Penerapan media permainan Teka-teki Silang (TTS) untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 6 Malang / Putri Herwin Esterina

Main Author: Esterina, Putri Herwin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/122892/
Daftar Isi:
  • RINGKASANPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmediapermainanTeka-TekiSilang(TTS)untukpembelajarankosakatabahasaMandarinkelasXILintasMinatSMAN6MalangdanuntukmengetahuiresponsiswaterhadapmediapermainanTTS.MateriyangdigunakandalampenelitianiniterkaitdengantemaIdentitasDiri.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniyaitumetodedeskriptifkualitatif.DatadalampenelitianiniberupahasilpengamatanyangdiperolehmelaluiobservasisaatpenerapanmediaTTSdatatanggapansiswayangdiperolehmelaluikuesionersiswadandatapendukungberupahasilevaluasiTTSsiswasedangkansumberdatadalampenelitianiniadalahsiswakelasXILintasMinatbahasaMandarinyangberjumlah14orang.Datatersebutdianalisissecaradeskriptifkualitatif.Ujicobadalampenerapaninidilaksanakansatukalipertemuan2x45menit.HasilpenelitiandaripenerapanmediaTTSiniadalahpenelitimenemukanterdapattigacarasiswamenghafalkankosakatabahasaMandarinyaitudengantanya-jawabdengantemansebangkumenghafalkannyadenganmenutupsalahsatukolompadatabelkosakatadanmenutuptabelkosakatalalumenuliskannyakembalipadabukulatihan.Namunjikadilihatdarihasilnilaiyangdiperolehsiswamerekaterlihatsudahhafalkosakatayangdiberikankarena11siswasudahmencapainilaidiatasKKM.BerdasarkanhasildariresponsiswadapatdisimpulkanbahwapenerapanmediapermainanTTSmenyenangkanserudanmenantangsehinggasecaratidaklangsungsiswadapatbelajaruntukmenghafalkankosakatabahasaMandarin.