Peningkatan kemampuan menggambar bentuk silindris melalui pendekatan cooperative learning model examples kelas VII B SMP Negeri 18 Malang / Sodikin
Main Author: | Sodikin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12555/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSodikin.2009.PeningkatanKemampuanMenggambarBentukSilindrismelaluiPendekatanCooperativeLearningModelExamplesNonExamplesKelasVIIBdiSMPNegeri18Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Drs.IriajiM.Pd.(II)Drs.EkoBudiWinarno.KatakunciMenggambarBentukSilindrisCooperativeLearningExamplesNonExamplesSMP.PenelitianinidilaksanakandenganpertimbanganbahwakemampuansiswaSMPNegeri18Malangdalamkegiatanmenggambarbentuksilindrismasihtergolongrendah.Rendahnyakemampuantersebutterlihatdarihasilgambarsiswapadapembelajaransebelumnyabelummaksimalyangdisebabkanolehsiswayangsebagianbesarbelummemahamimateridanlangkah-langkahmenggambarbentuksilindrisdenganbaik.OlehkarenaituberdasarkanhasilrefleksidandiskusidengangurusejenisterhadapkondisitersebutpemberianpengetahuandenganpemberianmaterigambarbentuksilindrismelaluipendekatancooperativelearningmodelexamplesnonexamplesdiharapkandapatmeningkatkankemampuanmenggambarpadasiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.Pendekatanpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanmelaluitahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Instrumenyangdigunakanialahlembaranalisisaktivitassiswalembarpenilaianunjukkerjalembarpenilaianprodukkaryadanlembarwawancarasiswa.PengumpulandatanyameliputiteknikPengamatan/observasiteknikWawancaradanteknikDokumentasi.DengansubyekpenelitiansiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.Hasildalampenelitianiniadalahbahwamelaluipendekatancooperativelearningmodelpembelajaranexamplesnonexamplesdalamprosespembelajarandapat(1)meningkatkanpemahamantentanggambarbentuksilindrispadasiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.HalinidapatdilihatdarihasilbelajarsiswapadasiklusIIyangmengalamipeningkatandaripelaksanaansiklusI(2)meningkatkanaktifitasmenggambarbentuksilindrispadasiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.HalinidapatdilihatdarihasilobservasipadapadasiklusIIyangmengalamipeningkatandarisiklusI(3)meningkatkankemampuanmenggambarbentuksilindrispadasiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.HalinidapatdilihatdarigambarsiswapadasiklusIIyangmengalamipeningkatandaripelaksanaansiklusI.Peningkatankemampuansiswamenggambarbentuksilindrissebesar788poinatau1196%dankenaikanjumlahsiswabelajartuntassebesar11siswaatau4231%.Temuandalampenelitianiniadalahbahwamelaluipendekatancooperativelearningmodelpembelajaranexamplesnonexamplesdalamprosespembelajarandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadalammenggambarbentuksilindris.Sebagaiimplikasinyasebaiknyaperludilakukanupayapeningkatanprestasibelajarsenirupapadasiswamelaluipendekatancooperativelearningmodelpembelajaranexamplesnonexamples.DengandemikianmelauipendekatancooperativelearningmodelpembelajaranexamplesnonexamplesakanmendorongterciptanyakondisipembelajaranPAIKEM(PraktisAktifInovatifKreatifEfektifdanMenyenangkan).