Peningkatan kemampuan mengenakan baju melalui penggunaan teknik modelling bagi anak tunagrahita di SLB B-C Kepanjen / Andini Ayu Ansar Saputri

Main Author: Saputri, Andini Ayu Ansar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/119811/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAyuAndini.2019.PeningkatanKemampuanMengenakanBajuMelaluiPenggunaanTeknikModellingBagiAnakTunagrahitadiSLBB-CKepanjen.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AbdulHudaM.Pd(2)SopingiS.SosM.Pd.KataKunciTeknikmodellingKemampuanBinaDiriMengenakanBajuTunagrahitaadalahkeadaanketerbelakanganmentalkeadaaninidikenaljugasebagaireterdasimental(mentalretardation).AnaktunagrahitamempunyaiIQdibawahrata-rataanaknormalpadaumumnyasehinggamenyebabkanfungsikecerdasandanintelektualmerekatergangguyangmenyebabkanpermasalahn-permasalanlainnyayangmunculpadamasaperkembangannya.Salahsatupermasalahanadalahrendahnyakemampuanbinadirimengenakanbajusecaramandiri.Dalammengembangkankemampuandiperlukanmetodeatauteknikpembelajaran.Salahsatunyaadalahteknikmodelling.Teknikmodellingadalahadalahsalahsatupendekatanpembelajaranyangefektifuntukmengembnagkanbinadiri.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mendeskripsikankemampuansiswatunagrahitadalammengenakanbajusebelumdiberikanintervensiteknikmodeling.(2)mendeskripiskankemampuansiswatunagrahitadalammengenakanbajusetelahdiberikanintervensiberupateknikmodeling.(3)mendeskripiskanpengaruhteknikmodellingterhadappeningkatankemampuanmengenakanbajuanaktunagrahita.MetodepenelitianinimenggunakanmetodeeksperimendengandengansubjektunggalatauSingleSubjectResearch(SSR)dengandesainA-B-A.SubjekpenelitianadalahsatusiswatunagrahitasedangberjeniskelaminperempuandanberadaditingkatsekolahdasardiSLBB-CKepanjen.Instrumenyangdigunakanadalahobservasidenganmenggunakanlembarpengamatandengankriteriayangtelahditentukan.Analisisdatayangdilakukandenganmenggunakananalisisdalamkondisidananalisisantarkondisi.Hasilpenelitianiniadalah(1)padakondisinibaseline(A1)anakmasihbelummampumelakukankegiatanmengenakanbajusecaramandiri.(2)padakondisiIntervensiyaitusetelahdiberikannyaintervensiberupateknikmodellingdenganpenelitisebagaimodelkemampuananakdalamkegiatanmengenakanbajumengalamipeningkatanyangsignifikan.(3)padakondisibaseline(A2)anakdisudahmampumelakukankegiatanmengenakanbajusecaramandiritanpaadanyaIntervensisamasekalipeningkataninicukupsignifikanjikadilihatdarikemampuanawalanak.Kesimpulandaripenelitianiniadalahterdapatpengaruhpenerapanteknikmodellingterhadappeningkatanmengenakanbajuanaktunagrahita.Sarandaripenelitianiniadalahagardapatmengoptipmalkankemampuanbinadirianaktunagrahitadalammengenakanbajusecaramandiridanorangtuadiharapkandapatbekerjasamadalammembantuanakmelakukankegiatanbinadiridirumah.