Peningkatan kemampuan berkarya seni rupa melalui seni grafis metode cetak tinggi pada siswa kelas VIII D SMP negeri 1 Binangun Blitar / Eko Wiyono

Main Author: Wiyono, Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12549/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWiyonoEko.2009.PeningkatanKemampuanBerkaryaSeniRupamelaluiSeniGrafisMetodeCetakTinggipadaSiswaKelasVIIIDSMPNegeri1BinangunBlitar.SkripsiProgramStudiPendidikanSeniRupaJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TjitjikSriwardhaniM.Pd(II)M.AbdulRahmanS.SnM.SnKatakunciKemampuanSeniGrafisMetodeCetakTinggiSMP.PembelajaranSeniBudayadalampelajaranSeniRupaberfungsiuntukmengembangkankemampuanapresiatifkreativitasdansensitivitasestetiksiswa.UntukmengembangkankemampuantersebutdalampembelajaranSeniRupasalahsatunyasiswabelajarberkaryaSeniGrafis.HaltersebutdigunakanuntukmemberikankebebasansiswadalamberekspresimelaluiMetodeCetakTinggiyangdiharapkanakanmembantusiswamengembangkankemampuanteknikdanprosesberkaryaSeniGrafis.PenelitianinidilakukanuntukmeningkatkankemampuanberkaryaSeniRupamelaluiSeniGrafisdenganMetodeCetakTinggidikelasVIIIDSMPN1BinangunBlitar.PenelitianinidifokuskanpadapadakegiatanprosesSeniGrafisCetakTinggiTeknikKolaseyangmeliputibeberapatahapdiantaranya(1)membuatdesaingambar(2)membuatacuan(matriks)dan(3)prosesmencetakataureproduksikarya.PendekatanyangdigunakandalamPenelitianTindakanKelas(PTK)iniadalahpendekatankualitatif.Pendekataninidigunakankarenadatayangdikajidalampenelitianiniberupaperilakupembelajaranberlataralamiahpenelitisebagaipengumpuldatautamadatadianalisissecaradeskriptifinduktifmenekankanhasildanprosesdanhasilpenelitiandiverifikasidandikonfirmasikandenganorang-orangyangberkaitandenganhalyangditeliti.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwakemampuansiswadalamberkaryaSeniRupamelaluiSeniGrafisMetodeCetakTinggimengalamipeningkatandarisiklusIdankesiklusII.TahapmembuatdesainmengalamipeningkatandarikualifikasikurangpadatahapobservasiawalmenjadikualifikasicukuppadasiklusIdemikianjugapadatahapmembuatacuan(matriks)danmencetak.SedangkanpadasiklusIIterjadipeningkatanyangsignifikanpadatahapmembuatdesaindarikualifikasicukuppadasiklusIdisiklusIIinimenjadikualifikasibaikdemikianjugapadatahapmembuatacuan(matriks)danmencetak.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankan(1)siswadiberikebebasanmemilihobjekgambarberdasarkankesepakatankelompok(2)mengamatiobjeksecaralangsunguntukmenjadimediagambarobjek(3)memberikanarahankepadasiswacaramenuangkanidegambarobjekdaripengamatanlangsung.PadasaatpembelajaranSeniBudayakhususnyaSeniGrafisguruSeniBudayadisarankanuntukmemberikanarahankepadasiswatentangbeberapahalyaitu(1)memotivasisiswadalammencermatihasilkaryatemanlain.