Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan menghias menggunakan teknik tempel payet di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Purwoharjo Ampelgading Malang / Anggita Yola Prastika
Main Author: | Prastika, Anggita Yola |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/118844/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANPrastikaAnggitaYola.2019.PeningkatanKreativitasAnakKelompokBmelaluiKegiatanMenghiasMenggunakanTeknikTempelPayetdiTKDharmaWanitaPersatuan1PurwoharjoAmpelgadingMalang.SkripsiS1ProdiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.UsepKustiawanM.Sn.(II)RosyiDamayaniTwinsariManingtyasS.Psi.M.PdKataKunciKreativitasTeknikTempelPayetAnakUsia5-6TahunHasilobservasisaatdilakukanpadapratindakandiTKDharmaWanitaPersatuan1PurwoharjoAmpelgadingMalangmenunjukkanbahwasanyabahanyangdigunakanuntukmeningkatkankreativitasanakkurangbervariasi.Sepertikegiatankolasebahanyangdigunakansepertikertasdanbiji-bijiansaja.Berdasarkanhasilyangdiperolehanakbelummencapaipeningkatanyangoptimalyaitudari18anak9anakbelummenunjukkanpeningkatankreativitas.KhususnyaaspekkreativitasyaituOriginality(keaslian)Flexibility(keluwesan)Fluency(kelancaran)Elaboration(Kerincian)Sensitifity(kepekaan).Adapuntujuandaripenelitianiniadalah1)untukmendeskripsikanpelaksanaankegiatanmenghiasmenggunakantekniktempelpayetdapatmeningkatkankreativitasanakusia5-6tahundiTKDharmaWanitaPersatuan1PurwoharjoAmpelgadingMalang2)untukmenyampaikandanmenjelaskanhasildaripenerapankegiatanmenghiasmenggunakantekniktempelpayetdapatmeningkatkankreativitasanakusia5-6tahundiTKDharmaWanitaPersatuan1PurwoharjoAmpelgadingMalang.PenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasdenganmodeldariKemisdanMc.Taggart.Penelitianinidilaksanakandenganmenggunakanduasiklusyangterdiridariperencanaanpelaksanaandanpengamatanrefleksidanperbaikanrencana.Pelaksanaanpenelitianinidalamsetiapsiklusterdapatduakalipertemuandandilaksanakanpadakegiatanintipembelajaran.SubjekpenelitianiniadalahkelompokB1yangberjumlah18anak.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptifkualitatifdankuantitatifyangmeliputidatapeningkatankreativitasanaksebagaidatakualitatifdanwawancaracatatanaktivitasanakcatatanaktivitasgurusertacatatanlapangansebagaidatakualitatif.HasilpenelitiansetelahmelaksanakansiklusIdenganduakalipertemuanmasihmenunjukkandibawahstandarketercapaianyangdiharapkanolehpenelitiyaitu50%.HasilsiklusIImenunjukkan875%dengankategorisangattercapai.BerdasarkanpeningkatanhasildarisiklusIhinggasiklusIImenunjukkanbahwamelaluikegiatanmenghiasmenggunakantekniktempelpayetkemampuankreativitasanakmenjadilebihmeningkat.Penelitimenyimpulkanbahwapenerapankegiatanmenghiasmenggunakanteknikkolaseinidapatmeningkatkankreativitasanakusia5-6tahun.Saranbagigurudiharapakankegiataninidapatditerapkandalampembelajaranuntuklebihmeningkatkankreativitasanakbagisekolahdaiharapkanmengedukasikandanmensosialisasikankegiataninibagipenelitiselanjutnyadapatmengembangkaninovasiyangbarubaikdarialatmaupunbahanyangdigunakanuntukmeningkatkankreativitas.