Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan menghias menggunakan teknik tempel payet di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Purwoharjo Ampelgading Malang / Anggita Yola Prastika

Main Author: Prastika, Anggita Yola
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/118844/
Daftar Isi:
  • RINGKASANPrastikaAnggitaYola.2019.PeningkatanKreativitasAnakKelompokBmelaluiKegiatanMenghiasMenggunakanTeknikTempelPayetdiTKDharmaWanitaPersatuan1PurwoharjoAmpelgadingMalang.SkripsiS1ProdiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.UsepKustiawanM.Sn.(II)RosyiDamayaniTwinsariManingtyasS.Psi.M.PdKataKunciKreativitasTeknikTempelPayetAnakUsia5-6TahunHasilobservasisaatdilakukanpadapratindakandiTKDharmaWanitaPersatuan1PurwoharjoAmpelgadingMalangmenunjukkanbahwasanyabahanyangdigunakanuntukmeningkatkankreativitasanakkurangbervariasi.Sepertikegiatankolasebahanyangdigunakansepertikertasdanbiji-bijiansaja.Berdasarkanhasilyangdiperolehanakbelummencapaipeningkatanyangoptimalyaitudari18anak9anakbelummenunjukkanpeningkatankreativitas.KhususnyaaspekkreativitasyaituOriginality(keaslian)Flexibility(keluwesan)Fluency(kelancaran)Elaboration(Kerincian)Sensitifity(kepekaan).Adapuntujuandaripenelitianiniadalah1)untukmendeskripsikanpelaksanaankegiatanmenghiasmenggunakantekniktempelpayetdapatmeningkatkankreativitasanakusia5-6tahundiTKDharmaWanitaPersatuan1PurwoharjoAmpelgadingMalang2)untukmenyampaikandanmenjelaskanhasildaripenerapankegiatanmenghiasmenggunakantekniktempelpayetdapatmeningkatkankreativitasanakusia5-6tahundiTKDharmaWanitaPersatuan1PurwoharjoAmpelgadingMalang.PenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasdenganmodeldariKemisdanMc.Taggart.Penelitianinidilaksanakandenganmenggunakanduasiklusyangterdiridariperencanaanpelaksanaandanpengamatanrefleksidanperbaikanrencana.Pelaksanaanpenelitianinidalamsetiapsiklusterdapatduakalipertemuandandilaksanakanpadakegiatanintipembelajaran.SubjekpenelitianiniadalahkelompokB1yangberjumlah18anak.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptifkualitatifdankuantitatifyangmeliputidatapeningkatankreativitasanaksebagaidatakualitatifdanwawancaracatatanaktivitasanakcatatanaktivitasgurusertacatatanlapangansebagaidatakualitatif.HasilpenelitiansetelahmelaksanakansiklusIdenganduakalipertemuanmasihmenunjukkandibawahstandarketercapaianyangdiharapkanolehpenelitiyaitu50%.HasilsiklusIImenunjukkan875%dengankategorisangattercapai.BerdasarkanpeningkatanhasildarisiklusIhinggasiklusIImenunjukkanbahwamelaluikegiatanmenghiasmenggunakantekniktempelpayetkemampuankreativitasanakmenjadilebihmeningkat.Penelitimenyimpulkanbahwapenerapankegiatanmenghiasmenggunakanteknikkolaseinidapatmeningkatkankreativitasanakusia5-6tahun.Saranbagigurudiharapakankegiataninidapatditerapkandalampembelajaranuntuklebihmeningkatkankreativitasanakbagisekolahdaiharapkanmengedukasikandanmensosialisasikankegiataninibagipenelitiselanjutnyadapatmengembangkaninovasiyangbarubaikdarialatmaupunbahanyangdigunakanuntukmeningkatkankreativitas.