Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri 2 Wlingi / Nanang Nurvianto
Main Author: | Nurvianto, Nanang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12527/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurviantoNanang.2008.PenerapanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)PadaMataPelajaranSeniBudayaDiSMPNegeri2Wlingi.Skripsi.ProgramStudiPendidikanSeniRupa.JurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.TjitjikSriwardhaniM.Pd(2)Drs.SumarwahyudiM.SnKatakunciPenerapanKTSPMataPelajaranSeniBudayaKTSPmerupakankurikulumbarupenyempurnaankurikulum2004(KBK)yangdisusundandilaksanakanolehmasing-masingsatuanpendidikan.TujuanKTSPinidiharapkanbisamemberikanhasilpembelajaranyanglebihbaikdaripadakurikulumsebelumnyatapipadakenyataannyabelummemberikanperubahanyangsignifikan.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanKTSPdalampembelajaranSeniBudayadiSMPNegeri2WlingiyaitumendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranSeniBudayadanfaktor-faktorpendukungdanpenghambatpenerapanKTSPdalampembelajaranSeniBudaya.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangandeskriptif.Subjekberjumlah36siswadalamsatukelasdenganalasandisekolahtersebutdalamSDMtidakadaperbedaandengankatalaintidakadakelasunggulanmaupunkelasterendahgurusenibudayadankepalasekolahSMPNegeri2Wlingi.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitidaninstrumenpenunjangberupapedomanobservasiwawancaradokumendanangket.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaguruSeniBudayasecarakonseptualmampumenerapkanKTSPdalampembuatanperencanaanpembelajarannamunsecaraaplikasimasihmengalamikesulitan.SedangkanpenerapanKTSPdalampembelajaranSeniBudayaterdiridaripenerapandalammaterimetodemediadansistempenilaianatauevaluasi.Materiyangdiajarkandiambildaribukupanduanyangdigunakanolehgurudalampembelajaran.Mengenaimetodeyangdigunakanadalahberupaceramahtanyajawabdiskusidanpemberiantugas.Mediayangdigunakanberupamediacetakyaitubukupenunjanggambar-gambarseniklipingdanmediaaudiovisualyaituTVVCDalatmusik.Adapunsistempenilaianyangditerapkangurumeliputipenilaianprosesdanpenilaianhasil.Keduapenilaiantersebutmencakupaspekafektifdanpsikomotorik.Penilaianprosesdilaksanakanselamatugassedangkanpenilaianhasildilaksanakansetiapselesaitugas.FaktorpendukungpenerapanKTSPdalampembelajaranSeniBudayameliputifaktorinternaldanfaktoreksternal.FaktorinternalyaituSDMyangbermutusaranadanprasarana.SedangkanfaktoreksternaladalahadanyaMGMPdanlingkungansekolahyangkondusif.Adapunfaktorpenghambatdiantaranyamediapembelajaranyangkurangmemadailatarbelakangpendidikangurudanalokasiwaktuyangsedikit.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanagarguruSeniBudayameningkatkanstrategipembelajarandalammengajarsertamengikutiperkembanganpengetahuansenibudayamelaluiberbagaimediadanpelatihandalamrangkapeningkatankualitaspembelajaranSeniBudaya.