penerapan metode PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice, Evaluate) dalam pembelajaran menyimak bahasa jerman kelas XI Bahasa SMAN 1 Lawang / Maria Leny Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Maria Leny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12041/ |
Daftar Isi:
- PratiwiMariaLeny.2016.PenerapanMetodePORPE(PREDICTORGANIZEREHEARSEPRACTICEEVALUATE)dalamPembelajaranMenyimakBahasaJermanKelasXIBahasaSMAN1Lawang.SkripsiJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingM.KharisS.Pd.M.Hum.KataKunciMetodePORPEPembelajaranMenyimakTujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapandanhasilpenerapanmetodePORPEdalampembelajaranmenyimakkelasXIBahasaSMAN1Lawang.Penelitianinitergolongpadapenelitiandeskriptifkualitatif.SumberdatapenelitianiniadalahsiswakelasXIBahasadiSMAN1Lawang.Datapenelitianiniadalahhasilobservasikuisionerwawancaradantes.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmetodePORPEterlaksanasesuaiRPPyangtelahdisusunpeneliti.SiswaterlibataktifdalamsetiaptahapmetodePORPEyaitupadafasePredictOrganizeRehearsePracticedanEvaluate.BerdasarkanhasilnilaiMindMapdankarangansiswayangtelahdikonversikandalambentukpredikatdapatdiketahuibahwasebagianbesarsiswadapatmemahamiisibahansimakan.Penerapanmetodeinimembutuhkanwaktu3jampelajaran(3x45menit).Olehkarenaituguruharusmemperhatikanalokasiwaktuagartujuanpembelajaranmenyimakdapattercapaidenganmaksimaldanprosespembelajarandapatterlaksanasecaraefisien.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwametodePORPEdapatmembantusiswadalampembelajaranmenyimakyaituuntuklebihmudahmemperolehinformasidanmemahamiisimaupunpesanyangterdapatdalambahansimakan.OlehkarenaitumetodePORPEdapatmenjadisalahsatumetodealternatifdalampembelajaranmenyimakbahasaJerman.