Penerapan strategi belajar murder (mood, understand, recall, digest, expand, review) untuk penguasaan keterampilan menulis Bahasa Jerman siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Ersalinna Christie Trisuwito

Main Author: Trisuwito, Ersalinna Christie
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/11967/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTrisuwitoErsalinnaChristie.2015.PenerapanStrategiBelajarMURDER(MoodUnderstandRecallDigestExpandReview)untukPenguasaanKeterampilanMenulisBahasaJermanSiswaKelasXBahasaSMANegeri8Malang.SkripsiJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.RizmanUsmanM.Pd.(II)Dra.RosyidahM.Pd.KataKuncipenerapanstrategibelajarMURDERketerampilanmenulisKeterampilanmenulismerupakansalahsatudarikeempatketerampilanyangharusdikuasaiseorangpembelajarbahasaJerman.SiswakelasXBahasaSMANegeri8MalangmemilikikesulitandalammenentukanmenyusundanmengembangkangagasanpenulisanuntukmenghasilkankaranganberbahasaJermanyangbaik.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanstrategibelajarMURDERdanhasilnyapadaketerampilanmenulisdalampembelajaranbahasaJerman.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif.SumberdatadalampenelitianiniyaitusiswakelasXBahasaSMANegeri8Malangsebanyak12orang.Pengumpulandatadilakukandengancaramelakukanobservasiwawancaradandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategibelajarMURDERdapatditerapkanuntukketerampilanmenulis.BerdasarkanhasilkegiatanobservasiprosespembelajarandenganpenerapanstrategibelajarMURDERdapatberjalandenganbaik.Analisishasilwawancaradandokumentasikaranganmenunjukkanbahwasiswamerasanyamanselamaprosespembelajaransehinggasiswadapatmenentukanpemilihankatayangtepatsertamengembangkandanmenyusunnyadalamsebuahkaranganyangbaik.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwastrategibelajarMURDERefektifdalampembelajaranbahasaJermankhususnyapadaketerampilanmenulis.Selainitustrategibelajartersebutdapatmenarikminatsiswauntuklebihaktifdalamprosespembelajarandansiswamenjadilebihmudahdalammemahamimateriyangdisampaikan.