolehsiswadanguruSeniBudayaterkaitdanuntukpengembangselanjutnyaagarmemaksimalkanesensimateridaripadavisualisasimediademimenghindariefekredudansiagartujuanpembelajarandapatdicapai.