Analisis interferensi gramatikal Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jerman tulis mahasiswa jurusan Sastra Jerman angkatan 2009 Universitas Negeri Malang / Lis Setyowati
Main Author: | Setyowati, Lis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/11989/ |
Daftar Isi:
- Interferensimerupakanpenyebabtimbulnyakesalahandalampembelajaranbahasaasingbaiksecaralisanmaupuntulisan.DalampembelajaranbahasaJermanjugamasihbanyakditemuiadanyainterferensikhususnyadalambahasatulis.HalitudapatdiketahuidariTagebuchmahasiswaangkatan2006.BanyakkesalahanyangditemukandalamTagebuchmahasiswaakibatinterferensibahasaIndonesia.Interferensigramatikaladalahmasuknyakaidah-kaidahgramatikabahasaIndonesiakedalambahasaJermanyangmenimbulkangangguanpemakaianbahasaJermantulis.Interferensigramatikalmeliputiduaaspekyaitumorfologidansintaksis.Kajianpenelitianinimeliputiurutankatapenanggalanpredikatdanpenambahanpreposisiyangmerupakanbagiandariaspeksintaksis.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentuk-bentukinterferensigramatikalbahasaIndonesiakedalambahasaJermantulismahasiswaJurusanSastraJermanAngkatan2006UniversitasNegeriMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdengansubjekpenelitianmahasiswaangkatan2006yangmengikutimatakuliahAufsatzIyangberjumlah17orang.SumberdatayangdigunakanadalahTagebuchmahasiswayangditulisselamasatusemester.Datadikumpulkandarikalimat-kalimatdalamTagebuchmahasiswayangterinterferensibahasaIndonesiakemudianselanjutnyadianalisis.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwainterferensigramatikalbahasaIndonesiakedalambahasaJermanmunculpadaurutankatapenanggalanpredikatdanpenambahanpreposisi.Interferensiurutankataditandaidenganadanyakesalahanpeletakankatakerjayangmasihbanyakdibuatolehmahasiswa.Interferensipenanggalanpredikatditandaidengantidakhadirnyapredikatpadasebuahkalimatyangtidakbanyakdibuatmahasiswa.Interferensipenambahanpreposisiditandaidenganadanyatambahanpreposisipadakalimatyangdibuatmahasiswayanghanyasedikitditemukan.InterferensigramatikaltersebutterjadikarenamahasiswatidakmengetahuistrukturgramatikalbahasaJermandenganbaikolehkarenaitumasihcenderungmemakaistrukturbahasaIndonesiayangsudahmerekakuasai.