penerapan metode PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice, Evaluate) dalam pembelajaran menyimak bahasa jerman kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang / Maria Leny Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Maria Leny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/12041/
Daftar Isi:
  • PratiwiMariaLeny.2016.PenerapanMetodePORPE(PREDICTORGANIZEREHEARSEPRACTICEEVALUATE)dalamPembelajaranMenyimakBahasaJermanKelasXIBahasaSMAN1Lawang.SkripsiJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingM.KharisS.Pd.M.Hum.KataKunciMetodePORPEPembelajaranMenyimakTujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapandanhasilpenerapanmetodePORPEdalampembelajaranmenyimakkelasXIBahasaSMAN1Lawang.Penelitianinitergolongpadapenelitiandeskriptifkualitatif.SumberdatapenelitianiniadalahsiswakelasXIBahasadiSMAN1Lawang.Datapenelitianiniadalahhasilobservasikuisionerwawancaradantes.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmetodePORPEterlaksanasesuaiRPPyangtelahdisusunpeneliti.SiswaterlibataktifdalamsetiaptahapmetodePORPEyaitupadafasePredictOrganizeRehearsePracticedanEvaluate.BerdasarkanhasilnilaiMindMapdankarangansiswayangtelahdikonversikandalambentukpredikatdapatdiketahuibahwasebagianbesarsiswadapatmemahamiisibahansimakan.Penerapanmetodeinimembutuhkanwaktu3jampelajaran(3x45menit).Olehkarenaituguruharusmemperhatikanalokasiwaktuagartujuanpembelajaranmenyimakdapattercapaidenganmaksimaldanprosespembelajarandapatterlaksanasecaraefisien.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwametodePORPEdapatmembantusiswadalampembelajaranmenyimakyaituuntuklebihmudahmemperolehinformasidanmemahamiisimaupunpesanyangterdapatdalambahansimakan.OlehkarenaitumetodePORPEdapatmenjadisalahsatumetodealternatifdalampembelajaranmenyimakbahasaJerman.