Peningkatan kemampuan menggambar bentuk silindris melalui pendekatan cooperative learning model examples kelas VII B SMP Negeri 18 Malang / Sodikin

Main Author: Sodikin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12555/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSodikin.2009.PeningkatanKemampuanMenggambarBentukSilindrismelaluiPendekatanCooperativeLearningModelExamplesNonExamplesKelasVIIBdiSMPNegeri18Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Drs.IriajiM.Pd.(II)Drs.EkoBudiWinarno.KatakunciMenggambarBentukSilindrisCooperativeLearningExamplesNonExamplesSMP.PenelitianinidilaksanakandenganpertimbanganbahwakemampuansiswaSMPNegeri18Malangdalamkegiatanmenggambarbentuksilindrismasihtergolongrendah.Rendahnyakemampuantersebutterlihatdarihasilgambarsiswapadapembelajaransebelumnyabelummaksimalyangdisebabkanolehsiswayangsebagianbesarbelummemahamimateridanlangkah-langkahmenggambarbentuksilindrisdenganbaik.OlehkarenaituberdasarkanhasilrefleksidandiskusidengangurusejenisterhadapkondisitersebutpemberianpengetahuandenganpemberianmaterigambarbentuksilindrismelaluipendekatancooperativelearningmodelexamplesnonexamplesdiharapkandapatmeningkatkankemampuanmenggambarpadasiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.Pendekatanpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanmelaluitahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Instrumenyangdigunakanialahlembaranalisisaktivitassiswalembarpenilaianunjukkerjalembarpenilaianprodukkaryadanlembarwawancarasiswa.PengumpulandatanyameliputiteknikPengamatan/observasiteknikWawancaradanteknikDokumentasi.DengansubyekpenelitiansiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.Hasildalampenelitianiniadalahbahwamelaluipendekatancooperativelearningmodelpembelajaranexamplesnonexamplesdalamprosespembelajarandapat(1)meningkatkanpemahamantentanggambarbentuksilindrispadasiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.HalinidapatdilihatdarihasilbelajarsiswapadasiklusIIyangmengalamipeningkatandaripelaksanaansiklusI(2)meningkatkanaktifitasmenggambarbentuksilindrispadasiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.HalinidapatdilihatdarihasilobservasipadapadasiklusIIyangmengalamipeningkatandarisiklusI(3)meningkatkankemampuanmenggambarbentuksilindrispadasiswakelasVIIBSMPNegeri18Malang.HalinidapatdilihatdarigambarsiswapadasiklusIIyangmengalamipeningkatandaripelaksanaansiklusI.Peningkatankemampuansiswamenggambarbentuksilindrissebesar788poinatau1196%dankenaikanjumlahsiswabelajartuntassebesar11siswaatau4231%.Temuandalampenelitianiniadalahbahwamelaluipendekatancooperativelearningmodelpembelajaranexamplesnonexamplesdalamprosespembelajarandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadalammenggambarbentuksilindris.Sebagaiimplikasinyasebaiknyaperludilakukanupayapeningkatanprestasibelajarsenirupapadasiswamelaluipendekatancooperativelearningmodelpembelajaranexamplesnonexamples.DengandemikianmelauipendekatancooperativelearningmodelpembelajaranexamplesnonexamplesakanmendorongterciptanyakondisipembelajaranPAIKEM(PraktisAktifInovatifKreatifEfektifdanMenyenangkan).