Etnomatematika masyarakat Arfak di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat / Haryanto

Main Author: Haryanto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/115607/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANHaryanto2018.EtnomatematikaMasyarakatArfakdiKabupatenpegununganArfakProvinsiPapuaBarat.DisertasiProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.(II)Dr.SubanjiM.Si.(III)Dr.SwasonoRahardjoM.Si.KataKuncietnomatematikabudayamasyarakatArfakmatematikasekolahetnografiBudayamasyarakatArfakdiKabupatenPegununganArfakProvinsiPapuaBaratmerupakansalahsatudarisekianbanyakbudayadiIndonesia.BudayamasyarakatArfaktersebutcukupunikdibandingkandenganbudayamasyarakatIndonesiapadaumumnya.Keunikantersebutberakibatpadakeunikanmatematikayangberkembangpadabudayatersebut.Olehkarenaitutujuandisertasiiniadalahmengeksplorasimengidentifikasidanmendeskripsikanpengetahuanmatematikayangberkembangdidaerahtersebut.Hasildaritujuantersebutselanjutnyadikaitkandenganmatematikasekolah.Penelitianinimenggunakanmetodeetnografi.ObjekpenelitiannyaadalahbudayadanhasilbudayamasyarakatArfak.SubjekpenelitiannyaadalahmasyarakatpegununganArfak.MasyarakatyangdijadikansubjekadalahmasyarakatyangmendiamidaerahtertinggidikabupatentersebutyaituDistrikHingk.HasilpenelitianiniadalahditemukanetnomatematikaArfakyaitucaramasyarakatmembilangmenghitungmengukurdanmembentukbangungeometri.MasyarakatArfakdalammembilangmenggunakanduajenisbilanganyaitubilangantunggal(basisyangdigunakanadalahbasis5)danbilanganbasisganda(basisyangdigunakanadalahbasis10subbasis5).DarikeduajenisbilangantersebutmasyarakatArfakmelakukanmetamorfosabilangan.MasyarakatArfakdalammengitungdapatdilihatpadasaatmasyarakatmelakukanperniagaandandalammembangunrumahkakiseribu.Keduakegiatantersebutdiperolehbeberapametodeoperasibilangan.selainitudenganmengaitkansifatsifattentangbilangandenganmetodeoperasibilangantersebutdiperolehmetodeoperasibilanganbaru.CaramasyarakatdalammengukurjaraksuatutitikdiperolehhasilbahwamasyarakatArfakmenggunakantigasatuanjarakyaitukakilengantinggitubuh.PraktikpraktikgeometrimasyarakatArfakdalammembangunrumah(RumahKakiSeribu)menggunakanbentukbentukgeometrivvisepertigarisbidangbidanghorizontalbidangvertikaldanbeberapabentukbangundatar.HasildaripengaitanantaraetnomatematikaArfakdanmatematikasekolahdiperolehbeberapatemuan.Temuantersebutterkaitdenganpengetahuansiswadanmatematikasekolahitusendiri.Terkaitdenganpengetahuansiswadiperolehduatemuanyaituetnomatematikaadalahmerupakandoingmatematikdankeduaadalahsiswalebihsenangsukabanggadenganpemanfaatanetnomatematikamerekadigunakanuntukmenyelesaikanmatematikasekolah.TerkaitdenganmatematikasekolahetnomatematikaArfakdapatdigunakandalammatematikasekolah.Penggunaaninidisesuaikandengankesamaansifatsifatyangadaantarakeduanya.EtnomatematikaArfakdalamdisertasiinidiperolehdarihasileksplorasiidentifikasidandeskripsiyangdianalisisdengancarapemodelanmatematika.Olehkarenaitujikadikaitkandenganmatematikasekolahbelumdapatdilihattentangkeektifannyaterhadappendidikansiswadidaerahtersebut.Sehinggaperludilakukanpenelitianlebihlanjutterkaitdengankeefektifanetnomatematikatersebutdidalampembelajaranmatematikadisekolah.