Penerapan strategi belajar murder (mood, understand, recall, digest, expand, review) untuk penguasaan keterampilan menulis Bahasa Jerman siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Ersalinna Christie Trisuwito
Main Author: | Trisuwito, Ersalinna Christie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/11967/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTrisuwitoErsalinnaChristie.2015.PenerapanStrategiBelajarMURDER(MoodUnderstandRecallDigestExpandReview)untukPenguasaanKeterampilanMenulisBahasaJermanSiswaKelasXBahasaSMANegeri8Malang.SkripsiJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.RizmanUsmanM.Pd.(II)Dra.RosyidahM.Pd.KataKuncipenerapanstrategibelajarMURDERketerampilanmenulisKeterampilanmenulismerupakansalahsatudarikeempatketerampilanyangharusdikuasaiseorangpembelajarbahasaJerman.SiswakelasXBahasaSMANegeri8MalangmemilikikesulitandalammenentukanmenyusundanmengembangkangagasanpenulisanuntukmenghasilkankaranganberbahasaJermanyangbaik.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanstrategibelajarMURDERdanhasilnyapadaketerampilanmenulisdalampembelajaranbahasaJerman.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif.SumberdatadalampenelitianiniyaitusiswakelasXBahasaSMANegeri8Malangsebanyak12orang.Pengumpulandatadilakukandengancaramelakukanobservasiwawancaradandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategibelajarMURDERdapatditerapkanuntukketerampilanmenulis.BerdasarkanhasilkegiatanobservasiprosespembelajarandenganpenerapanstrategibelajarMURDERdapatberjalandenganbaik.Analisishasilwawancaradandokumentasikaranganmenunjukkanbahwasiswamerasanyamanselamaprosespembelajaransehinggasiswadapatmenentukanpemilihankatayangtepatsertamengembangkandanmenyusunnyadalamsebuahkaranganyangbaik.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwastrategibelajarMURDERefektifdalampembelajaranbahasaJermankhususnyapadaketerampilanmenulis.Selainitustrategibelajartersebutdapatmenarikminatsiswauntuklebihaktifdalamprosespembelajarandansiswamenjadilebihmudahdalammemahamimateriyangdisampaikan.