Pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran seni budaya sub bidang studi seni rupa di SMP Negeri 5 Malang / Ratih Padma Sari
Main Author: | Sari, Ratih Padma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12545/ |
Daftar Isi:
- DalamKTSPsenirupamerupakansalahsatukomponendarimatapelajaranSeniBudaya.MatapelajaranSeniBudayasubbidangstudiSeniRupabertujuanagarsiswamampumenggunakankepekaaninderawidanintelektualdalammemahamimempresentasikankeragamangagasanteknikmateridankeahlianberkaryasenirupasertaberekspresidenganberagamteknikdanmediumsenirupa.PenilaianpadamatapelajaranSeniBudayasubbidangstudiSeniRupameliputiteoridanpraktekbaikdarisegihasilmaupunproses.Padaprakteknyabaikprosedurteknikmaupunalatevaluasiyangdigunakangurusatudenganlainnyabisaberbeda.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifyanginginmengetahuibagaimanapelaksanaanevaluasihasilbelajaryangdilakukangurumatapelajaranSeniBudayasubbidangstudiSeniRupadiSMPNegeri5Malangtentangprosedurpelaksanaanevaluasisertateknikdanalatyangdigunakandalamevaluasihasilbelajar.Instrumenyangdigunakanadalahpedomanwawancaradanlembarobservasi.Analisisyangdigunakanadalahanalisisdatayaitudengancarainduksiinterpretasikonseptualisasi.Hasildaripenelitianmenunjukkanhal-halberikut(1)gurumatapelajaranSeniBudayasubbidangStudiSeniRupadiSMPN5Malangmenggunakanprosedurevaluasiyangsamahanyacarapelaksanaannyayangberbeda(2)teknikevaluasiyangdigunakanolehgurumatapelajaranSeniBudayasubbidangStudiSeniRupadiSMPN5Malangdalammengevaluasihasilbelajarmenggunakantekniktesdannontes.Teknikyangdigunakandalamevaluasihasilbelajarpadakompetensimengapresiasiantaralaintestulistesidentifikasidanobservasisedangkanteknikyangdigunakandalamevaluasihasilbelajarpadakompetensiberekspresiantaralaintestulisketerampilantespetikkerjatugasrumahproyekdanobservasi.Alatevaluasiyangdipakaiantaralainpresensisiswadanformatpenilaiandenganskalarentang.Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasanmakapenulismenyarankansebagaiberikut(1)tahapangurudalammengevaluasihasilbelajarsiswadiharapkantidakberhentisampaimemasukkannilaipadaraporsajatetapijugamemanfaatkanhasilevaluasiuntukmemotivasisiswa(2)evaluasidalambentukpraktekbaikkompetensimengapresiasimaupunberekspresidiharapkanbisaseobjektifmungkindengancaramembuatformatpengamatanpenilaianbaikskalarentangmaupundaftarcek.