MENDESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN MODERASI BERAGAMA UNTUK MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG TOLERAN DAN MULTIKULTURAL
Main Author: | Hanafi, Yusuf |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang (UM)
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1193/1/fullteks%202.pdf http://repository.um.ac.id/1193/ |
Daftar Isi:
- Fenomenaradikalismedanintoleransidilembaga-lembagapendidikantidakterkecualidikampus-kampusPerguruanTinggiUmum(PTU)telahmenjadidiskursushangatdankeprihatinanmendalamdarihampirsemuakalanganmulaidariakademisiagamawanmasyarakatsipilhinggapemerintahpusatdandaerah.IsumengenairadikalismedanintoleransiterusmenguatseiringdenganbanyaknyatemuanyangmengindikasikanbahwasebagianbesarkampusdiIndonesiatelahterpaparradikalisme(Ibrahimetal.2017).TerlebihlagidalambeberapatahunterakhirmediamassagencarmemberitakansejumlahkasuswarganegaraIndonesiayangtergabungdengankelompokmilitanIslamicStateofIraqandSyria(ISIS)diperbolehkanuntukkembalikeTanahAir(Krisiandi2019).SelainISIStidaksedikitgenerasimudayangterinfeksipahamekstremdanradikalyangdisemaikanolehkelompokJemaahIslamiyah(JI)yangberafiliasidenganal-QaedahJemaahAnsharudDaulah(JAD)sertakelompokMujahidinIndonesiaTimur(MIT)(Tme2015).Sejumlahaksiterorterbaruyangterjadidiawaltahun2021inisepertibombunuhdiridiGerejaKatedralMakassarpada28Maret2021danseranganterhadapMabesPolriolehseorangperempuanberhijabpada31Maret2021silamseolahmengonfirmasibahwaradikalismedanintoleransimerupakanbahayalatennyatayangharusterusdiwaspadaidanditanganisecaraseriusdankomprehensif.LaporanGlobalIndexTerrorism(GTI)tahun2020yangdirilisolehInstituteforEconomicsandPeace(IEP)menginformasikanbahwadalamskalaglobalIndonesiaberadadiperingkat37(denganskor4.6)dari135negarayangterdampakterorisme.SedangkandiAsiaPasifikIndonesiaberadadiposisike-4(Kompas03/04/2021).