Penerapan teknik role-playing dalam konseling REBT untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP / Lutfiana Rachmawati

Main Author: Rachmawati, Lutfiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/116799/
Daftar Isi:
  • RINGKASANRachmawatiLutfiana.2019.PenerapanTeknikRolePlayingdalamKonselingREBTuntukMereduksiPerilakuProkrastinasiAkademikSiswaSMP.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)YuliatiHotifahS.Psi.M.Pd(II)IreneMayaSimonS.Pd.M.PdKataKunciRolePlayingProkrastinasiAkademikSiswaSMPPendekatanRationalEmotiveBehaviorTherapi(REBT)merupakansalahsatupendekatankonselingyangmemandangmanusiasebagaiindividuutuhdengandidominasiolehsistemberfikirdansistemperasaanyangberkaitandalamsistempsikisindividu.REBTberfokuspadamembantukonseliuntukmenyadaribahwamerekadapathiduprasionaldanproduktif.Dalamdiriremajakonsephubunganantarsesamamanusiadanmenghadapiberbagaimacammasalahdialamidalamkehidupansehari-hari.Menghadapimasalahtersebutmemerlukanbantuanoranglainsepertikonselor.Konselordalammelakukannyamemerlukanteknikkonseling.MerujukpadapolaperilakuyangsaatiniseringterjadipadasiswamengenaiprokrastinasimakaproseskonselingdenganpendekatanRasionalEmotiveBehaviorTherapy(REBT)sangatbermanfaat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiefektifitaspenerapanTeknikRolePlayingdalamKonselingREBTuntukMereduksiPerilakuProkrastinasiAkademikSiswaSMP.Rancanganyangdigunakanadalahpre-eksperimentalbentukOne-grouppretest-postestdesign.Keseluruhanpopulasiterdiridari27siswakelasVIIIDSMPNegeri15Malang.Sampelyangdigunakanterdiridari7siswayangmemilikiskorprokrastinasiakademiktinggiberdasarkanhasilpretestdenganmenggunakanskalaprokrastinasiakademik.PengujianhipotesisdalampenelitianinimenggunakananalisisWilcoxonSignedRankTest.HasilpenelitiandengananalisisWilcoxonSignedRankTestdiketahuibahwanilaiasympsig(2tailed)bernilai0018karena0018lebihkecildari005makadapatdisimpulkanbahwaHaditerimayaituPenerapanTeknikRolePlayingdalamKonselingREBTdapatMereduksiPerilakuProkrastinasiAkademikSiswaSMPkhususnyakelas8.BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasanterdapatbeberapasaranyangperludipertimbangkanbagikonselorSMPNegeri15Malangdanbagipenelitiselanjutnya.SaranuntukkonselorSMPNegeri15MalangadalahdapatmelakukankonselingkelompokdenganteknikroleplayingdenganyangefektifdalammereduksiprokrastinasiakademiksiswaSMP.Pelaksanaankonselingkelompokdenganteknikroleplayingdapatdigunakandenganmerujukpadapanduanyangtelahtersusun.Bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiandenganmenggunakankelompokkontrolsehinggapenelitinantinyadapatmenyimpulkanefekjangkapanjangdaritreatmentyangtelahdiberikan.