Pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran seni budaya sub bidang studi seni rupa di SMP Negeri 5 Malang / Ratih Padma Sari

Main Author: Sari, Ratih Padma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12545/
Daftar Isi:
  • DalamKTSPsenirupamerupakansalahsatukomponendarimatapelajaranSeniBudaya.MatapelajaranSeniBudayasubbidangstudiSeniRupabertujuanagarsiswamampumenggunakankepekaaninderawidanintelektualdalammemahamimempresentasikankeragamangagasanteknikmateridankeahlianberkaryasenirupasertaberekspresidenganberagamteknikdanmediumsenirupa.PenilaianpadamatapelajaranSeniBudayasubbidangstudiSeniRupameliputiteoridanpraktekbaikdarisegihasilmaupunproses.Padaprakteknyabaikprosedurteknikmaupunalatevaluasiyangdigunakangurusatudenganlainnyabisaberbeda.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifyanginginmengetahuibagaimanapelaksanaanevaluasihasilbelajaryangdilakukangurumatapelajaranSeniBudayasubbidangstudiSeniRupadiSMPNegeri5Malangtentangprosedurpelaksanaanevaluasisertateknikdanalatyangdigunakandalamevaluasihasilbelajar.Instrumenyangdigunakanadalahpedomanwawancaradanlembarobservasi.Analisisyangdigunakanadalahanalisisdatayaitudengancarainduksiinterpretasikonseptualisasi.Hasildaripenelitianmenunjukkanhal-halberikut(1)gurumatapelajaranSeniBudayasubbidangStudiSeniRupadiSMPN5Malangmenggunakanprosedurevaluasiyangsamahanyacarapelaksanaannyayangberbeda(2)teknikevaluasiyangdigunakanolehgurumatapelajaranSeniBudayasubbidangStudiSeniRupadiSMPN5Malangdalammengevaluasihasilbelajarmenggunakantekniktesdannontes.Teknikyangdigunakandalamevaluasihasilbelajarpadakompetensimengapresiasiantaralaintestulistesidentifikasidanobservasisedangkanteknikyangdigunakandalamevaluasihasilbelajarpadakompetensiberekspresiantaralaintestulisketerampilantespetikkerjatugasrumahproyekdanobservasi.Alatevaluasiyangdipakaiantaralainpresensisiswadanformatpenilaiandenganskalarentang.Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasanmakapenulismenyarankansebagaiberikut(1)tahapangurudalammengevaluasihasilbelajarsiswadiharapkantidakberhentisampaimemasukkannilaipadaraporsajatetapijugamemanfaatkanhasilevaluasiuntukmemotivasisiswa(2)evaluasidalambentukpraktekbaikkompetensimengapresiasimaupunberekspresidiharapkanbisaseobjektifmungkindengancaramembuatformatpengamatanpenilaianbaikskalarentangmaupundaftarcek.