Pengembangan panduan pelatihan emotional freedom technique untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP / Ginsa Kusumawati

Main Author: Kusumawati, Ginsa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/116757/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANKusumawatiGinsa.2019.PengembanganPanduanPelatihanEmotionalFreedomTechniqueuntukMeningkatkanKeterampilanMengelolaEmosiSiswaSMP.Skripsi.JurusanBimbingandanKonseling.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)YuliatiHotifahS.PsiM.Pd(II)Dra.EllaFaridatiZenM.Pd.KataKuncipanduanpelatihanemotionalfreedomtechniqueketerampilanmengelolaemosiMasalahyangseringterjadipadaperkembanganremajaadalahperkembanganintelektualdanperkembanganemosionalMappiare(20019).Perkembanganemosionalmerupakanperkembanganyangadapadadirisetiapmanusiadanperubahanemosibiasanyasemakincepatberkembangselamaawalmasaremaja.Remajayangtidakdapatmengelolaemosidenganbaikmakaakancenderungmengikutihal-halyangdilakukankelompoksebayanyasepertimemakainarkobatawuranmerokokyangmengakibatkanindividutidakmemperdulikanperasaanmereka.Olehkarenaitupentingbagiremajauntukmengelolaemosidalamkehidupansehari-harimereka.KonselordiSMPLaboratoriumUMMalangbelummemilikipanduanpelatihanEFTdankonselorbelumpernahmelakukanlayananbimbingandankonselinguntukmeningkatkanketerampilanmengelolaemosisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanpanduanpelatihanEmotionalFreedomTechniqueyangberterimasecarateoritisdanpraktisagardapatdigunakanolehkonselorsecaramaksimal.Metodeyangdigunakandalampenelitianinimengadaptasimodelproseduralpenelitiandanpengembangan(BorgGall1983)yangterdiridari10tahapannamunpadapenelitianinihanyasampai5tahapanyaitumelakukanobservasipenyebaranneedassesmentdanwawancaraselamapenelitianberlangsungmemvalidasiinstrumendanmenyebarkaninstrumenketerampilanmengelolaemosimengembangkanprodukpengembanganyaknipanduanpelatihanEFTdanLKSpelatihanEFTmelakukanujicobaprodukdanrevisiprodukakhir.Subjekujicobapadapenelitianiniterbagimenjadiduayakniahlibimbingandankonseling(BK)danahliteknologipendidikan(TEP)dancalonpenggunaprodukyangmeliputikonselorsekolahdansiswa.Instrumenyangdigunakanadalahskalaketerampilanmengelolaemosiuntuksiswainstrumenpenilaianahliinstrumenpenilaiankonselordaninstrumenujiketerbacaan.Jenisdatadalampenelitianiniadalahdatakuantitatifdankualitatif.DatakuantitatifdianalisismenggunakanteknikreratasedangkandatakualitatifdianalisismenggunakanteknikanalisismodelMilesdanHuberman.HasilpenilaianahlimateribimbingandankonselingIdanIIdiperolehskorrata-rata333.Hasilpenilaianahlimediadiperolehnilai398.Sedangkandaripenilaiancalonpenggunaprodukdiperolehnilai352.Berdasarkanpenilaianahlimateribimbingandankonselingdanmediadapatdisimpulkanbahwaprodukinitelahviiberterimasecarateoritisselainitujugatelahberterimasecarapraktisolehcalonpenggunaprodukkonselordansiswa.Sehinggaproduksangatlayaksebagaipanduankonseloruntukmeningkatkanketerampilanmengelolaemosi.Disarankankepadakonseloruntukmenggunakanprodukpanduanemotionalfreedomtechniquekarenasudahterujisecarateoritisdanpraktisnamundalampenerapannyaperlukehati-hatiankarenapanduanemotionalfreedomtechniquebelumterujisecaraefektif.Saranbagipenelitiselanjutnyadapatmengujiefektfitasprodukmelaluipenelitianeksperimen.SaranuntuksekolahyaknipihaksekolahdapatmemberikankebijakanpenambahanjamBKagarpelatihanEFTtersebutdapatberjalanefektifjikaalokasiwaktumemadai.