Pengembangan model pembelajaran New Inquiry Based Learning (NIBL) bernuansa green chemistry padamata kuliah kimia organik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, kreatif, dan praktis mahasiswa calon guru / Mitarlis
Main Author: | Mitarlis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/115629/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMitarlis2019.PengembanganModelPembelajaranNewInquiryBasedLearning(NIBL)BernuansaGreenChemistrypadaMataKuliahKimiaOrganikuntukMeningkatkanKeterampilanBerpikirKritisAnalitisKreatifdanPraktisMahasiswaCalonGuru.Disertasi.ProgramStudiS3PendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.SuhadiIbnuM.A.Ph.D.(II)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(III)Dr.SutrisnoM.Si.KatakunciModelNIBLketerampilanberpikirKAKPgreenchemistrymahasiswacalonguru.KehidupanAbad21yangsemakinkompleksmenuntutmasyarakatuntukmemilikipolapikirtingkattinggisepertikritisanalitiskreatifdanbentuk-bentukberpikirtingkattinggiyanglain.Halinimendorongparapendidikuntukmemberikanbekalbagipebelajaruntukmenguasaiketerampilanberpikirtingkattinggitersebut.Olehkarenaitusudahseharusnyajikaparadigmapendidikanmasadepanmenekankanpembekalanpebelajardenganketerampilanberpikirtingkattinggi.FrameworkcapaianpembelajaranAbad21melibatkanketerampilanberpikirkritiskreatifkemampuankolaboratifdankomunikatif.GurumasadepandituntutuntukdapatmenyelenggaranpembelajaranyangdapatmemfasilitasisiswamencapaituntutanpembelajaranAbad21yangmelibatkanberpikirkritiskreatifanalitisdanpraktissertamelibatkanliterasilingkungansebagaisubyekintidalampembelajaran.Halinidapatdikaitkandengangreenchemistrysebagainuansadalampembelajaranyangdikembangkansebagaikontribusidalammengatasimasalahglobalyangsedangaktualyaitumasalahlingkungan.Untukituperludikembangkanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanbeberapaketerampilanberpikirtingkattinggisepertiberpikirkritisanalitiskreatifdanpraktis(KAKP)khususnyauntukmahasiswacalongurusecaraterpadu.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangterdiridaritahappendahuluanpengembangandanevaluasiyangdidukungdatakualitatifdankuantitatif.DatakualitatifdidapatkanmelaluimetodekualitatifdilakukanpadatahappendahuluandantahappengembangandilanjutkandenganmetodekuantitatifpadatahapevaluasisaatujicobaluashasilpengembangandenganrancanganeksperimenNonequivalentControlGroupDesign.Subyekpenelitianadalahmahasiswacalonguruprogramstudipendidikankimiayangsedangmemprogrammatakuliahkimiaorganikyangterdiridariduakelas.KelasPendidikanKimiaA(PKA)sebagaikelaseksperimendankelasPendidikanKimiaB(PKB)sebagaikelaskontrol.KelaseksperimendiberiperlakukandenganmodelNIBLbernuansagreenchemistryhasilpengembangansedangkankelompokkontroldiajarkansecarakonvesionalpadaperkuliahankimiaorganik.Metodepengumpulandatadenganpengamatanangketdantes.MetodeangketberupaangketresponuntukvalidatordanuntukmahasiswatentangmodelpembelajaranNIBLbernuansagreenchemistry.Evaluasihasilpengembanganberdasarkankriteriakelayakanterdiridarikevalidankepraktisandankeefektifan.Kevalidanmodeldiukurdenganmelakukanvalidasiisidankonstruk.Kepraktisanmodeldiukurdenganobservasiketerlaksanaansintkaspembelajaranpadaujicobadanresponmahasiswa.Keefektifandilihatdarinilaiteshasilbelajar.Analisisdatamenggunakananalisiskuantitatifdankualitatifuntukdatapengamatandandatavalidasiyangdiperkuatdenganperhitunganderajatkesepakatanpercentageofagreement(PA)untukkesepakatanvalidatordanpengamat.KesepakatanpenilaianbutirsoalmenggunakanKoefisienCohensKappa.DataujicobadenganrancanganeksperimendilakukananalisiskuantitatifdenganujistatistikujitANACOVAuntukmelihatcapaianpembelajaranantarakelaseksperimendankelaskontrol.UjikoefisienetasquareuntukmelihatkontribusimodelNIBLbernuansagreenchemistryterhadapcapaianpembelajaranpenguasaankonsepketerampilanberpikirKAKPdanpemahamangreenchemistrykelaseksperimen.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranNewInquiryBasedLearning(NIBL)bernuansagreenchemistrypadaperkuliahankimiaorganikdapatmeningkatkanketerampilanberpikirKAKPmahasiswacalongurumemilikisintaksyangterdiridarilimafaseyaitu1)orientasi2)konseptualisasi3)investigasi4)simpulandan5)unjukkerja/performance.ModelNIBLbernuansagreenchemistrymemilikikarakteristikyaitu(1)berpusatpadapebelajar(studentcentered)(2)berorientasipadapengembanganberpikirkritisanalitiskreatifdanpraktis(KAKP)(3)memunculkaninteraksipadaprosespembelajaran(4)adanyaunjukkerjaatauperformancedan(5)adanyanuansagreenchemistrysecaraterintegrasisebagaiupayauntukpelestarianlingkunganmelaluipembelajaran.ValiditasmodelpembelajaranNewInquiryBasedLearning(NIBL)bernuansagreenchemistrybesertaperangkatpendukungnyapadaperkuliahankimiaorganikuntukmeningkatkanketerampilanberpikirKAKPmahasiswacalongurudinyatakanvaliddanlayakuntukdigunakan.KepraktisanmodelpembelajaranNewInquiryBasedLearning(NIBL)padaperkuliahanKimiaOrganikbernuansagreenchemistryuntukmeningkatkanketerampilanberpikirKAKPmahasiswacalongurudapatditerapkandenganpenilaianketerlaksanaandalamkategoribaikdansangatbaiksehinggapraktisdanlayakdigunakan.MahasiswamemberikanresponpositifterhadappembelajarandenganmodelNIBLbernuansagreenchemistrypadaperkuliahankimiaorganiksehinggamodelNIBLbernuansagreenchemistrybesertaperangkatnyapraktisdanlayakuntukditerapkan.KeefektifanmodelpembelajaranNewInquiryBasedLearning(NIBL)bernuansagreenchemistrypadaperkuliahankimiaorganikyangtelahtervalidasidapatuntukmeningkatkanketerampilanberpikirKAKPmahasiswacalongurupadanilaipretestdanposttestkelaseksperimen.KeefektifanpembelajaranNIBLbernuansagreenchemistrydapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritisanalitiskreatifdanpraktis(KAKP)mahasiwacalongurudilihatdarinilaiN-Gaindengankontribusisedangdantinggipadaaspekpenguasaankonsepkimiaorganikmaterikarbohidratproteinlemakdanbahanalamsertapemahamangreenchemistrymahasiwacalonguru.