Etnomatematika masyarakat Arfak di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat / Haryanto
Main Author: | Haryanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/115607/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANHaryanto2018.EtnomatematikaMasyarakatArfakdiKabupatenpegununganArfakProvinsiPapuaBarat.DisertasiProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.(II)Dr.SubanjiM.Si.(III)Dr.SwasonoRahardjoM.Si.KataKuncietnomatematikabudayamasyarakatArfakmatematikasekolahetnografiBudayamasyarakatArfakdiKabupatenPegununganArfakProvinsiPapuaBaratmerupakansalahsatudarisekianbanyakbudayadiIndonesia.BudayamasyarakatArfaktersebutcukupunikdibandingkandenganbudayamasyarakatIndonesiapadaumumnya.Keunikantersebutberakibatpadakeunikanmatematikayangberkembangpadabudayatersebut.Olehkarenaitutujuandisertasiiniadalahmengeksplorasimengidentifikasidanmendeskripsikanpengetahuanmatematikayangberkembangdidaerahtersebut.Hasildaritujuantersebutselanjutnyadikaitkandenganmatematikasekolah.Penelitianinimenggunakanmetodeetnografi.ObjekpenelitiannyaadalahbudayadanhasilbudayamasyarakatArfak.SubjekpenelitiannyaadalahmasyarakatpegununganArfak.MasyarakatyangdijadikansubjekadalahmasyarakatyangmendiamidaerahtertinggidikabupatentersebutyaituDistrikHingk.HasilpenelitianiniadalahditemukanetnomatematikaArfakyaitucaramasyarakatmembilangmenghitungmengukurdanmembentukbangungeometri.MasyarakatArfakdalammembilangmenggunakanduajenisbilanganyaitubilangantunggal(basisyangdigunakanadalahbasis5)danbilanganbasisganda(basisyangdigunakanadalahbasis10subbasis5).DarikeduajenisbilangantersebutmasyarakatArfakmelakukanmetamorfosabilangan.MasyarakatArfakdalammengitungdapatdilihatpadasaatmasyarakatmelakukanperniagaandandalammembangunrumahkakiseribu.Keduakegiatantersebutdiperolehbeberapametodeoperasibilangan.selainitudenganmengaitkansifatsifattentangbilangandenganmetodeoperasibilangantersebutdiperolehmetodeoperasibilanganbaru.CaramasyarakatdalammengukurjaraksuatutitikdiperolehhasilbahwamasyarakatArfakmenggunakantigasatuanjarakyaitukakilengantinggitubuh.PraktikpraktikgeometrimasyarakatArfakdalammembangunrumah(RumahKakiSeribu)menggunakanbentukbentukgeometrivvisepertigarisbidangbidanghorizontalbidangvertikaldanbeberapabentukbangundatar.HasildaripengaitanantaraetnomatematikaArfakdanmatematikasekolahdiperolehbeberapatemuan.Temuantersebutterkaitdenganpengetahuansiswadanmatematikasekolahitusendiri.Terkaitdenganpengetahuansiswadiperolehduatemuanyaituetnomatematikaadalahmerupakandoingmatematikdankeduaadalahsiswalebihsenangsukabanggadenganpemanfaatanetnomatematikamerekadigunakanuntukmenyelesaikanmatematikasekolah.TerkaitdenganmatematikasekolahetnomatematikaArfakdapatdigunakandalammatematikasekolah.Penggunaaninidisesuaikandengankesamaansifatsifatyangadaantarakeduanya.EtnomatematikaArfakdalamdisertasiinidiperolehdarihasileksplorasiidentifikasidandeskripsiyangdianalisisdengancarapemodelanmatematika.Olehkarenaitujikadikaitkandenganmatematikasekolahbelumdapatdilihattentangkeektifannyaterhadappendidikansiswadidaerahtersebut.Sehinggaperludilakukanpenelitianlebihlanjutterkaitdengankeefektifanetnomatematikatersebutdidalampembelajaranmatematikadisekolah.