Penerapan metode tari bambu (bamboo dancing) untuk melatih keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Linggar Ambar Pramesti

Main Author: Pramesti, Linggar Ambar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/12482/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANPramestiLinggarAmbar.2018.PenerapanMetodeTariBambu(BambooDancing)untukMelatihKeterampilanMenulisBahasaMandarinSiswaKelasXISMANegeri6Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanBahasaMandarinJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RosyidahM.Pd.KataKuncitaribambu(bamboodancing)keterampilanmenulisbahasaMandarinTujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikanpenerapanmetodetaribambu(bamboodancing)untukmelatihketerampilanmenulisbahasaMandarinpadasiswakelasXISMANegeri6Malangdan(2)untukmendeskripsikanhasiltulisansiswasetelahdilatihmenulismenggunakanmetodetaribambu(bamboodancing).Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif.Datadalampenelitianinidiperolehdarihasilobservasiberupaaktivitassiswadalamkegiatanpembelajaranketerampilanmenulisdenganmenggunakanmetodetaribambu(bamboodancing)danhasiltulisansiswa.SumberdatadalampenelitianiniadalahsiswakelasXISMANegeri6Malangyangberjumlah18orang.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmenerapkanmetodetaribambu(bamboodancing)siswamenjadilebihaktifdansemangatdalammenulis.SelainituhasiltulisansiswamenunjukkanbahwasiswadapatmembuatkaranganberbahasaMandarindenganbaik.Siswadapatmenyusunparagrafyangpadudanruntutsertasesuaiketentuan.Meskipundemikianmasihterdapatbeberapakesalahanyangdilakukansiswayaitupadapenggunaangramatikatandabacadanpenulisan2772123383hnz.Haltersebutmembuathasiltulisansiswamenjadikurangmaksimal.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwametodetaribambu(bamboodancing)dapatditerapkandalampembelajaranmenulisbahasaMandarin.Metodeinidapatmembantusiswadalammengumpulkanidedaninformasiyangdigunakansebagaibahanutamadalammenulis.SelainitusiswajugamenjadilebihaktifdalammengikutikegiatanpembelajaranbahasaMandarin.