Peningkatan motivasi dan hasil belajar menggambar bentuk siswa kelas VII-B SMP Negeri I Tutur Kabupaten Pasuruan melalui pembelajaran kontekstual berbasis multikultural / Danang Anjar Hymawanto
Main Author: | Hymawanto, Danang Anjar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12561/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHymawantoDanangAnjar.2010.PeningkatanMotivasidanHasilBelajarMenggambarBentukSiswaKelasVII-BSMPNegeriITuturKabupatenPasuruanMelaluiPembelajaranKontekstualBerbasisMultikultural.Skripsi.ProgramStudiS1PendidikanSeniRupaJurusanSeniDanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IriajiM.Pd(II)Drs.EkoBudiWinarnoKataKunciMotivasiHasilBelajarMenggambarBentukPembelajaranKontekstualPendekatanMultikultural.PenelitiantindakankelasinidilakukandiSMPNegeriITuturKabupatenPasuruan.DarihasilwawancaradengangurusenibudayaditemukanbahwaparasiswabelumpernahdiajarkanmenggambarbentuksecaralangsungbelumpernahmendapatkanpengalamanbelajardarilingkunganmerekasendirimotivasidanhasilbelajarsiswadalampelajaranSeniBudayamasihkurang.TujuanpenelitianiniadalahdenganpembelajarankontekstualberbasismultikulturaldapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarmenggambarbentuksiswakelasVII-BSMPNegeriITuturKecamatanTuturKabupatenPasuruanTahunAjaran2009/2010.PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas(PTK)dengan2siklus.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-BSMPNegeriITuturKabupatenPasuruandenganjumlah36siswa.SetiapsiklusterdiridariPerencanaanPelaksanaanPengamatan/ObservasidanRefleksi.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahLembarPenilaianMotivasiSiswaTesUnjukKerjaAngketTanggapanSiswaLembarKetepatanGuruWawancaraCatatanLapangandandokumentasi.Hasil-hasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)HasilBelajarpadatiapsiklusterjadipeningkatanyaitunilairata-ratakelasSiklusImencapai6858dengansiswayangtuntasbelajar19siswaatau5277%.SiklusIInilairata-ratakelasmencapai78siswayangmengalamituntasbelajarsebanyak30siswaatau8333%.(2)MotivasibelajarterjadipeningkatanpadaSiklusIaspekkeaktifanskoryangdiperolehadalah13dari20skormaksimaldenganpresentase65%dengannilaiB(aspekkeaktifanbaik).Aspekkeseriusansiswadalamkegiatanbelajarskoryangdiperoleh24dari35skormaksimaldenganpresentase6857%dengannilaiB(aspekkeseriusanbaik).Dariaspekkeceriaanskoryangdiperolehadalah8dari10skormaksimaldenganpresentase80%dengannilaiA(aspekkeceriaansangatbaik).PadaSiklusIIaspekkeaktifanskoryangdiperolehadalah17dari20skormaksimaldenganpresentase85%dengannilaiA(aspekkeaktifansangatbaik).Dariaspekkeseriusanskoryangdiperolehadalah29dari35skormaksimaldenganpresentase8285%dengannilaiA(aspekkeseriusansangatbaik).Dariaspekkeceriaanskoryangdiperolehadalah9dariskormaksimal10skordenganpresentase90%dengannilaiA(aspekkeceriaansangatbaik).Sarandalampenelitiantindakankelasiniadalahdenganmenggunakanpembelajarankontekstualberbasismultikulturaldapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswadalammenggambarbentuk.