Penerapan model pembelajaran scramble pada keterampilan berbicara Bahasa Jerman kelas X Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Septiani Ayu Wardhani
Main Author: | Wardhani, Septiani Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/11955/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPertiwiKhofiaRatna.2015.PengembanganMediaGameEdukasiS-Lernen(SchulsachenLernen)BerbasisAndroiduntukPembelajaranKosakataBahasaJermandalamKeterampilanMenulisKelasXSMANegeri7Malang.SkripsiJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)M.KharisS.PdM.Hum.(2)DestiN.A.S.S.M.Pd.KataKunciGameEdukasiSchulsachenLernenAndroidKeterampilanMenulisTujuanpengembanganiniadalahuntukmengembangkanmediaberupagameedukasiS-LernenberbasisAndroiddalampembelajarankosakatauntukketerampilanmenulisbahasaJermanpadatemaSchuledikelasXIBBUSMAN7Malang.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmetodependekatandeskriptifkualitatifdenganmenggunakanmodelpengembanganhasiladaptasidarimodeldesainpengembanganpembelajaranSugiyono(2012)danBorgdanGall(2009).Proseduryangdilakukanmelaluitujuahlangkahyangmeliputipenelitiandanpengumpulandatadesainprodukujivaliditasrevisidesainujicobalapanganrevisiprodukprodukakhir.Ujicobalapangandilakukanmelaluiduatahapyaituujicobakelompokkecilpadalimasiswadanujicobakelompokbesarpada12siswakelasXIBBU.Didalammediaterdapatbeberapagameyaitugamewordmatchdanfillintheblank.Gamewordmatchberisitentangpermainanmencaribendatersembunyididalamruangkelassesuaidengankatayangtertera.Didalampermainanfillintheblankterdapatkalimatkosongpemaindiharuskanmengisikalimatkosongtersebutdenganmengkliktombolalfabetdanpemaindiberikancluegambaruntukmembantudalammenjawabsoal.Hasilanalisismenunjukkantingkatkelayakanproduksebesar75%yangdiperolehdariangketahlimediadengandemikianmediagameedukasiS-Lernentermasukdalamkategorivaliddenganrevisi.Persentasenilaisebesar95%menunjukkanbahwamediatermasukdalamkategorivaliddenganrevisiyangdiperolehdarihasilangketanalisisahlimateri.Dalamujicobakelompokkecildiperolehhasildenganpersentase8289%halinimenunjukkanbahwamedialayakuntukditerapkanpadaujicobaskalabesar.Ujicobakelompokbesarmemperolehpersentasesebanyak8344%olehkarenaitumedialayakuntukditerapkannamunterdapatbeberapahalyangmasihperludisempurnakan.Darikeseluruhanhasilanalisistersebutdiperolehrata-ratapersentasesebanyak8408%.HalinimenunjukkanbahwamediagameedukasiS-LernentermasukdalamkategorivaliddanlayakdigunakanuntukpembelajarankosakatabahasaJermandalamketerampilanmenulis.