Manajemen sumber belajar untuk pembelajaran integrasi vocational & enterpreneur skills di SMK Negeri 3 Malang / Penni Desti Arini
Main Author: | Arini, Penni Desti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/122334/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAriniPenniDesti.2019.ManajemenSumberBelajaruntukPembelajaranIntegrasiVocationalEntrepreneurSkillsdiSMKNegeri3Malang.Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.NurulUlfatinM.Pd(II)WildanZulkarnainM.Pd.KataKuncimanajemensumberbelajarvocationalskillentrepreneurskillSumberbelajarmerupakanhalyangterpentinguntukpesertadidikdalammencapaipembelajarannyamakapengelolaansumberbelajarjugaharusdiperhatikandalamhalmengoptimalkankegiatanpembelajaranpesertadidik.Selainitusuatusumberbelajarjugaharusdapatmemberikanpengalamanpembelajaranyangbermaknauntukmeningkatkanpesertadidikdalammemahamisuatumateripembelajarandenganmemberikanmerekabeberapaketerampilanuntukmenjadisuatubekalpengalaman.Fokuspenelitiandaripenelitianiniadalah(1)Jenisvocationalskillapayangadadalampembelajaran(2)Jenisentrepreneurskillapayangadadalampembelajaran(3)Bagaimanaintegrasivocationalentrepreneurskillsdidalampembelajaranmatapelajaranproduktif(4)Manajemensumberbelajaruntukpembelajaranvocationalentrepreneurskillsyangmeliputi(a)planning(merencanakansumberbelajarnya)(b)actuating(pemanfaatandanpemeliharaansumberbelajar)(c)evaluasidanpenghapusansumberbelajar(d)pengembangansumberbelajarbaru.Penelitianinidilakukanmelaluipendekatankualitatifdenganmenggunakanjenispenelitianstudikasusuntukmemperolehdatadeskriptifsecaraalamiahkomprehensifdanintensif.Kehadiranpenelitisebagaiinstrumenkunciyangmemilikiperanpentingkarenapenelitiyangmelihatdanmerasakankondisisecaralangsung.Teknikpengumpulandatadilakukanmelaluiwawancaraobservasidandokumentasi.Analisisdatadilakukanselamadilapangandansetelahselesaidilapangan.Secarainteraktifkegiatananalisisdatainidilakukandenganserangkaianprosesreduksidatadanpenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Setelahdiperolehnyadatapenelitiandilakukanpengecekankeabsahandatamelaluitriangulasiketekunanpengamatandanperpanjanganwaktu.Hasilpenelitianinimenunjukkan(1)vocationalskillyangdiberikankepadapesertadidikyaituketerampilandasardanketerampilankhususketerampilandasardiberikansaatpesertadidikmulaikelassepuluhdengandasar-dasarteoripengetahuanselanjutnyauntukketerampilankhususyaitupesertadidikmelakukanbanyakkegiatanpraktikyangdapatmembinapesertadidikuntukmengembangkansoftskilldanakanmenyiapkanbekalpesertadidikpadaduniakerja(2)penerapanentrepreneurskillpadapembelajaranpesertadidikyaitumembinapesertadidikseolah-olahmenjadiseorangwirausahauntukjurusantatabogakhususnyakelaswirausahasetelahmerekamendapatmateripembelajarandanmempraktikkannyadiTrainingKitchenmakamerekaharusmenjualprodukyangtelahmerekabuat(3)adanyavocationalskillmakapesertadidikakansiapbersainghidupdenganmenyiapkandiripadaduniakerjajikamerekalulusnantiselanjutnyadenganadanyaentrepreneurskillyaitumengembangkanminatdanpengetahuanpesertadidikberkaitandenganduniawirausaha.Denganditerapkankeduaskilltersebutselainsiapdenganduniakerjamakapesertadidikdapatberpikirinovatifdankreatifuntukmembuatprodukyangbarudandapatmenjadiwirausahawan(4)Manajemensumberbelajaryangterdapatdisekolahantaralain(a)perencanaanintegrasisumberbelajarperencanaaninisekolahyaitudenganmerevisikurikulumsebelumnyaselainitupenerapanvocationaldanentrepreneurskillstidakdibubuhkankedalamkurikulumsecaratertulismelainkanlangsungditerapkansaatpembelajaranberlangsung(b)pemanfaatansumberbelajarpemanfaatantelahdimanfaatkanolehparagurudanpesertadidik.Pemanfaatansumberbelajarbagiguruyaitudenganmenggunakansebagaievaluasisejauhmanapemahamanpesertadidikdalampembelajarandanpemanfaatanbagipesertadidikyaitumerekadapatbelajarsecaramandiridandapatmengolahdanmenggaliinformasidenganbaikpemeliharaansumberbelajarpemeliharaanyangdilakukansekolahyaitusecararutindanberkala.Pemeliharaansecararutinyaitupesertadidikmaupunanggotaunitproduksimembersihkanalatmaupunruangansetelahdigunakansedangkaperawatansecaraberkaladilakukanpadaalat-alatyangadadiTechnoparkyangmembutuhkanpengecekansecararutinperawataninidilakukansecaraduabulansekali(c)evaluasidanpenghapusansumberbelajarevaluasiyangdilakukansekolahyaitudenganmencaridatayangakuratapakahsumberbelajartersebutsudahdipergunakandenganbaikatautidaktepatatautidakdalamdigunakanpesertadidikuntukpembelajaran.Jikadirasakurangmakapihaksekolahakanmemperbaikinya.Kegiatanpenghapusansumberbelajaryangdilakukansekolahyaitusudahsesuaidenganperundang-undanganyangberlaku(d)pengembangansumberbelajarpengembangansumberbelajaryangbarulangkahlangkahyangdilakukanyaitumerancangkonseppengajuandianggarkankemudiandirealisasikan.Selanjutnyagurujugamelakukanbenchmarkingdengansekolahlain.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutpenelitimemberisaran(1)KepalaSMKNegeri3Malangagardapatmengembangkansumber-sumberbelajaryangtelahadauntukmengingkatkanpembelajaransecaraoptimaldankegiatanevaluasilebihditingkatkankarenadapatmenjaditolakukurkebehasilanpembelajaranpesertadidik(2)Akademisijurusanadministrasipendidikanmengembangkanvocationalskillagarmenciptakanlulusanyangsiapkerjadanmemahamimengenaiduniakewirausahaan(3)Penelitilainsebagaireferensimengenaisumberbelajaruntukpembelajaranintegrasipembelajaranvocationaldanentrepreneurskillssertadapatmelanjutkanpenelitianyangberkaitandenganpembelajaranmodeltersebut.