Penerapan media permainan Teka-teki Silang (TTS) untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 6 Malang / Putri Herwin Esterina
Main Author: | Esterina, Putri Herwin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/122892/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmediapermainanTeka-TekiSilang(TTS)untukpembelajarankosakatabahasaMandarinkelasXILintasMinatSMAN6MalangdanuntukmengetahuiresponsiswaterhadapmediapermainanTTS.MateriyangdigunakandalampenelitianiniterkaitdengantemaIdentitasDiri.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniyaitumetodedeskriptifkualitatif.DatadalampenelitianiniberupahasilpengamatanyangdiperolehmelaluiobservasisaatpenerapanmediaTTSdatatanggapansiswayangdiperolehmelaluikuesionersiswadandatapendukungberupahasilevaluasiTTSsiswasedangkansumberdatadalampenelitianiniadalahsiswakelasXILintasMinatbahasaMandarinyangberjumlah14orang.Datatersebutdianalisissecaradeskriptifkualitatif.Ujicobadalampenerapaninidilaksanakansatukalipertemuan2x45menit.HasilpenelitiandaripenerapanmediaTTSiniadalahpenelitimenemukanterdapattigacarasiswamenghafalkankosakatabahasaMandarinyaitudengantanya-jawabdengantemansebangkumenghafalkannyadenganmenutupsalahsatukolompadatabelkosakatadanmenutuptabelkosakatalalumenuliskannyakembalipadabukulatihan.Namunjikadilihatdarihasilnilaiyangdiperolehsiswamerekaterlihatsudahhafalkosakatayangdiberikankarena11siswasudahmencapainilaidiatasKKM.BerdasarkanhasildariresponsiswadapatdisimpulkanbahwapenerapanmediapermainanTTSmenyenangkanserudanmenantangsehinggasecaratidaklangsungsiswadapatbelajaruntukmenghafalkankosakatabahasaMandarin.