Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri 2 Wlingi / Nanang Nurvianto

Main Author: Nurvianto, Nanang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12527/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurviantoNanang.2008.PenerapanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)PadaMataPelajaranSeniBudayaDiSMPNegeri2Wlingi.Skripsi.ProgramStudiPendidikanSeniRupa.JurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.TjitjikSriwardhaniM.Pd(2)Drs.SumarwahyudiM.SnKatakunciPenerapanKTSPMataPelajaranSeniBudayaKTSPmerupakankurikulumbarupenyempurnaankurikulum2004(KBK)yangdisusundandilaksanakanolehmasing-masingsatuanpendidikan.TujuanKTSPinidiharapkanbisamemberikanhasilpembelajaranyanglebihbaikdaripadakurikulumsebelumnyatapipadakenyataannyabelummemberikanperubahanyangsignifikan.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanKTSPdalampembelajaranSeniBudayadiSMPNegeri2WlingiyaitumendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranSeniBudayadanfaktor-faktorpendukungdanpenghambatpenerapanKTSPdalampembelajaranSeniBudaya.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptif.Subjekberjumlah36siswadalamsatukelasdenganalasandisekolahtersebutdalamSDMtidakadaperbedaandengankatalaintidakadakelasunggulanmaupunkelasterendahgurusenibudayadankepalasekolahSMPNegeri2Wlingi.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitidaninstrumenpenunjangberupapedomanobservasiwawancaradokumendanangket.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaguruSeniBudayasecarakonseptualmampumenerapkanKTSPdalampembuatanperencanaanpembelajarannamunsecaraaplikasimasihmengalamikesulitan.SedangkanpenerapanKTSPdalampembelajaranSeniBudayaterdiridaripenerapandalammaterimetodemediadansistempenilaianatauevaluasi.Materiyangdiajarkandiambildaribukupanduanyangdigunakanolehgurudalampembelajaran.Mengenaimetodeyangdigunakanadalahberupaceramahtanyajawabdiskusidanpemberiantugas.Mediayangdigunakanberupamediacetakyaitubukupenunjanggambar-gambarseniklipingdanmediaaudiovisualyaituTVVCDalatmusik.Adapunsistempenilaianyangditerapkangurumeliputipenilaianprosesdanpenilaianhasil.Keduapenilaiantersebutmencakupaspekafektifdanpsikomotorik.Penilaianprosesdilaksanakanselamatugassedangkanpenilaianhasildilaksanakansetiapselesaitugas.FaktorpendukungpenerapanKTSPdalampembelajaranSeniBudayameliputifaktorinternaldanfaktoreksternal.FaktorinternalyaituSDMyangbermutusaranadanprasarana.SedangkanfaktoreksternaladalahadanyaMGMPdanlingkungansekolahyangkondusif.Adapunfaktorpenghambatdiantaranyamediapembelajaranyangkurangmemadailatarbelakangpendidikangurudanalokasiwaktuyangsedikit.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanagarguruSeniBudayameningkatkanstrategipembelajarandalammengajarsertamengikutiperkembanganpengetahuansenibudayamelaluiberbagaimediadanpelatihandalamrangkapeningkatankualitaspembelajaranSeniBudaya.