Meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode VAKT (Visual, Audio, Kinestetik, dan Taktil) bagi anak tunagrahita / Putri Desy Liliana

Main Author: Liliana, Putri Desy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/119801/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLilianaPutriDesy.2019.MeningkatkanKemampuanMenulisPermulaanMelaluiMetodeVAKT(VisulAudioKinestetikDanTaktil)BagiAnakTunagrahita.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasaFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WiwikDwiHastutiS.PdM.Pd.(II)EkaPramonoAdiS.IpM.SiKataKunciMetodeVAKTMenulisPermulaandanTunagrahita.Menulispermulaanadalahsuatuprosesmemindahkangagasankedalamlambang-lambanguntukmengenalkantentangteknik-teknikmenulistulisandibentukgarisputus-putusgarisluruslengkungdanbulatuntukmenuangkansuatuidegagasanatauupikiranyangadadalampkiranmanusia.Menulispermulaanmerupakanketerampilanyangwajibdimilikisetiapanakkarenaberpengaruhterhadapkemampuanpembentukanberbahasaanak.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan(1)MenganalisiskemampuanmenulispermulaananaktunagrahitadiSDLBsebelumditerapkanmetodeVAKT(2)MenganalisiskemampuanmenulispermulaananaktunagrahitadiSDLBsetelahditerapkanmetodeVAKTdan(3)MendeskripsikanpengaruhmetodeVAKTterhadapkemampuanmenulispermulaananaktunagrahitasiswatunagrahita.PenelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdalambentukrancanganSingleSubjectResearch(SSR)dengandesainA-B-AdimanaAmerupakanBaselinedanBmerupakanIntervensi.ProsedurA-B-Ameliputipengumpulandatatargetbehaviorpadakonsidibaseline-1(A1).Setelahdatamenjadistabilpadakondisibaselinekemudianintervensdiberikansampaidatamencapaitrenddanlevelyangjelas.Kemudianfasebaselinediulangkembalipadasubjekpenelitianyangsama.PenelitianinidilakukandikelasIISDLBKepanjendengansubjektunggal.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaituobservasidantespraktikberupakegiatanpembelajaran.Dalampembuatantespraktikmenulispermulaanpenelitimenyesuaikandengankisi-kisiinstrumenyangtelahdibuatsebelumnya.Analisisdatayangdigunakanberupavisualgrafikdandianalisisberdasarkankomponen-komponensetiapfaseA-B-A.Hasilpenelitiandilihatdaribaseline-1(A1)bahwapersentasekecendrunganstabilitaskemampuanmenulispermulaanpesertadidiktunagrahitadilevel100%dengannilaipadasesike-12dan455%padasesike-350%dikatakanpesertadidikmemilikikemampuanyangstabildalammenulispermulaan.Presentasekecenderunganstabilitaskemampuanmenulispermulaanpesertadidikmeningkatpadasaatintervensi(B)menjadi100%dengannilaitertinggisebesar90%dannilaiterendahsebesar80%.Danpadakondisibaseline-2(A2)presentasekecenderunganstabilitaskemampuanmenulispermulaanpesertadidiktunagrahitaadalahsebesar100%.JadidapatdisimpulkanbahwametodeVAKTmemilikipengaruhuntukmeningkatkankemampuanmenulispermulaanpesertadidiktunagrahita.Kegiataninisangatsesuaidengankarakteristikpesertadidiktunagrahita.