Pelaksanaan kurikulum KTSP mata pelajaran seni budaya seni rupa di SMP Negeri Kabupaten Kediri / Nugroho Hadi Ichda Saputra
Main Author: | Saputra, Nugroho Hadi Ichda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12510/ |
Daftar Isi:
- PerubahankurikulumdariKBKmenjadiKTSPmerupakanpermasalahanyangdihadapiolehsekolah.SejauhinidinasKabupatenKedirisejaktahun2007/2008menghimbauagarsemuaSMPNmelaksanakankurikulumKTSPsehinggaguru-guruSeniBudayaSeniRupamenghadapiberbagaipermasalahandalampelaksanaannya.Penelitianinibertujuanmengetahui1)pelaksanaankurikulumKTSPmatapelajaranSeniBudayasenirupaditinjaudariaspekpersiapanpelaksanaandanevaluasi2)apasajakahyangmenjadipermasalahandalampelaksanaankurikulumKTSPmapelSeniBudayasenirupadiSMPNegeriKabupatenKediri.Penelitianinidilaksanakansejaktanggal17november-22desember2007denganrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatifdenganpopulasiSMPNKabupatenKediridansampelditentukansebanyaksepuluhsekolah(10guru)secaraClusterRandomSampling.Teknikpengumpulandatanyamelaluiobservasiwawancaraangketdengananalisisdatanyaprosentase.Darihasilpenelitianinidiperoleh1a)Dalamhalpersiapanpembelajarantercatathampirsemua(80-90%)gurutelahmembuatProtaPromesSilabusdanRPPsebagaiacuankegiatanpengajarannya.1b)padapelaksanaanprosespembelajaranhampirsemua(90%)gurumenyatakanbahwamateridapatselesaitepatwaktudalampenyampaianmateri70%gurumempergunakanmediavisualuntukmetodeyangseringdipergunakanguruadalahmetodedemonstrasi(90%)pemberiantugas(70%)danceramahberselingkombinasitanyajawab(60%).Strategipembelajaran90%gurumembimbingsiswasetahapdemisetahapdan60%gurujugamenggunakanmetodepemberianpermasalahanuntukdipecahkan.1c)penilaianyangdipergunakanadalah100%tesperbuatandan70%gurumenggunakantestulis.2a)faktorpenghambat(1)50%gurumenyatakansumberpustakakurangmemadai2b)faktorpendukungpembelajaran70%gurumenyatakanbahwamediabelajarcukupmemadaiuntukkegiatanpembelajarandariangketsertahasilwawancaradenganparagurubahwagurumapelSeniBudayaSeniRupatelahmemilikikompetensiyangsesuaidenganbidangstudiyangdiajarkan70%kondisisiswamerupakankondisiyangmendukungkegiatanpembelajaran70%kepalasekolahtelahmemilikikemampuanketerampilanyangsesuaidanmendukungprogramimplementasiKTSP85%gurumenyatakanbahwamasyarakatmendukungprosespelaksanaanpembelajaran.Bagigurudisarankan1)intruspeksitentangmasalahpembelajaranyangtelahdilakukanmeningkatkanpembelajaranyangtelahdilakukan.Khususnyapenggunaanmetodepembelajaranyangtepatvariasimediastrategidanpenilaian2)sudahselayaknyadanseharusnyagurumelaksanakanberbagaimacamstrategidalampembelajaran(sesuaimateri)agarpembelajaranitubervariatifdanberkembangsertamampumengajakataumerangsangsiswamenjadilebihkritis3)disarankankepadaguruuntuklebihmemahamidanmeningkatkanprofesibidangkeguruannyasehinggameningkatkankualitasmengajarnya4)Sudahseharusnyagurubersediamembukadiriterhadapsetiapperubahanyangadasebagaimisaltentangperubahankurikulumselainitujugamaumempelajarimemahamidanmelaksanakanapa-apayangakanditawarkanpadatiapperubahan.Untuksekolahdisaran1)Sekolahsebagailembagamampumelakukanadaptasiterhadapperubahanyangadademimenumbuhkankemajuanpadapendidikan2)Sekolahharusmampumenjadipenerimaaspirasiyangbaikdarimasyarakatdanmampumemahaminyasebagaibagianpentingdalampenentukeberhasilanpembelajaran3)Seluruhanggotakomponensekolahharusmampumelaksanakankerjasamademitercapainyasuasanakondusifbelajar(birokrasisekolahyangdewasadanmandirikompakdansehattransparanterencanadalamprogramproduktif)Bagijurusansenidandesain1)Sebagailembagapendidikanyangmempersiapkandanmencetakpendidik(calonguru)yangprofesionaldansiapditerjunkanhendaknyadapatmembekalimahasiswannyadenganpengetahuantentangmetodologipengajaransenisecarabenardantepat(sempurna)danuntuksaranbagisiswadiantaranyaadalah1)Siswadisarankanuntukmempersiapkandiriterlebihdahuluuntukmemulaiprosesbelajar2)DiharapkansiswamampumenyamakanpandanganterhadappentingnyamempelajariilmulaindiluarmapelilmuExactuntukkelangsunganbelajaryangmengarahpadakesempurnaankecakapanhidup(lifeskill).