Manajemen pendidikan dan pelatihan keahlian ganda guru SMK di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika Malang / Ukhti Rochmawati
Main Author: | Rochmawati, Ukhti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/122348/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANRochmawatiUkhti.2019.ManajemenPendidikandanPelatihanKeahlianGandaGuruSMKdiPengembangandanPemberdayaanPendidikdanTenagaKependidikanBidangOtomotifdanElektronikaMalang.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AgusTimanM.Pd(II)DesiEriKusumaningrumS.PdM.PdKataKunciManajemenpendidikandanpelatihankeahliangandaManajemenpelatihandanpendidikanmerupakansebuahprosesperencanaanpengorganisasianpengevaluasianhinggapenilaianterhadapsuatukegiatanyangmempunyaitujuanagarefektifdanefisian.KegiatanmanajemendiPPPPTKBOEMalangdilakukanmulaidariperencanaanyaitukegiatananalisiskebutuhanpengorganisasianpelaksanaanprogramdiklatkeahliangandahinggaevaluasiyangterdiridaritigabentukuntukmengevaluasipelaksanaantermasukpesertapengajarataunarasumberhinggapenyelenggara.Programkeahliangandabertujuanuntukmengatasipermasalahanyangadapadaguruyaitukurangnyajammengajargurudenganmemberikankeahlianbarudiluarkeahlianyangdimiliki.Fokuspenelitianiniadalah(1)PerencanaandiklatguruSMKdiPPPPTKBOEMalang(2)PengorganisasiandiklatguruSMKdiPPPPTKBOEMalang(3)PelaksanaandiklatguruSMKdiPPPPTKBOEMalangdan(4)EvaluasidiklatguruSMKdiPPPPTKBOEMalang.Penelitianinidilakukanmenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitianstudikasusuntukmemperolehdatadeskriptifsecaraalamiahkomperhensifdanintensif.Teknikpengumpulandatamelaluiwawancaraobservasidandokumentasi.DalampengumpulandatapenelitiberperansebagaikeyinstrumentdanSeksiPenyelenggarabagianPenyusunKebutuhanPenyelenggaraanDiklatsebagaikeyinforman.Analisisdatadilakukanselamadilapangandansetelahselesaidilapangan.Secarainteraktifkegiatananalisisdatainidilakukandenganserangkaianprosesreduksidatadatadisplaydankemudiandilakukanpenarikankesimpulan.Setelahdiperolehnyadatapenelitiandilakukanpengecekankeabsahandatamelaluitriangulasipengecekananggota(membercheck)perpanjanganwaktupengamatandankecukupanbahanreferensi.Hasilpenelitianini(1)perencanaandiklatguruSMKdiPPPPTKBOEMalangdiawalidengananalisiskebutuhankemudiandibuatProgramKeahlianGandainidenganlangkahawalyaitumembuatanggaranyangdibuatolehSeksiperencanaanbagianpenganggarankebutuhan.DanayangdiperolehdaripemerintahdikarenakanProgramKeahlianGandatermasukprogramgivingdanlembagapelaksanateknismemetakanmenjadisatuanbiayasesuaidenganaturandankebijakanyangdibuatolehMenteriKeuangan.KemudianmelakukanrekrutmencalonpesertapelatihanyangdilakukanolehDirektoratjenderalGurudanTenagaKependidikankemudianpemilihanpesertadiserahkanpadamasing-masingsekolahdiverifikasiolehDinasPendidikanKabupaten/KotadandatapesertadilimpahkanpadaseksiDAIyangadadiPPPPTKBOEMalang.SetelahitupembuatanproposaldibuatolehseksiprogramyangmengacupadajurnalteknispedomanpelaksanaanProgramKeahlianGanda(2)pengorganisasianpelatihankeahliangandadiPPPPTKBOEMalangmelibatkanbeberapasusunanunitkerjayangberadadibawahDitjenGTKyangterdiridaritimdaerahdantimpusat.DitjenGTKmempunyaiperandalampembuatanprogramyangakandilaksanakansesuaidengananalisiskebutuhanguruyangdilakukanolehDinasPendidikankemudianPPPPTKBOEsebagaiUnitPelaksanaTeknis(UPT)yangmelaksanakanprogramKeahlianGandadanmeluluskanpesertanyakemudianLembagaSertifikasiProfesi(LSP)sebagailembagayangmenanganisertifikasiguruyangdinyatakanluluskeahlianbarudanLembagaPendidikTenagaKependidikan(LPTK)sebagaipelaksanaPPGgurutersebut.Pengaturanpanitiadilakukansesuaidenganpersyaratandankualifikasiyangtelahditentukandalampedomanpelaksanaan(3)pelaksanaandiklatguruSMKdiPPPPTKBOEMalangmenggunakanmodelin-on-inyangdiawalidenganpembekalannarasumberdanpesertaprogram.ProsesacarapembukaanpadapelaksanaandiklatkeahliangandadiPPPPTKBOEbertujuanuntukmemberikaninformasikembaliterkaithal-haldilaksanakan.Strategipembelajaranmenggunakanrefleksidanpendalamanmodulsertapendalamanmaterimodulkompetensikeahlianpraktikkerjaindustripenguatandanujikompetensikeahlian.Modelpembelajaranyangdigunakandalampelaksanaandiklatadalahdenganmenerapkanpendekatanpendidikanorangdewasa(andragogi).Pembelajarandikelasmenggunakanpembelajaranmodelkombinasidenganpelaksaanteoriyanglebihsedikitdanbanyakmelakukanpraktekdan(4)evaluasipelaksanaandiklatguruSMKdiPPPPTKBOEMalangterdiridari3bentukpengevaluasianyangterdiridarievaluasipesertaevaluasinarasumberataupengajardanevaluasipenyelenggaraataupanitia.Penilaianuntukpesertaterdiridariduamacamyaitupenilaiantesdannon-tes.Penilaiantesmerupakanpenilaianpre-testdanpost-testyangdilakukansecaraonlinesedangkanpenilaiannontesmeliputiaspekyangdinilaiadalahaspeksikapdanketerampilan.Sarandalampenelitianiniyaitu(1)KepalaPusatPPPPTKBOEMalanghasilpenelitiandapatmenjadimasukanuntukmengembangkanlembaganyaterutamadalampenyelenggaranmanajemenpendidikandanpelatihanagarsupayaberjalanlebihefektifdanefisien(2)KepalaBidangProgramdanInformasiPPPPTKBOEMalangdiharapkanmampumemberikanmasukanagardalammelaksanakanbisamenyiapkanbahandanalatpraktikyanglebihbaikagarprosespelaksanaandiklatbisaterlaksanadenganmaksimal(3)KepalaSeksiBagianPPPPTKBOEMalangdiharapkanmampumenjadibahanacuanuntukmeningkatkankoordinasiyanglebihkompakantarseksibagianuntukmencapaitujuanprogrampelatihanyangdiadakanlebihbaik(4)KetuaJurusanAdministrasiPendidikanhasilpenelitiandiharapkandapatmenjadibahanpertimbanganuntukmenambahpengetahuandanmengembangkanilmupadabidangmanajemenpendidikandanpelatihansertamenjalinrelasiyanglebihbanyakdenganpihaklain(5)penelitilaindapatdijadikansebagaisumberrujukanataubahanreferensiuntukdikembangkanpadapenelitianselanjutnyayangterkaitdenganmanajemenpendidikandanpelatihan.