MENDESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN MODERASI BERAGAMA UNTUK MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG TOLERAN DAN MULTIKULTURAL

Main Author: Hanafi, Yusuf
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang (UM) , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1193/1/fullteks%202.pdf
http://repository.um.ac.id/1193/
Daftar Isi:
  • Fenomenaradikalismedanintoleransidilembaga-lembagapendidikantidakterkecualidikampus-kampusPerguruanTinggiUmum(PTU)telahmenjadidiskursushangatdankeprihatinanmendalamdarihampirsemuakalanganmulaidariakademisiagamawanmasyarakatsipilhinggapemerintahpusatdandaerah.IsumengenairadikalismedanintoleransiterusmenguatseiringdenganbanyaknyatemuanyangmengindikasikanbahwasebagianbesarkampusdiIndonesiatelahterpaparradikalisme(Ibrahimetal.2017).TerlebihlagidalambeberapatahunterakhirmediamassagencarmemberitakansejumlahkasuswarganegaraIndonesiayangtergabungdengankelompokmilitanIslamicStateofIraqandSyria(ISIS)diperbolehkanuntukkembalikeTanahAir(Krisiandi2019).SelainISIStidaksedikitgenerasimudayangterinfeksipahamekstremdanradikalyangdisemaikanolehkelompokJemaahIslamiyah(JI)yangberafiliasidenganal-QaedahJemaahAnsharudDaulah(JAD)sertakelompokMujahidinIndonesiaTimur(MIT)(Tme2015).Sejumlahaksiterorterbaruyangterjadidiawaltahun2021inisepertibombunuhdiridiGerejaKatedralMakassarpada28Maret2021danseranganterhadapMabesPolriolehseorangperempuanberhijabpada31Maret2021silamseolahmengonfirmasibahwaradikalismedanintoleransimerupakanbahayalatennyatayangharusterusdiwaspadaidanditanganisecaraseriusdankomprehensif.LaporanGlobalIndexTerrorism(GTI)tahun2020yangdirilisolehInstituteforEconomicsandPeace(IEP)menginformasikanbahwadalamskalaglobalIndonesiaberadadiperingkat37(denganskor4.6)dari135negarayangterdampakterorisme.SedangkandiAsiaPasifikIndonesiaberadadiposisike-4(Kompas03/04/2021).