Hubungan keefektifan pembinaan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang / Mutya Alfarina

Main Author: Alfarina, Mutya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/122340/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAlfarinaMutya.2019.HubunganKeefektifanPembinaandanPengembanganKeprofesianBerkelanjutan(PKB)denganKinerjaGurudalamPembelajaranSMKNdiKotaMalang.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Dra.DjumDjumNoorBentyM.Pd.(II)DesiEriKusumaningrumS.Pd.M.Pd.KataKuncipembinaanpengembangankeprofesianberkelanjutankinerjagurudalampembelajaranGuruyangberkualitasmemberikanandilyangbesarterhadapmutupendidikankhususnyadiIndonesia.Olehsebabitukemampuandankeahlianyangdimilikiguruharusterusmenerusdibinadandikembangkandalamhaliniinstitusipemerintahdansatuanpendidikanharusikutandil.Kinerjayangoptimalmerupakanbuktinyatadariseorangguruyangprofesional.Dalammemenuhikewajibandanmenjalankantugas-tugasprofesionalyangdiwujudkandalambentukkinerjagurudituntutuntukmelakukansuatuprosespenumbuhandanpengembanganprofesinya.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahui(1)tingkatkeefektifankegiatanpembinaanguruSMKNdiKotaMalang(2)tingkatkeefektifankegiatanpengembanganprofesiguruberkelanjutanSMKNdiKotaMalang(3)tingkatkinerjagurudalampembelajaranSMKNdiKotaMalang(4)hubunganantarakeefektifanpembinaandankinerjagurudalampembelajaraanSMKNdiKotaMalang(5)hubunganantarapengembangankeprofesianberkelanjutandankinerjagurudalampembelajaranSMKNdiKotaMalangdan(6)hubungankeefektifanpembinaandanpengembangankeprofesianberkelanjutandengankinerjagurudalampembelajaranSMKNdiKotaMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitianbersifatdeskriptifkorelasional.TeknikpengumpulandatayangdigunakanadalahangketdenganpopulasiguruPNSSMKNdiKotaMalang.Pengambilansampelmenggunakanteknikproportionalrandomsamplingyaitupengambilansampelsecaraacakditiappopulasidenganproporsiyangsama.Daridatayangtelahadasebanyak5buahSMKNdiKotaMalang.Teknikpengumpulandatapadapenelitianinidenganmenggunakanangkettertutup.Analisisdatadalampenelitianini(1)Analisisdeskripsidata(2)AnalisisKorelasiProductMomentPearsondan(3)AnalisisKorelasiBerganda.Berdasarkanhasilanalisisdatayangdilakukandiperolehenamkesimpulanhasilpenelitianyangmeliputi(1)tingkatkeefektifanpembinaanguruSMKNdiKotaMalangmasukdalamtingkatankategorisedang.Tidaksemuagurumengikutisemuajenispembinaanyangadadalammetodepembinaan.Guruhanyamelakukanjenisataumetodepembinaansesuaikebutuhan.(2)tingkatkeefektifanpengembangankeprofesianberkelanjutan(PKB)guruSMKNdiKotaMalangmasukdalamtingkatankategorirendah.DalamhalinisebagianbesarguruPNStidakataubelummelakukanunsurkegiatanpengembangankeprofesianberkelanjutanyangmeliputipengembangandiripublikasiilmiahdankaryainovatif(3)tingkatkinerjagurudalampembelajaranSMKNdiKotaMalangmasukdalamtingkatankategoritinggi.Berartisebagianbesargurutelahmelakukanpembelajarandenganbaikyaknimencakupperencanaanpembelajaranpelaksanaanpembelajarandanpenilaian/evaluasipembelajaran.Dalamkegiatanpelaksanaanpembelajaranjugaharusmemuatpendahuluanisidanpenutup.PengukurankinerjagurudilakukanmelaluiPenilaianKinerjaGuru(PKG)(4)tidakadahubunganyangsignifikanantarakeefektifanpembinaandengankinerjaguruSMKNdiKotaMalang.Dapatdikatakanbahwapembinaanguruselamainibelumsecarakomprehensifmemperhatikanfaktor-faktoryangberkaitandengankinerjatermasukdalampembelajaran(5)adahubunganrendahantarapengembangankeprofesianberkelanjutan(PKB)dengankinerjagurudalampembelajaranSMKNdiKotaMalang.Berartibahwapengembangankeprofesianberkelanjutanberkaitandanberhubungankinerjagurudalampembelajaran.Akantetapiguruhanyamengikutikegiatanyangterkandungdalamunsurpengembangankeprofesianberkelanjutansesuaikebutuhansajadan(6)adahubungansangatrendahkeefektifanpembinaandanpengembangankeprofesianberkelanjutan(PKB)dengankinerjagurudalampembelajaran.Haliniberartimenunjukkanbahwapembinaandanpengembangankeprofesianberkelanjutanadaketerkaitandengankinerjagurudalampembelajaran.Kegiatanpembinaandanpengembangankeprofesianberkelanjutandilakukanolehguru.Saranpenelitianiniditujukanbagi(1)kepalaSMKNdiKotaMalanghasildaripenelitianinidapatdijadikansebagaibahanreferensiuntuklebihmemperhatikansertadapatmeningkatkankegiatanpembinaangurumelaluisupervisi(2)guruSMKNdiKotaMalanghasildaripenelitianinidapatdijadikansebagaisumberreferensidanmotivasiuntukterusmengikutikegiatanpembinaanbaikyangdilakukankepalasekolahmaupunpengawassertakegiatanpengembangandirisesuaikebijakanpemerintahdalammeningkatkankemampuandankinerjayangoptimal(3)ketuaJurusanAdministrasiPendidikanyaitusebagaimasukanmaupungambaranbahwapembinaandanpengembangankeprofesianberkelanjutanyangdilakukangurudisekolahbelumdilakukansecaraefektif(4)bagipenelitilainsebagaibahanrujukandalamsebuahpenelitiannamundalampenelitianyangditinjaudarisudutpandangyangberbeda.Sepertihalnyasuatukegiatanpembinaanyangefektifapakahakanmempengaruhitingkatkinerjaguruyangtinggi.