Penerapan model pembelajaran scramble pada keterampilan berbicara Bahasa Jerman kelas X Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Septiani Ayu Wardhani

Main Author: Wardhani, Septiani Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/11955/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPertiwiKhofiaRatna.2015.PengembanganMediaGameEdukasiS-Lernen(SchulsachenLernen)BerbasisAndroiduntukPembelajaranKosakataBahasaJermandalamKeterampilanMenulisKelasXSMANegeri7Malang.SkripsiJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)M.KharisS.PdM.Hum.(2)DestiN.A.S.S.M.Pd.KataKunciGameEdukasiSchulsachenLernenAndroidKeterampilanMenulisTujuanpengembanganiniadalahuntukmengembangkanmediaberupagameedukasiS-LernenberbasisAndroiddalampembelajarankosakatauntukketerampilanmenulisbahasaJermanpadatemaSchuledikelasXIBBUSMAN7Malang.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmetodependekatandeskriptifkualitatifdenganmenggunakanmodelpengembanganhasiladaptasidarimodeldesainpengembanganpembelajaranSugiyono(2012)danBorgdanGall(2009).Proseduryangdilakukanmelaluitujuahlangkahyangmeliputipenelitiandanpengumpulandatadesainprodukujivaliditasrevisidesainujicobalapanganrevisiprodukprodukakhir.Ujicobalapangandilakukanmelaluiduatahapyaituujicobakelompokkecilpadalimasiswadanujicobakelompokbesarpada12siswakelasXIBBU.Didalammediaterdapatbeberapagameyaitugamewordmatchdanfillintheblank.Gamewordmatchberisitentangpermainanmencaribendatersembunyididalamruangkelassesuaidengankatayangtertera.Didalampermainanfillintheblankterdapatkalimatkosongpemaindiharuskanmengisikalimatkosongtersebutdenganmengkliktombolalfabetdanpemaindiberikancluegambaruntukmembantudalammenjawabsoal.Hasilanalisismenunjukkantingkatkelayakanproduksebesar75%yangdiperolehdariangketahlimediadengandemikianmediagameedukasiS-Lernentermasukdalamkategorivaliddenganrevisi.Persentasenilaisebesar95%menunjukkanbahwamediatermasukdalamkategorivaliddenganrevisiyangdiperolehdarihasilangketanalisisahlimateri.Dalamujicobakelompokkecildiperolehhasildenganpersentase8289%halinimenunjukkanbahwamedialayakuntukditerapkanpadaujicobaskalabesar.Ujicobakelompokbesarmemperolehpersentasesebanyak8344%olehkarenaitumedialayakuntukditerapkannamunterdapatbeberapahalyangmasihperludisempurnakan.Darikeseluruhanhasilanalisistersebutdiperolehrata-ratapersentasesebanyak8408%.HalinimenunjukkanbahwamediagameedukasiS-LernentermasukdalamkategorivaliddanlayakdigunakanuntukpembelajarankosakatabahasaJermandalamketerampilanmenulis.